Cara Mudah Cetak Rekening Koran BRI Lewat BRImo Tanpa Ribet

cara cetak rekening koran BRI lewat BRImo
cara cetak rekening koran BRI lewat BRImo

PAMERANLAWAN.COM - Sudah tahu bagaimana cara cetak rekening koran BRI lewat BRImo? Kalau kamu mager ke kantor Bank, kamu wajib menyimak artikel ini. Karena kami akan bagikan informasi terkait rekening koran online bank BRI. 

Pada dasarnya setiap Bank memiliki sistem pencetakan riwayat transaksi. Begitupun Bank BRI yang punya pencetakan transaksi bernama rekening koran. 

Setiap nasabah bank BRI bisa mencetak rekening koran secara offline maupun secara online. Tentunya hal ini bisa mempermudah audit keuangan kita. Karena kita bisa cek detail uang keluar dan masuk secara lebih leluasa. 

Apa Itu Rekening Koran atau E-Statement BRI BRImo?

Bagi yang memakai rekening bank, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya rekening koran. Biasanya kita mencetak rekening koran untuk melihat detail transaksi yang pernah kita lakukan. 

Baca Juga: Cara Login BRImo Tapi Nomor Sudah Tidak Aktif atau Hilang

Dalam dunia perbankan, rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan yang telah terjadi dalam periode waktu tertentu. Misalnya saja rentang waktu satu bulan atau dua bulan pasca transaksi. 

Semua transaksi yang pernah kita lakukan bisa terlihat pada rekening koran tersebut. Nah ternyata untuk mencetak rekening koran tidak hanya pakai buku tabungan fisik saja loh. Kamu juga bisa mencetaknya secara online pakai aplikasi BRImo. 

Rekening koran di aplikasi BRImo bernama e-statement BRI. Kamu bisa melihatnya pada bagian "mutasi". Pada menu tersebut ada menu khusus untuk melakukan pencetakan riwayat transaksi kamu selama beberapa bulan terakhir. 

Karena proses pencetakan ini tidak memerlukan buku tabungan, maka kamu akan mendapatkan rekening koran dalam bentuk soft file saja. Tetapi di dalam file tersebut sudah mencakup riwayat transaki yang kamu pilih untuk dicetak.

Contoh Rekening Koran BRI Online

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, rekening koran versi buku tabungan dengan yang online memiliki perbedaan. Kalau di buku tabungan, biasanya berbentuk print yang menunjukkan detail transaksi. 

Baca Juga: Cara Buka Blokir BRImo Lewat Email Auto Berhasil

Sementara kalau rekening koran online, berbentuk file PDF yang isinya riwayat dari transaksi kamu. Umumnya rekening koran versi PDF terdiri dari satu hingga dua halaman. Bagi kamu yang penasaran dengan rekening koran ini, silahkan perhatikan contoh berikut ini. 

cara cetak rekening koran BRI lewat BRImo
Rekening koran online BRI

Gambar di atas merupakan tampilan dari rekening koran versi PDF. Pada contoh tersebut kita bisa melihat secara detail terkait logo bank BRI, detail pemilik rekening, tanggal pencetakan, detail transaksi yang pernah dilakukan, hingga jumlah saldo yang kita miliki.

Persyaratan Mencetak Rekening Koran BRI Secara Online 

Perlu kamu ketahui, rekening koran BRI yang bisa kamu cetak adalah rekening koran harian, bulanan, dan tahunan. Akan tetapi pengguna hanya dapat mencetak rekening koran selama 6 bulan terakhir saja. 

Baca Juga: 2 Cara Pinjam Uang di Bank BRI Melalui Online Tanpa Jaminan

Jadi kalau kamu mencetak transaksi selama 7 bulan terakhir atau bahkan 12 bulan terakhir, maka kamu perlu datang ke bank. Sebelum mencetaknya, silahkan simak beberapa persyaratan berikut ini. 

1. Memiliki Akun BRImo

Syarat pertama adalah kamu wajib punya rekening BRI yang aktif. Kemudian rekening tersebut telah terdaftar di aplikasi BRImo. Hal ini sangat penting, karena tanpa adanya akun BRImo, maka tidak akan bisa mencetak rekening koran secara online. 

2. Memiliki Email yang Aktif

Selanjutnya kamu wajib memiliki email yang masih aktif dan terkait dengan akun BRImo. Email ini berguna untuk menerima rekening koran atau e-statement BRImo. Jadi nantinya setelah request pencetakan, kamu bisa melihat dan mencetak dokumen yang dikirim lewat email. 

3. Memiliki Akses Internet

Terakhir, tentunya kamu wajib punya akses internet yang stabil. Hal ini sangat penting karena koneksi yang stabil bisa mempermudah kamu untuk mengakses berbagai hal. Salah satunya yakni mengakses aplikasi BRImo untuk mencetak rekening koran. 

Baca Juga: Buka Rekening BRI Online Apakah Dapat Kartu ATM?

Cara Cetak Rekening Koran BRI Lewat BRImo

Apabila semua persyaratan telah kamu penuhi, sekarang kamu bisa mencoba mencetak melalui smartphone Android. Proses pencetakan ini juga sangat mudah sekali loh, kamu tidak perlu waktu lama hingga dokumen tercetak.

Hal ini memungkinkan kamu untuk lebih mudah dalam memantau kondisi keuangan di rekening BRI. Adapun cara cetak rekening koran BRI lewat Brimo 2023 bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut. 

1. Buka aplikasi BRImo yang telah terinstal di smartphone kamu. Pastikan kamu memakai aplikasi versi terbaru agar proses bisa lebih lancar. 

2. Kemudian login menggunakan sidik jari atau pakai username dan password BRImo.

cara cetak rekening koran BRI lewat BRImo
E-statement BRImo

3. Pada halaman beranda, kamu bisa pilih "mutasi" setelah itu, silahkan pilih menu e-statement

4. Karena sebelumnya belum pernah membuat rekening koran online, maka kamu bisa pilih menu "buat e-statement"

cara cetak rekening koran BRI lewat BRImo
Pilih jenis file

5. Selanjutnya pilih rekening (jika ada beberapa rekening yang kamu punya). Kemudian bulan, dan tipe file (bisa PDF atau CSV). 

Baca Juga: Arti Reversal ATM BRI Beserta Penyebabnya

6. Jika sudah, klik buat e-statement. Lalu konfirmasi dengan menekan tombol Ya

cara cetak rekening koran BRI lewat BRImo
E-statement BRImo

7. Nantinya akan ada informasi bahwa e-statement bisa kamu download melalui email dan aplikasi BRImo. Klik saja "Ok" untuk melanjutkan. 

cara cetak rekening koran BRI lewat BRImo
Download rekening koran online BRI

8. Cara mengunduh file tersebut yakni dengan menekan e-statement yang telah dikirimkan ke email atau aplikasi. 

9. Dengan begitu e-statement akan langsung terunduh dan bisa kamu lihat riwayat transaksinya.

Penutup 

Rekening koran online di BRImo memang sangat membantu pengguna. Karena kita bisa mengecek riwayat transaksi yang pernah dilakukan selama beberapa bulan terakhir. 

Apalagi cara cetak rekening koran BRI lewat BRImo juga sangat mudah. Kamu bisa mencoba tahapan-tahapan yang telah kami sajikan di atas. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...