Cara Jualan di Meesho Agar Untung Berlipat Ganda

cara jualan di Meesho
Aplikasi Meesho

PAMERANLAWAN.COM - Tutorial cara jualan di Meesho mungkin sangat kamu butuhkan jika belum bergabung ke platform ini. Meesho memang menjadi platform E-commerce yang cukup populer karena menyajikan produk dengan harga murah. 

Seperti yang kita tahu dalam dunia e-commerce yang kini bergerak cepat, kita perlu menemukan cara baru dan inovatif untuk mengembangkan bisnis. Terlebih lagi saat ini banyak sekali muncul platform e-commerce yang membuat perubahan dalam dunia jual beli dan bisnis. 

Salah satu platform yang memberikan keuntungan untuk pengguna adalah Meesho. Platform yang satu ini memungkinkan kamu untuk menjadi reseller dari berbagai produk. Sehingga dapat memberikan kesempatan untuk membangun bisnis sendiri. 

Aplikasi Meesho sendiri merupakan sebuah platform e-commerce yang berasal dari India. Platform ini dapat menghubungkan reseller langsung dengan pemasok. Sehingga dapat menghilangkan kebutuhan akan perantara dan menjadikan proses ini lebih efisien secara biaya. 

Cara Jualan di Meesho Apk E-commerce 

Untuk berjualan di aplikasi Meesho sebenarnya sangat mudah sekali. Karena kamu hanya perlu mendaftar akun terlebih dahulu dan melakukan optimasi produk yang hendak dipasarkan. 

Setelah itu kamu bisa langsung memasarkan produk di Meesho melalui sosial media atau komunitas tertentu. Hal ini tentu akan menjangkau pasar yang lebih besar dan bisa memberikan keuntungan untuk kamu. Untuk tahapan jualan di E-commerce Meesho bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut. 

1. Kunjungi Situs Web Meesho / Instal Aplikasi Meesho

cara jualan di Meesho
Aplikasi Meesho Apk

Untuk membuat akun, kamu bisa mendaftar di situs resmi Meesho atau bisa juga melalui aplikasinya. Untuk versi aplikasi, kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store atau App Store. Silahkan daftar dengan nomor ponsel kamu. Lalu verifikasi akun melalui kode OTP yang masuk ke SMS atau WhatsApp.

2. Jelajahi Katalog

Apabila kamu telah masuk ke platform Meesho, silahkan jelajahi katalog produk yang tersedia di E-commerce tersebut. Penting untuk memahami beragamnya dan kualitas produk yang dapat kamu tawarkan. Carilah produk yang sesuai dengan minat konsumen dan target pasar kamu. Agar nantinya bisa berjualan dengan lebih lancar tanpa terkendala.

3. Buat Toko Anda

Langkah selanjutnya yakni membuat toko online di Meesho. Kamu perlu menambahkan nama bisnis, logo, dan informasi kontak pribadi yang profesional. Cara seperti ini akan membuat toko kamu terlihat profesional dan dapat dipercaya. Sehingga orang yang hendak berbelanja tidak akan ragu dengan toko kamu.

4. Mulai Menambahkan Produk

Jika telah membuat toko, sekarang kamu perlu menambahkan produk ke toko kamu. Pastikan untuk menyaringnya berdasarkan kategori, harga, dan lainnya. Jangan lupa untuk memilih produk yang sesuai dengan preferensi audiens target kamu. Agar nantinya produk tersebut bisa lebih diterima oleh konsumen dan cepat laku.

5. Bagikan Produk di Media Sosial

Terakhir, kamu juga bisa melakukan promosi di media sosial dengan cara membagikan link produk ke sosmed. Silahkan bagikan produk dari toko Meesho kamu di platform sosmed dan kepada kontak. Sehingga nantinya bisa menarik pelanggan potensial.

Tips Memilih Produk yang Hendak Dijual

Salah satu kunci kesuksesan jualan di Meesho adalah memilih produk yang tepat untuk dijual kembali. Dalam memilih produk, kamu perlu ketelitian agar nantinya bisa mendapatkan produk yang bagus dan tepat. Untuk memilih produk yang hendak dijual, kamu bisa menyimak beberapa tips berikut ini. 

1. Identifikasi Niche Toko Kamu

Tentukan niche yang menarik bagi kamu dan memiliki permintaan di pasar. Pastikan kamu fokus pada satu niche tertentu, misalnya hanya fokus pada fashion, gadget, atau hal lainnya. Hal ini dapat membantu kamu untuk lebih menonjol di bidang atau niche tersebut. 

2. Telusuri Produk yang Sedang Trend

Tetap terkini dengan tren terbaru dalam niche yang kamu pilih. Tawarkan produk yang sedang diminati oleh masyarakat. Hal ini berguna untuk meningkatkan trafik toko serta membuat produk kamu lebih dikenal oleh masyarakat. 

3. Pertimbangkan Kualitas Produk

Pastikan produk yang kamu pilih berkualitas tinggi. Hal ini akan membangun kepercayaan pelanggan dan menghasilkan bisnis berulang. Karena nantinya pelanggan akan order lagi di toko kamu yang membuat bisnis berkelanjutan untuk kedepannya.

Tips Mengoptimalkan Daftar Produk di Meesho 

cara jualan di Meesho
Meesho Apk

Secara umum, produk yang kita jual di e-commerce perlu kita optimasi agar bisa muncul di beranda customer. Membuat daftar produk yang menarik tentu bisa menjadi kunci untuk menarik pembeli potensial. Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan daftar produk Meesho, antara lain:

1. Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi

Pastikan kamu untuk menggunakan gambar yang beresolusi tinggi. Foto produk tersebut haru menampilkan sisi produk dari berbagai sudut. Dengan adanya foto yang jelas dan terang, maka bisa mempengaruhi penjualan di toko kamu. 

2. Deskripsi yang Detail

Jangan lupa untuk menulis deskripsi produk yang detail dan menarik. Kamu wajib menyorot fitur dan manfaat utama untuk membantu pelanggan membuat keputusan yang tepat. Deskripsi yang detail akan mempermudah konsumen mendapatkan detail informasi produk. 

3. Penetapan Harga yang Kompetitif

Produk yang bagus adalah sebuah produk yang memiliki harga kompetitif. Kamu perlu menetapkan harga produk dengan kompetitif. Pastikan untuk memperhatikan harga dengan produk serupa di Meesho. Agar nantinya kamu bisa bersaing dari segi harga dengan kompetitor lain.

Cara Menentukan Harga Produk yang Kompetitif di Meesho

Penetapan harga memainkan peran penting dalam kesuksesan toko Meesho Anda. Bagi kamu yang masih bingung dalam menentukan harga, kamu bisa mengikuti panduan berikut. 

1. Analisis Biaya

Kamu wajib menghitung biaya produk secara keseluruhan. Mulai dari margin keuntungan kamu dan komisi Meesho. Hal ini tentu akan membantu kamu untuk menetapkan harga yang kompetitif. Sehingga harga yang kamu berikan tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. 

2. Penelitian yang Kompetitif

Selanjutnya kamu juga perlu menganalisa harga produk kompetitor di Meesho. Cara ini berguna untuk menemukan keseimbangan antara menawarkan penawaran yang menguntungkan dan menjaga profitabilitas. Konsumen akan tetap merasa untung dan kamu juga memiliki profit. 

3. Penyesuaian Musiman

Pertimbangkan juga penyesuaian harga selama musim tertentu. Misalnya saja ketika tanggal genap 11.11 atau 12.12, kamu bisa menggunakan harga yang terjangkau. Cara seperti ini akan membuat pelanggan lebih tertarik dengan produk kamu sehingga nantinya kamu bisa lebih cepat mendapatkan profit. 

Pemasaran di Media Sosial untuk Promosi

Di era digital saat ini, media sosial dapat menjadi sarana untuk mempromosikan toko Meesho kamu. Dengan memasarkan di media sosial, kamu bisa menjangkau calon pelanggan secara luas. Berikut beberapa tips pemasaran produk Meesho di media sosial yang bisa kamu terapkan antara lain.

1. Buat Konten Menarik

Posting konten menarik terkait produk yang kamu jual dan niche produkmu. Jangan lupa untuk gunakan gambar, video, dan posting informatif untuk menarik dan mempertahankan pengikut. Konten yang menarik akan membuat audiens lebih tertarik untuk mengklik produk di Meesho. 

2. Iklan di Media Sosial

Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam iklan media sosial untuk mencapai audiens yang lebih luas. Platform seperti Facebook dan Instagram menawarkan pilihan iklan yang dapat Anda targetkan sendiri. Namun pastikan untuk mengatur sendiri keuangan untuk iklan agar nantinya bisa lebih stabil dan tidak boncos. 

3. Pemasaran Influencer

Kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer media sosial yang memiliki niche sama dengan toko kamu. Jangan sungkan untuk membuat konten yang menarik dengan influencer tersebut. Dengan melakukan collab, maka bisa berdampak besar pada penjualan. 

Penutup 

Cara jualan di Meesho ternyata sangat mudah sekali bukan? Kamu hanya perlu mendaftar di aplikasi tersebut lalu memilih produk yang hendak dipasarkan. Silahkan ikuti tips-tips di atas agar nantinya bisa memperoleh keuntungan berjualan di Meesho.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...