Cara Pakai Aplikasi Baca Meter Terpusat PLN Mobile

aplikasi baca meter terpusat
aplikasi baca meter terpusat

PAMERANLAWAN.COM - Aplikasi baca meter terpusat ternyata masih menjadi perbincangan. Bukan tanpa alasan, pasalnya aplikasi yang satu ini bisa mempermudah kita dalam berbagai urusan listrik.

Kita dapat mengatur sendiri listrik di rumah dengan satu aplikasi. Bahkan nantinya kamu bisa lebih mudah melihat semua transaksi maupun kegiatan secara menyeluruh. 

Aplikasi yang satu ini juga sangat membantu pengguna. Tak heran jika banyak sekali masyarakat yang menggunakan aplikasi tersebut di ponsel mereka. Umumnya mereka memakai aplikasi ini untuk pemantauan listrik di rumah.

Apa Itu Aplikasi Baca Meter Terpusat di PLN Mobile?

Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang aplikasi yang satu ini. Wajar saja, karena tidak semua pengguna memakai aplikasi tersebut di ponsel mereka. 

Bagi yang belum tahu, aplikasi baca meter terpusat adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pemantauan dan pengelolaan meter listrik secara terpusat. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh PLN. 

Pada awalnya aplikasi catat meter terpusat merupakan sebuah aplikasi yang berdiri sendiri. Artinya kamu bisa download dan gunakan aplikasi tersebut tanpa aplikasi lain. Namun sekarang, fitur catat baca meter listrik bisa kamu lakukan di aplikasi PLN Mobile. 

Aplikasi PLN Mobile memiliki berbagai fitur, mulai dari pembayaran setiap bulan, pengaduan, pembelian pulsa listrik, fitur catat baca meter, dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengelola penggunaan listrik dengan lebih efisien.

Karena nantinya kamu bisa mencatat sendiri penggunaan listrik di rumah. Kemudian kamu juga bisa mengalokasikan uang untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya. Hal ini tentu akan membuatmu jadi lebih mudah dan simpel sekali. 

Bagaimana Fitur Baca Meter Terpusat di PLN Mobile Bekerja?

Seperti yang telah kami sampaikan, fitur baca meter terpusat bisa Anda dapatkan di aplikasi PLN Mobile. Untuk mengecek penggunaan listrik di rumah, kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut di smartphone Android. 

Cara kerja dari fitur ini yakni dengan mengumpulkan data dari berbagai meter listrik yang terhubung ke jaringan. Kemudian data tersebut akan dikirimkan ke pusat, lalu informasinya akan diolah dan disajikan dalam bentuk yang mudah dimengerti. Secara umum, langkah-langkah cara kerja fotur tersebut terdiri dari beberapa tahap, antara lain. 

1. Pengumpulan Data

Pertama sistem akan mengukur penggunaan listrik secara berkala. Jadi meter listrik yang terpasang tersebut nantinya akan diidentifikasi melalui kode unik. Sehingga data tersebut dapat dianalisa oleh sistem PLN. 

2. Pengiriman Data

Setelah melakukan pengumpulan data, nantinya sistem akan melakukan pengiriman data. Data yang nantinya diukur oleh meter akan dikirimkan ke sistem pusat. Pada tahapan ini umumnya akan melalui jaringan komunikasi seperti internet atau jaringan seluler. 

3. Pengolahan Data

Data yang telah dikirimkan akan diolah dan disajikan dalam bentuk grafik atau laporan yang mudah dimengerti. Hal ini tentu untuk mempermudah sistem ataupun pengguna membaca data. Sehingga nantinya data tersebut lebih gampang untuk dianalisa lebih lanjut. 

4. Pemantauan dan Analisis

Setelah sistem melakukan pengolahan data, selanjutnya akan masuk ke tahap pemantauan dan analisis. Proses ini memungkinkan pengguna untuk memantau penggunaan listrik secara real-time dan menganalisis tren penggunaan. Kamu bisa lebih tahu detail dari penggunaan listrik selama sebulan terakhir atau perharinya. 

Fitur Utama Aplikasi PLN Mobile

PLN Mobile
aplikasi baca meter terpusat

Aplikasi PLN Mobile tentunya memiliki berbagai fitur dan keunggulan tersendiri. Menggunakan aplikasi ini akan memberikan keuntungan untuk kamu. Berikut kami telah merangkum beberapa fitur utama dari aplikasi PLN Mobile, antara lain. 

1. Pembayaran listrik

Melalui aplikasi PLN Mobile, kamu dapat melakukan pembayaran listrik dengan mudah dan cepat. Kamu bisa bayar tagihan listrik bulanan, token listrik, atau membeli token listrik dengan harga yang jauh lebih murah. 

Bahkan untuk pembayaran listrik juga sangat beragam, kamu bisa melakukan pembayaran dengan berbagai metode. Misalnya saja seperti Virtual Account, dompet digital, atau kartu kredit. Hal ini tentunya akan membuatmu jadi lebih mudah dan gampang sekali bukan?

2. Pelaporan Catat Meter Mandiri (SwaCAM)

Seperti yang telah kami sampaikan di pembahasan sebelumnya, aplikasi PLN Mobile bisa digunakan untuk melakukan pelaporan catat meter mandiri (SwaCAM). Dengan aplikasi ini, pelaporan SwaCAM dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Kamu bisa melakukannya tanpa perlu menunggu petugas PLN datang ke rumah.

3. Pengaduan

Aplikasi PLN Mobile juga bisa kamu gunakan untuk melakukan pengaduan kepada PLN. Pengaduan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, kamu hanya perlu mengadu dan pihak PLN akan menindaklanjuti aduan yang kamu ajukan. Jadi nantinya bisa lebih simpel dan praktis sekali untuk mengadukan masalah kamu sendiri. 

4. Pengajuan Layanan Listrik

Jika kamu telah membangun rumah baru, biasanya perlu melakukan pemasangan listrik. Nah untuk pengajuan, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi PLN Mobile. Kamu dapat mengajukan layanan listrik baru, seperti pemasangan baru atau tambah daya. Nantinya petugas akan langsung merespon permintaan pengajuan layanan listrik di rumah. 

5. Menikmati Layanan ICONNET

Seperti yang kita tahu, ICONNET adalah layanan internet rumah pintar dari PLN. Melalui aplikasi PLN Mobile, kamu bisa membeli paket internet ICONNET. Tentunya prosesnya juga sangat mudah, bahkan di lain kesempatan akan memperoleh diskon besar dari PLN. 

Keunggulan Aplikasi Baca Meter Terpusat

Selain fitur yang sangat canggih dan mempermudah kehidupan kamu, aplikasi PLN Mobile juga memiliki keunggulan tersendiri. Beberapa keunggulan dari aplikasi PLN Mobile antara lain sebagai berikut. 

1. Pemantauan Real-time

Aplikasi PLN Mobile memungkinkan kamu untuk melakukan pemantauan real-time. Artinya kamu bisa memantau energi listrik dan air hanya dengan satu buah aplikasi. Hal ini tentu memungkinkan kamu untuk lebih mudah mengidentifikasi lonjakan penggunaan yang tidak biasa. Sehingga kamu bisa melakukan tindakan yang tepat untuk menghindari kerugian. 

2. Akurasi Tinggi

Dalam pengukuran konsumsi energi, akurasi sangat penting. Aplikasi PLN Mobile baca meter terpusat menggunakan teknologi tinggi untuk mengukur konsumsi energi dengan tingkat akurasi yang tinggi. Hal ini menghindarkan kesalahan pengukuran yang dapat mengakibatkan peningkatan biaya di rumah.

3. Kemudahan Manajemen

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan memantau semua meteran dalam satu dashboard. Bahkan kamu juga bisa lebih mudah untuk memanage semua kebutuhan listrik di rumah. Manajemen yang terpusat memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan penghematan waktu.

4. Otomatisasi Proses

Dengan aplikasi PLN Mobile, semua kegiatan dapat Anda lakukan hanya bermodal satu aplikasi saja. Mulai dari membayar tagihan listrik, membayar tagihan internet, mengajukan layanan listrik baru, dan lain sebagainya. Kamu bisa lebih otomatis untuk melakukan berbagai kegiatan dan transaksi tanpa repot. 

Download Aplikasi Cater PLN (Catat Meter PLN Mobile)

PLN Mobile
PLN Mobile

Baca meter terpusat Apk sudah tidak ada lagi di Play Store. Saat ini pengganti aplikasi tersebut adalah PLN Mobile yang bisa kamu unduh secara gratis tanpa ribet. 

Aplikasi PLN Mobile sebenarnya sudah ada di Google Play Store. Kamu bisa mengunduhnya sendiri dengan mudah tanpa perlu ribet. Bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut. 

  • Pertama kamu bisa masuk ke Google Play Store terlebih dahulu. 
  • Selanjutnya kamu bisa ketikkan kata kunci "PLN Mobile" pada kolom pencarian. 
  • Nantinya akan muncul hasil berupa aplikasi resmi dari PLN. 
  • Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi PLN Mobile di ponsel yang kamu miliki. 
  • Tunggu saja hingga proses penginstalan selesai. Jika sudah, kamu bisa langsung membukanya.

Cara Menggunakan ACMT PLN Mobile 

Penggunaan aplikasi PLN Mobile untuk baca meter terpusat sangat mudah sekali. Karena pada aplikasi ini terdapat menu yang bisa langsung kamu coba sendiri. Adapun untuk langkah-langkahnya bisa kamu ikuti sebagai berikut.

  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi baca meter melalui PLN Mobile. 
  • Selanjutnya login dengan akun yang kamu miliki. 
  • Setelah login, silahkan pilih menu "catat meter". 
  • Kemudian masukkan ID meter yang kamu miliki. Lalu ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Nantinya kamu bisa melihat dan mencatat penggunaan listrik selama beberapa waktu terakhir. 

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang aplikasi baca meter terpusat dari PLN Mobile. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah tanpa mengalami kerepotan sama sekali. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa memberikan manfaat dan wawasan untuk kita semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...