Arti Reversal ATM BRI Beserta Penyebabnya

arti reversal ATM BRI
arti reversal ATM BRI

PAMERANLAWAN.COM - Ternyata masih banyak yang belum tahu arti reversal ATM BRI. Notifikasi ini biasanya muncul saat kita bertransaksi di ATM BRI. Kemudian transaksi tersebut gagal atau tidak bisa dilakukan.

Kegagalan transaksi memang membuat pengguna panik. Karena biasanya saldo rekening juga akan terlihat berkurang. Tak heran jika terjadi seperti ini, pengguna bingung harus melakukan apa. 

Salah satu langsung yang sering dilakukan yakni pergi meninggalkan ATM. Sangat disayangkan yah, padahal mah hal seperti ini sangat wajar dan umum terjadi loh. Untuk informasi lebih lanjut, simak terus artikel ini hingga selesai.

Apa Arti Reversal ATM BRI?

Saat melakukan transaksi, terkadang ada suatu kendala yang terjadi. Sehingga pada mesin ATM akan muncul notifikasi bahwa transaksi di ATM BRI reversal. 

Kamu sudah tahu belum, apa arti reversal pada saat melakukan transaksi di ATM BRI? Notifikasi reversal merupakan sebuah proses pembatalan transaksi.  

Jadi ketika kita gagal melakukan transaksi, maka akan muncul notifikasi reversal di layar ATM. Hal ini bisa saja terjadi akibat gangguan teknis di sistem BRI. 

Baca Juga: Cara Mengambil Kartu ATM BRI Setelah Daftar Online

Selain di ATM, kadang notifikasi tersebut juga muncul di SMS. Lalu apa arti reversal di SMS banking? Sebenarnya antara reversal di ATM maupun SMS banking itu sama saja. 

Yakni pemberitahuan kepada pengguna karena transaksi tidak bisa dilakukan. Kalau kamu mengalami masalah seperti ini, jangan langsung panik ya. 

Karena masalah tersebut sangat wajar dan uang kamu akan tetap aman. Walaupun di struk pembayaran ataupun notifikasi BRImo telah terpotong, tetapi uangnya akan tetap kembali.

Apa Penyebab Reversal Rekening BRI?

arti reversal ATM BRI
reversal ATM BRI

Kegagalan transaksi yang membuat reversal BRI bisa terjadi karena banyak hal loh. Misalnya saja karena masalah teknis hingga kesalahan dari pengguna. Sebagai pengguna, kita wajib tahu detail dari masalah tersebut.  

Baca Juga: Cara Setor Tunai BRI dengan BRImo dan ATM BRI

Agar nantinya kita bisa mengambil langkah yang tepat untuk menanganinya. Adapun beberapa penyebab reversal saat transaksi di ATM BRI telah kami rangkum di bawah ini.

1. Transaksi Ganda

Ketika kita bertransaksi ke nomor rekening yang sama dalam satu waktu, maka transaksi tersebut akan gagal. Karena sistem pada mesin ATM akan mendeteksi bahwa ada sesuatu yang mencurigakan. 

Hal inilah yang menyebabkan sistem melakukan reversal. Tujuannya sih sama, yakni untuk menghindari pengurangan dana ganda dari rekening. Sehingga dana kamu bisa lebih aman dan tidak terjadi kerugian sama sekali.

2. Informasi Tidak Valid

Ketika kita ingin melakukan transfer atau pembayaran, maka perlu memasukkan nomor rekening tujuan. Bisa saja saat memasukkan nomor rekening tujuan, ada salah satu nomor yang salah. 

Baca Juga: Cara Mengaktifkan BRI Poin di BRImo

Sehingga sistem akan langsung melakukan reversal agar tidak terjadi salah transfer. Cara Mengatasi reversal BRI yakni dengan meneliti kembali nomor rekening tujuan yang kamu masukkan. Jangan terburu-buru agar tidak salah menginput nomor tersebut. 

3. Saldo Tidak Cukup

Penyebab yang selanjutnya adalah karena saldo kamu tidak cukup. Jadi saat saldo rekening tidak mencukupi, maka transaksi akan langsung gagal. Kemudian akan muncul notifikasi reversal di layar ATM.

Walaupun kamu hanya kekurangan saldo seribu rupiah saja, tetap saja transaksi bakalan gagal. Karena itu, pastikan untuk mengecek kembali jumlah saldo yang kamu miliki. Agar nantinya tidak terjadi kegagalan saat transaksi.

4. Kesalahan Teknis

Penyebab reversal BRI secara umum yakni karena kesalahan teknis. Masalah seperti ini biasanya terjadi karena ada masalah pada mesin ATM yang rusak atau error. 

Baca Juga: Alasan Kenapa Verifikasi Wajah BRImo Gagal Terus

Selain itu ada juga masalah yang disebabkan oleh server bank error, sehingga proses transaksi tidak dapat berlangsung. Kalau yang terjadi seperti ini, maka kamu perlu bersabar sejenak hingga mesin ATM bisa digunakan lagi.  

5. Koneksi Jaringan Buruk

Terakhir, terjadinya reversal pada saat transaksi bisa saja karena koneksi jaringan yang buruk. Koneksi yang kami maksud adalah koneksi jaringan antara mesin ATM dan server bank.

Saat terjadi koneksi yang buruk antara keduanya, maka transaksi akan gagal. Kemudian sistem akan langsung melakukan reversal untuk mengembalikan dana. 

Mengapa Transaksi Reversal Tapi Saldo Berkurang?

Mungkin banyak yang bingung, saat terjadi reversal malah saldo terpotong. Hal semacam ini cukup sering terjadi, bahkan terkadang membuat sebagian pengguna merasa panik. 

Namun kamu tidak usah panik berlebihan, karena saat terjadi reversal saldo memang akan terpotong. Di struk pembayaran atau di notifikasi mobile banking juga akan terpotong. 

Baca Juga: Cara Login BRImo Dengan Email dan Kode Referral

Tapi itu cuma sementara saja, karena nantinya saldo kamu akan kembali ke rekening. Kalau ditanya transaksi reversal apakah uang kembali? Jawabannya Ya, pasti uang kembali kok!

Uang tersebut akan masuk kembali ke rekening kamu setelah beberapa menit. Jadi setelah ada peringatan reversal, sebaiknya keluarkan kartu ATM dari mesin lalu diamkan dulu sejenak. Jika sudah silahkan transaksi lagi. Maka uang akan langsung ada di rekening kamu. 

Penutup 

Sekarang kamu sudah tahu kan apa arti reversal ATM BRI dan BRImo? Kamu juga tahu apa saja penyebabnya dan cara mengatasinya. Pada intinya sih jangan panik kalau tiba-tiba saldo terpotong karena terjadi reversal saat transaksi. Yah semoga informasi ini bisa bermanfaat ya guys ya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...