Cara Membayar e-Meterai Lewat BRImo Mudah Banget!

cara membayar e-Meterai lewat BRImo
cara membayar e-Meterai lewat BRImo

PAMERANLAWAN.COM - Sudah tahu bagaimana cara membayar e-Meterai lewat BRImo? Kalau kamu belum tahu, silahkan simak artikel ini sampai selesai sehingga nantinya bisa mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap. 

Aplikasi BRImo memang sangat berguna untuk memudahkan kita melakukan transaksi. Kita bisa bayar berbagai tagihan menggunakan aplikasi BRImo yang terinstal di Hp. 

Salah satu transaksi yang bisa kita lakukan yakni bayar tagihan materai digital. Mungkin masih banyak yang belum ngeh dengan materi digital yang kian populer. Karena itu kamu harus tahu tentang materi tersebut dan melihat contohnya. 

Sekilas Tentang e-Meterai

Teknologi saat ini memang sangat berkembang pesat, semua bisa kita akses dengan mudah pakai smartphone. Bahkan untuk tanda tangan dokumen pun bisa kita lakukan secara online. 

Baca Juga: Cara Bayar Angsuran BRI Lewat BRImo Paling Mudah

Sehingga tidak memerlukan berkas fisik yang bisa saja hilang kapanpun. Saat menandatangani dokumen, biasanya perlu sebuah materi agar dokumen tersebut sah dan memiliki dasar hukum. 

Berkat teknologi yang berkembang semakin pesat, kini muncul yang namanya e-Meterai. Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang materi jenis ini. 

Meterai elektronik (e-Meterai) adalah sebuah materi yang berbentuk digital untuk keperluan dokumen elektronik. Kamu sudah tahu belum, apa itu fokus elektronik? 

Berdasarkan Undang Undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) pada Pasal 5 ayat (1), dokumen elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah. Kedudukan dokumen elektronik ini setara dengan dokumen kertas. Sehingga perlakuannya juga sama di mata hukum. 

Baca Juga: Cara Bayar UKT UT Lewat BRImo dengan Mudah

Per 1 Januari 2021, materi yang berlaku yakni sebesar Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah). Sehingga e-Meterai yang perlu kamu gunakan harus yang sepuluh ribu rupiah tersebut. 

Contoh e-Meterai Beserta Penjelasannya 

Sebenarnya untuk tampilan dari materi digital dan fisik sama saja. Hanya bentuknya saja yang berbeda, materi digital berbentuk digital. Sedangkan materi fisik terbuat dari bahan kertas yang ditempel di dokumen fisik. 

Kalau materi digital biasanya perlu ditempel pada dokumen digital yang nantinya perlu kita tandatangani. Bagi yang belum tahu, kamu bisa menyimak contoh materi digital berikut ini. 

cara membayar e-Meterai lewat BRImo
Contoh e-Meterai

Cara Membeli Materai Online

Membeli materai digital sebenarnya sangat mudah sekali, kamu hanya perlu membuka situs resmi penyedia materai. Kemudian melakukan pendaftaran akun di situs tersebut. 

Baca Juga: Cara Bayar Pegadaian Lewat BRImo, ATM BRI dan BRILink

Setelah itu kamu bisa memilih materai yang ingin dibeli dan langsung melakukan pembayaran. Untuk lebih detailnya silahkan ikuti tutorial berikut ini. 

  • Silahkan buka https://e-meterai.co.id/, kemudian klik menu "beli e-Meterai"
  • Kamu bisa langsung login jika sudah memiliki akun. Sementara jika belum punya akun silahkan pilih "Daftar di sini"
  • Selanjutnya silahkan pilih tipe pemilik akun dan lalu unggah KTP (ukuran maksimal 1 MB).
  • Jangan lupa isi semua data secara lengkap, pastikan data kamu sesuai agar bisa membeli materi dengan lancar. 
  • Jangan lupa konfirmasi pembuatan akun dengan masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau Email.
  • Setelah akun berhasil terbuat, kamu bisa langsung memilih dan membeli e-meterai sesuai keinginan.

Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana cara cek akun e-Meterai. Untuk mengecek akun, kamu bisa masuk ke menu profil. Nantinya akan muncul akun milikmu, kamu bisa mengontrol semua aktivitas di akun tersebut. 

Cara Membayar e-Meterai Lewat BRImo

cara membayar e-Meterai lewat BRImo
Materi digital

Mungkin masih banyak yang bingung untuk melakukan pembayaran material online. Padahal untuk bayar sangat mudah, karena kamu hanya perlu memilih metode pembayarannya saja. 

Baca Juga: Cara Membayar PDAM Lewat BRImo dan Persyaratannya

Lantas bagaimana sih cara bayar e-Meterai? Bagi kamu yang belum tahu, mari ikuti langkah-langkah yang telah admin pameranlawan.com bagikan berikut. 

  • Pertama silahkan login ke akun https://e-meterai.co.id/ milikmu. 
  • Setelah itu pilih materi yang hendak kamu beli, lalu klik check out. 
  • Pada menu pembayaran, silahkan pilih opsi BRImo. 
  • Catat nomor pembayaran dengan baik, lalu buka aplikasi BRImo milikmu. 
  • Login ke akun dengan memasukkan Username dan Password BRImo
  • Klik menu BRIVA atau pembayaran, kemudian bayar sesuai dengan nominal yang tertera. 
  • Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN BRImo. 
  • Selesai, dengan begitu pembayaran material digital telah berhasil. 

Penutup 

Demikian cara membayar e-Meterai lewat BRImo yang bisa kamu terapkan sendiri. Ternyata untuk membayar tagihan materai digital sangat gampang sekali. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa menambah wawasan dan manfaat untuk kita semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...