Cara Bayar UKT UT Lewat BRImo dengan Mudah

cara bayar UKT UT lewat BRImo
cara bayar UKT UT lewat BRImo

PMAERANLAWAN.COM - Cara bayar UKT UT lewat BRImo bisa kamu ikuti melalui tutorial yang kami sajikan dalam artikel ini. Kamu bisa mencoba tips yang kami bagikan ini agar bisa lebih mudah dalam melakukan pembayaran.

Urusan bayar membayar, aplikasi BRImo memang sangat berguna dan bisa diandalkan. Kamu bisa melakukan berbagai pembayaran hanya dengan satu aplikasi saja. 

Misalnya saja kamu bisa bayar IndiHome pakai BRImo, bayar tagihan listrik, bayar tagihan Akulaku, hingga bayar keperluan kuliah. Hal ini pula yang membuat aplikasi BRImo jadi favorit di hati masyarakat.

Apa Itu Pembayaran UKT UT?

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, aplikasi BRImo juga bisa digunakan untuk bayar UKT. Sebelum itu, kamu sudah tahu belum definisi dari UKT UT itu apa?

Baca Juga: Cara Bayar FIF Lewat BRImo Cuma Sekali Klik

Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah biaya kuliah yang perlu mahasiswa bayarkan tiap semesternya. Setiap perguruan tinggi di Indonesia telah menerapkan sistem UKT. Bahkan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia juga menerapkan sistem UKT ini sejak tahun 2013. 

Penerapan UKT ini didasarkan pada Permendikbud No 55 Tahun 2013. Namun peraturan tersebut direvisi lagi menjadi Permenristekdikti Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kemendikbud.

Pemerintah juga telah memberikan subsidi UKT agar mahasiswa bisa berkuliah dengan mudah. Sehingga nantinya banyak lulusan sarjana yang berkompeten dan bisa memberikan perubahan bagi negara Indonesia.

Besaran UKT yang perlu dibayar oleh mahasiswa tergantung dari tiap kamus. Artinya mahasiswa yang berkuliah di kampus A bisa saja bayar UKT lebih besar dibandingkan dengan mahasiswa yang kuliah di kampus X. 

Baca Juga: Cara Bayar IndiHome Lewat BRImo Auto Berhasil

Perbedaan ini tidak menjadi masalah, karena setiap kampus memang punya kebijakan masing-masing. Hal yang terpenting sih kamu tidak boleh telat bayar UKT agar tidak terjadi masalah saat perkuliahan. 

Apakah Bisa Bayar UKT UT Lewat BRImo?

Namanya UKT tentu melakukan pemindahan dana dari rekening satu ke rekening lain. Dalam hal ini, kamu perlu perantara untuk melakukan pembayaran. Misalnya saja kamu bisa bayar secara langsung, lewat bank, hingga mobile banking. 

Lantas untuk pembayaran UT bisa lewat apa saja? Informasi yang kami dapatkan, kita dapat bayar UKT UT melalui berbagai cara, seperti pakai bank, pakai aplikasi dari kampus, hingga lewat BRImo. 

Jadi kita bisa melakukan pembayaran UKT Universitas Terbuka (UT) melalui aplikasi BRImo. Cara bayar Billing lewat BRImo ini tentu akan membuat kita jadi lebih mudah. Karena kita tidak perlu pergi keluar rumah dan antri yang panjang.

Baca Juga: Cara Bayar Kode Billing Lewat BRImo dan ATM BRI

Saat kamu hendak bayar tagihan UKT, kamu hanya perlu mencatat kode pembayaran tersebut. Kemudian melakukan pembayaran pakai aplikasi BRImo. Cara seperti ini mirip banget dengan proses transfer uang pada umumnya.

Hanya saja pada saat transfer uang, kamu bisa pakai menu transfer. Sementara saat bayar UKT, kamu bisa pakai menu pembayaran pendidikan sebagai metode transfer. 

Kenapa harus pakai menu pembayaran pendidikan? Karena kalau pakai metode transfer akan terkena biaya tambahan. Sedangkan saat kamu bayar pakai menu ini tidak akan terkena biaya tambahan sama sekali. 

Cara Bayar UKT UT Lewat BRImo

Seperti yang telah kami sajikan di atas, kita bisa membayar tagihan UKT UT melalui BRIVA ataupun BRImo. Bagi pengguna bank BRI, tentu hal ini menjadi solusi untuk kamu semua. Karena kita bisa bayar tagihan tanpa keluar rumah sama sekali.

Kita hanya perlu duduk di rumah sambil menekan tombol di layar Hp. Adapun untuk cara bayar UKT lewat BRIVA BRImo, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah admin pameranlawan.com sajikan berikut ini.

Baca Juga: Cara Bayar Virtual Account BNI Lewat BRImo

cara bayar UKT UT lewat BRImo
Login di aplikasi BRImo

  • Langkah pertama, silahkan buka aplikasi BRImo versi terbaru yang kamu miliki. 
  • Apabila berhasil login, kamu bisa pilih menu lainnya yang bertanda titik tiga. 

cara bayar UKT UT lewat BRImo
Pilih tagihan Pendidikan

  • Karena kita akan bayar UKT, maka silahkan scroll ke bawah. Lalu pilih menu pendidikan. 
  • Karena sebelumnya belum pernah bayar di BRImo, jadi Cara bayar UT Lewat Internet Banking BRI yang selanjutnya yakni dengan klik "Tambah Pembayaran Baru". 

cara bayar UKT UT lewat BRImo
Pilih Universitas Terbuka

  • Langkah selanjutnya kamu bisa pilih Universitas yang hendak dibayarkan UKT-nya. Dalam hal ini berarti kita pilih Universitas Terbuka (UT).
  • Kemudian cara bayar UT di BRImo yakni dengan memasukkan kode atau nomor pembayaran tersebut. Jika sudah klik lanjutkan.
  • Nantinya akan muncul halaman konfirmasi pembayaran, klik bayar jika sudah sesuai. Lalu masukkan PIN BRImo untuk konfirmasi pembayaran. 
  • Selesai, proses pembayaran UKT Universitas Terbuka telah selesai. Silahkan screenshot bukti pembayaran agar bisa menjadi bukti kuat jika sewaktu-waktu ditanya pihak kampus. 

Sekedar informasi, kamu juga bisa bayar billing atau UKT kampus lain. Mulai dari kampus Negeri hingga kampus swasta, silahkan manfaatkan kecanggihan aplikasi BRImo untuk membuatmu lebih mudah dalam berbagai hal. 

Penutup 

Aplikasi BRImo memang sangat bermanfaat sekali untuk kita. Karena kita bisa melakukan berbagai transaksi dengan mudah hanya perlu satu klik. Tentunya hal ini menjadi solusi untuk kaum yang mageran.

Terlebih lagi cara bayar UKT UT lewat BRImo juga sangat mudah. Kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan di atas tanpa mengalami kendala. Silahkan ikuti saja tutorial dan gambar yang telah admin pameranlawan.com sajikan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...