Cara Membayar PDAM Lewat BRImo dan Persyaratannya

cara membayar PDAM lewat BRImo
cara membayar PDAM lewat BRImo

PMAERANLAWAN.COM - Bagi yang ingin bayar tagihan air, kamu perlu menyimak cara membayar PDAM lewat BRImo berikut. Kami akan bagikan tutorial secara lengkap agar kamu bisa mengikutinya. 

Seperti yang kita tahu, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) adalah sebuah perusahaan penyaluran air milik negara. Biasanya perusahaan ini ada di provinsi, kota, kabupaten, hingga kotamadya. 

Tugas dari PDAM tentunya untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat. Dalam pengoperasiannya, akan diawasi dan dimonitor oleh aparat eksekutif dan legislatif daerah. Jadi proses penyaluran air bisa lebih sesuai dengan aturan. 

Sekilas Tentang Pembayaran PDAM di Mobile Banking BRI 

Mobile banking BRI atau Brimo merupakan sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat untuk pengguna. Karena dengan aplikasi ini, kita dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah. 

Pasti banyak yang penasaran kan, BRImo bisa buat bayar apa saja? Aplikasi yang satu ini bisa kita manfaatkan untuk transfer uang, bayar pulsa, bayar tagihan, bayar cicilan, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Cara Bayar IndiHome Lewat BRImo Auto Berhasil

BRImo juga bisa kita gunakan untuk bayar tagihan PDAM. Bagi kamu yang terdaftar atau ikut PDAM, kamu bisa bayar dengan mudah pakai aplikasi mobile banking ini. 

Namun kamu juga perlu tahu bahwa ada biaya admin bayar PDAM lewat Brimo. Santai saja karena biaya admin tersebut cukup murah kok, yakni Rp. 2.500,- sampai Rp.3.000,- setiap transaksi. 

Jadi pastikan kamu memiliki saldo yang lebih ya. Agar transaksi tersebut bisa dilakukan dan bisa berhasil. Kalau saldo BRImo kamu ngepas, tentunya akan susah untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM. 

Syarat Pembayaran PDAM di BRImo

Sebelum kamu mulai melakukan pembayaran, tentunya perlu mengetahui persyaratan yang ada. Karena persyaratan ini sangat wajib agar proses transaksi bisa berhasil. Lantas apa saja sih syarat-syaratnya? Berikut kami telah merangkum informasinya di bawah ini.

1. Memiliki Akun BRImo

Syarat yang pertama tentu harus memiliki akun BRImo. Untuk bisa membuat akun tersebut, kamu perlu menginstal aplikasinya di smartphone masing-masing.  

Baca Juga: Cara Top Up Brizzi Lewat BRImo

2. Saldo BRImo Mencukupi

Setelah memiliki akun BRImo, kamu wajib mempunyai saldo. Pastikan saldo di rekening BRI kamu mencukupi untuk melakukan pembayaran. Karena jika saldo tidak mencukupi, maka tidak akan bisa melakukan pembayaran. 

3. Memiliki Nomor Pelanggan PDAM

Selanjutnya kamu perlu memiliki kode PDAM BRI atau nomor pelanggan. Umumnya ID pelanggan ini terdiri dari 11 digit nomor yang menjadi bukti kepesertaan PDAM. Kamu bisa melihat ID pelanggan di bagian kartu atau surat yang tertera. 

4. Jaringan Stabil 

Terlahir, jaringan yang kamu gunakan harus stabil. Karena jika jaringan milikmu tak stabil, maka akan susah untuk mengakses aplikasi BRImo. Hal ini tentunya akan membuat transaksi jadi gagal dan tidak bisa dilakukan. 

Cara Membayar PDAM Lewat BRImo

Sebenarnya proses pembayaran PDAM di aplikasi BRImo sangat mudah kok. Asalkan kamu punya aplikasinya, proses transaksi tersebut bisa langsung terlaksana. Bagi kamu yang ingin tahu detailnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah Pertama: Unduh Aplikasi BRImo

cara membayar PDAM lewat BRImo
Ilustrasi aplikasi BRImo

Sebelum melakukan pembayaran, tentunya kita perlu memiliki aplikasi BRImo. Kamu bisa mengunduh aplikasi BRImo lewat Google Play Store di Android atau lewat App Store di IOS.

Baca Juga: Buka Rekening BRI Online Apakah Dapat Kartu ATM?

Langkah Kedua: Login ke Akun BRImo 

cara membayar PDAM lewat BRImo
Login ke akun BRImo

Bagaimana cara Membayar PDAM Lewat BRImo? Nah untuk bisa bayar, kamu wajib login ke akun milikmu terlebih dahulu. Kamu bisa login menggunakan pemindai sidik jari atau bisa juga pakai username dan password BRImo

Langkah Ketiga: Klik Lainnya 

cara membayar PDAM lewat BRImo
Klik lainnya

Setelah berhasil login, maka akan ada banyak sekali menu di halaman beranda. Pada tahap ini, kamu bisa klik titik tiga dengan keterangan "lainnya". Untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat pada gambar di atas.

Langkah Keempat: Pilih Layanan PDAM

cara membayar PDAM lewat BRImo
Pilih PDAM

Berikutnya kamu bisa scroll ke bawah hingga menemukan menu tagihan. Karena kita akan bayar tagihan PDAM, maka silahkan pilih PDAM dengan logo kran air. Kalau bingung silahkan lihat gambar di atas, gambar tersebut cukup jelas karena ada tandanya. 

Baca Juga: Cara Setor Tunai BRI dengan BRImo dan ATM BRI

Langkah Kelima: Pilih Pembayaran Baru

cara membayar PDAM lewat BRImo
Pembayaran baru

Apabila kamu pernah bayar tagihan PDAM di BRImo, biasanya akan ada riwayat pembayaran. Sementara jika kamu baru pertama kali melakukan pembayaran PDAM di BRImo, maka kamu bisa pilih menu "pembayaran baru". 

Langkah Keenam: Masukkan Data Tagihan

cara membayar PDAM lewat BRImo
Masukkan data tagihan PDAM

Pada tahap ini, kamu bisa memasukkan data tagihan. Masukkan saja wilayah tempat kamu tinggal dan nomor pelanggan. Kamu bisa melihat kode BRIVA PDAM BRImo pada kartu tagihan fisik. Jika sudah, maka kamu bisa langsung klik bayar. 

Langkah Ketujuh: Konfirmasi dan Bayar

Terakhir, kamu perlu melakukan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN BRImo. Tunggu notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil. Nantinya akan muncul informasi bahwa pembayaran tagihan PDAM telah berhasil dilakukan. 

Alasan Kenapa Tidak Bisa Bayar PDAM Lewat BRImo

Terkadang aplikasi BRImo mengalami kendala dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Hal ini tentunya membuat sebagian pengguna merasa bingung, karena transaksi mereka jadi gagal. 

Biasanya akan muncul notifikasi bahwa transaksi gagal kode WF 18. Saat muncul kode tersebut jangan langsung panik, karena masalahnya biasanya terletak pada jaringan yang error. Saat jaringan tidak stabil, maka transaksi tidak akan terlaksana dengan baik. 

Baca Juga: Alasan Kenapa Verifikasi Wajah BRImo Gagal Terus

Selain itu, kode WF 18 BRImo bisa juga muncul karena kesalahan sistem. Jadi sistem BRImo tengah sibuk dan tidak bisa melakukan transaksi bayar PDAM sama sekali. Sehingga transaksi kamu akan tertunda dan tidak bisa dilakukan di hari itu. 

Kode WF 18 PDAM juga muncul karena sistem PDAM tengah sibuk. Hal ini memang jarang terjadi, tetapi kadang bisa muncul masalah tersebut. Sehingga pengguna tidak bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM tersebut. 

Sebaiknya kamu periksa lagi jaringan yang digunakan hingga pembaruan aplikasi BRImo. Jika ada pembaruan, silahkan langsung perbarui saja agar aplikasi bisa berjalan dengan lancar. 

Penutup

Demikianlah cara membayar PDAM lewat BRImo yang bisa kamu terapkan sendiri. Silahkan ikuti saja langkah-langkah yang telah kami sajikan di atas. Kamu juga bisa mencatat persyaratannya agar bisa melakukan transaksi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan manfaat untuk kita semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...