Mending Kredivo atau Akulaku? Cek Informasi Ini Dulu Deh!

mending Kredivo atau Akulaku
Kredivo vs Akulaku

PAMERANLAWAN.COM - Kalau ditanya mending Kredivo atau Akulaku, pasti banyak yang bingung. Wajar saja sih, karena keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Kredivo dan Akulaku menjadi platform pinjaman online yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Karena keduanya memiliki layanan yang cukup menarik untuk kita pakai.

Pasti banyak yang penasaran apakah Akulaku dan Kredivo satu perusahaan? Sebenarnya antara Akulaku maupun Kredivo merupakan dua perusahaan yang berbeda. Walaupun keduanya sama-sama bergerak di bidang layanan pinjaman online.

Baca Juga: Cara Melihat Skor Kredit Akulaku Pakai Hp

Tetapi keduanya sangat berbeda dan berdiri di atas hukum yang berbeda pula. Kalau kamu penasaran dengan kedua platform ini, pameranlawan.com akan mengulas perbedaan Akulaku dan Kredivo.

Keamanan Kredivo vs Akulaku 

Pernah tidak kamu bertanya-tanya, aman mana Kredivo atau Akulaku? Nah soal keamanan memang menjadi poin penting sebelum memilih platform pinjol. 

Karena kalau platformnya tidak aman dan sering ada kasus, kita jadi ragu untuk memakai layanan tersebut. Oleh sebab itulah keamanan dari kedua platform ini perlu kita ketahui bersama. 

Berdasarkan riset yang telah admin pameranlawan.com lakukan, Kredivo dan Akulaku sama-sama aman. Karena keduanya telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Baca Juga: Cara Melunasi Akulaku Tanpa Bayar

Jadi kamu tidak perlu lagi bingung apakah Akulaku dan Kredivo legal atau tidak. Karena keduanya sudah punya payung hukum sendiri dan telah terdaftar di kementerian terkait. 

Kalau kamu ragu, kamu bisa cek terlebih dahulu melalui situs resmi OJK dan Kominfo. Nantinya kamu bisa tahu kalau dua layanan ini telah terdaftar dan memang resmi di Indonesia. 

Limit Pinjaman di Aplikasi Kredivo dan Akulaku 

mending Kredivo atau Akulaku
Ilustrasi tabel Pinjaman

Kalau pengguna Akulaku mungkin sudah tahu kalau di aplikasi ini, kita bisa menaikkan limit kredit. Limit tersebut bisa kita gunakan untuk mengambil cicilan atau melakukan pinjaman. 

Saat kamu pertama kali mendaftar Akulaku, maka akan mendapatkan limit kredit mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jumlah limit ini tergantung dari data yang kamu masukkan. Kalau lengkap biasanya akan mendapatkan limit besar. 

Sementara di aplikasi Kredivo, pengguna akan mendapatkan limit kredit pertama sebesar 500 ribu rupiah. Jumlah limit ini akan naik seiring dengan penggunaan aplikasi Kredivo.

Baca Juga: Apakah Pinjaman Online Akulaku Terdaftar di OJK?

Namun secara umum, Kredivo memiliki limit kredit hingga Rp 30 juta rupiah. Sedangkan aplikasi Akulaku memiliki limit kredit mencapai Rp 25 juta rupiah.

Limit kredit tersebut bisa kamu pinjam dengan tenor mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan. Jandi pengguna dapat menyesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

Bunga Pinjaman Kredivo vs Akulaku 

Setiap pinjaman online pasti akan membebankan bunga kepada pengguna. Saat pengguna meminjam uang, maka pengguna perlu membayar bunga tersebut setiap bulannya. 

Lantas lebih kecil bunga Kredivo atau Akulaku? Kamu perlu menyimak data yang telah admin pameranlawan.com rangkum berikut. 

Untuk Kredivo dengan akun Premium, kamu akan dikenai bunga sebesar 2.6% per bulan. Sementara untuk akun Basic, kamu akan dikenai bunga 4% per bulan.

Baca Juga: Kenapa Pinjaman Akulaku Hanya 300 Ribu dan 600 Ribu?

Adapun untuk biaya administrasi pinjaman di Kredivo yakni sebesar 6%. Biaya ini akan langsung dipotong dari pinjaman yang kamu ajukan. Misalnya kamu pinjam 1 juta, maka uang yang kamu dapat tidak 1 juta, tetapi 900 ribu sekian.  

Di sisi lain untuk aplikasi Akulaku, pengguna akan dikenai bunga sebesar 1,5% dari pokok pinjaman. Kemudian ada juga biaya admin pinjaman sebesar 1% dari pokok pinjaman.

Persyaratan Pinjaman di Akulaku dan Kredivo 

mending Kredivo atau Akulaku
Ilustrasi kredivo vs Akulaku

Setiap penyedia layanan pinjaman online biasanya memiliki syarat masing-masing. Syarat ini wajib kamu penuhi sebelum mengajukan pinjaman kepada pihak layanan pinjol. 

Syarat untuk mengajukan pinjaman di Kredivo yakni menginstal aplikasi Kredivo versi terbaru, melengkapi semua data pribadi, memiliki KTP, foto selfie, dan memiliki rekening pribadi.  

Sedangkan untuk mengajukan pinjaman di Akulaku kamu perlu syarat berupa aplikasi Akulaku terbaru, nomor Hp dan email aktif, data diri, foto KTP, selfie, dan rekening untuk menerima uang.

Baca Juga: 2 Cara Top Up DANA Lewat Akulaku Langsung dari Aplikasi Akulaku

Sebenarnya keduanya hampir sama saja sih, cuman beda platform doang. Tapi yang jelas, kecepatan di-acc itu juga berbeda. Kadang Akulaku lebih cepat, kadang Kredivo yang lebih cepat.

Mending Kredivo atau Akulaku?

Setelah menyimak perbandingan antara Akulaku dan Kredivo, sekarang kita bisa menyimpulkannya. Mulai dari keamanan, besaran limit, bunga pinjaman, dan lain sebagainya.

Untuk keamanan, keduanya sangat aman untuk kita gunakan. Sementara untuk limit kredit lebih besar Kredivo. Walaupun Akulaku juga bisa memberikan limit kredit yang besar pula.

Kemudian untuk bunga pinjaman juga lebih besar Kredivo. Namun dengan tenor yang lebih bervariatif ketimbang Akulaku. Soal bunga dan tenor ini bisa kamu sesuaikan sendiri saja. 

Baca Juga: Mobile Recharge Akulaku Adalah? Begini Penjelasan dan Contohnya

Nah untuk persyaratan pinjaman, Kredivo dan Akulaku memiliki persyaratan yang sama. Kamu bisa memilih mana yang kiranya kamu suka dan lebih mudah untuk digunakan. 

Kalau menurut admin pameranlawan sih, Akulaku lebih enak untuk digunakan. Karena punya fitur layanan Dana cicil, Pinjaman, dan PayLater. Selain itu, proses pengajuan pinjaman juga lebih cepat. 

Tapi kembali lagi soal selera, kalau kamu lebih suka Kredivo ya sebaiknya pakai Kredivo saja. Karena biasanya aplikasi tersebut jauh lebih mudah untuk digunakan oleh pengguna baru.

Penutup 

Sekarang kamu bisa menentukan sendiri mending Kredivo atau Akulaku. Kamu juga bisa memilih sendiri platform terbaik versi diri kamu sendiri. Intinya sih tulisan ini hanya digunakan sebagai bahan referensi saja, tidak bermaksud mengajak ataupun mengintimidasi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...