8 Fungsi dari Tools Pada Aplikasi Scratch

fungsi dari tools pada aplikasi scratch
Ilustrasi aplikasi Scratch

PAMERANLAWAN.COM - Sudah tahu belum fungsi dari tools pada aplikasi scratch untuk apa? Kalau yang mendalami bidang IT, seharusnya tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. 

Aplikasi scratch biasanya digunakan untuk belajar pemrograman. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melatih daya imajinasi dan daya kreativitas seseorang. 

Sebelum membahas lebih jauh terkait aplikasi scratch, sebaiknya kamu menyimak informasi tentang aplikasinya di bawah ini.

Apa Itu Aplikasi Scratch?

Bagi yang sudah terjun ke dunia IT mungkin tidak akan saing dengan aplikasi Scratch. Software yang satu ini cukup populer untuk melakukan coding dan belajar coding.

Aplikasi Scratch adalah sebuah software pemrograman visual yang dikembangkan oleh Lifelong Kindergarten Group di MIT Media Lab. 

Sesuai namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk memperkenalkan dunia pemrograman kepada anak-anak. Jadi aplikasi dirancang secara khusus untuk seorang pemula. 

Karena dalam aplikasi tersebut menggunakan blok-blok kode grafis yang lebih mudah dipahami. Nantinya pengguna dapat membuat berbagai proyek-proyek interaktif seperti permainan, animasi, cerita, dan lainnya.

Selain itu, pengguna juga bisa loh membuat karakter, mengatur tata letak, dan menambahkan berbagai jenis suara hingga efek visual. 

Setiap blok-blok kode grafis bisa diatur sendiri sehingga membentuk sebuah elemen proyek. Dalam hal ini, kamu perlu memainkan imajinasi agar bisa memaksimalkan software ini. 

Fungsi dari Tools Pada Aplikasi Scratch

Kalau secara umum, tools pada aplikasi Scratch memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa. Kita biasa membuat proyek, mengatur proyek, hingga mendesain proyek.

Berikut ini pameranlawan.com telah merangkum beberapa fungsi dari tools di aplikasi Scratch. Kamu bisa menyimak penjelasan lengkapnya di YouTube kami.

1. Tools Motion

Pertama ada tools bernama motion yang berguna untuk mengatur penempatan sprite, arah, perputaran, hingga mengatur perpindahan sprite. Kamu bisa mengatur sendiri blok-blok dengan menggunakan tools motion.

2. Tools Looks

Fungsi tools pada aplikasi scratch yakni untuk mengatur tampilan background, membuat teks atau tulisan, dan lain sebagainya. Tools ini mampu mempercantik tampilan desain, sehingga desain tampak lebih keren. 

3. Tools Sound

Kalau tools ini mungkin kamu sudah tidak asing lagi ya. Bener banget kok, tools tersebut dapat kita gunakan untuk mengontrol playback, volume musik, hingga file audio. Kamu bebas menambahkan berbagai sound ataupun musik.

4. Tools Pen

Kalau kamu diperintahkan untuk jelaskan fungsi dari tools pada aplikasi scratch, kamu jawan apa nih? Jangan bingung ya, karena tools pen ini bisa kita gunakan untuk menggambar memakai warna hingga ukuran pen yang berbeda-beda. 

5. Tools Control

Berikutnya ada tools bernama control yang berfungsi untuk mengatur keselarasan program. Kamu bisa melihat definisi sebelumnya, pengulangan pemrograman logika dengan loops, hingga menampilkan logika kondisional.

6. Tools Sensing

Pernah mendapatkan soal untuk jelaskan fungsi dari tools sensing pada aplikasi scratch? Tools yang satu ini dapat kita gunakan untuk menentukan lokasi dari pointer mouse, jarak dengan sprite lain hingga menentukan apakah sprite bersentuhan dengan sprite lainnya atau tidak. 

7. Tools Numbers 

Kalau dari namanya, seharusnya kamu sudah tahu dengan tools yang satu ini. Yap, tools number adalah sebuah tools untuk melihat perbandingan logika, pembulatan, dan operasi matematika lainnya

8. Tools Variables 

Terakhir asa tools variabel yang biasanya berguna untuk membuat variabel serta menaruh data pada aplikasi ketika dieksekusi. Sehingga data yang tampil bisa lebih sesuai dan benar.  

Penutup 

Sekarang sudah tahu kan fungsi dari tools pada aplikasi scratch adalah apa? Kamu juga tahu penjelasannya secara lengkap. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...