Arti Kata Nguyen di Vietnam Ternyata Seperti Ini

arti kata Nguyen di Vietnam
arti kata Nguyen di Vietnam

PMAERANLAWAN.COM - Sudah tahu belum, apa arti kata Nguyen di Vietnam? Kalau kita perhatikan dengan seksama, orang Vietnam banyak yang memakai nama Nguyen. 

Padahal mereka bukan berasal dari marga atau saudara yang sama. Hal ini tentu membuat sebagian masyarakat Indonesia bingung. Lantaran mereka tidak bingung menyapa satu sama lain. 

Kalau di Indonesia, mungkin kita akan langsung bingung yah. Karena kalau memanggil orang dengan nama tersebut, maka yang memiliki nama sama akan ikut menoleh.

Namun herannya mereka tidak bingung dengan sandangan nama tersebut. Orang Vietnam bisa membedakan nguyen satu dengan nguyen yang lainnya. 

Arti Kata Nguyen di Vietnam

Setelah admin pameranlawan.com telusuri lebih dalam, ternyata makna dari kata tersebut sangat dalam loh. Nama tersebut punya arti yang cukup unik untuk kita simak bersama. 

Baca Juga: Arti Kata Otoritas Diri dan Contohnya di Kehidupan Sehari-hari

Jadi kata "Nguyễn" kalau dieja dan diucapkan menjadi /ŋwiən/. Secara harfiah, arti kata nguyen adalah awal atau awalnya. Konsep ini merujuk pada asal atau awal suatu bangsa. 

Karena artinya adalah awal atau awalnya, maka nama nguyen sering dipakai di sebagai nama awal. Kalau di Indonesia, ini mirip dengan nama Muhammad sebagai nama awalan. 

Arti nguyen Vietnam tidak bisa lepas dari sejarah panjang negara tersebut. Tercatat, sejak tahun 1802 orang Vietnam gemar memakai nama nguyen. 

Pada saat itu, Vietnam tengah dipimpin oleh Dinasti Nguyen. Sebelumnya Dinasti Nguyen mengambil alih kekuasaan dari tangan Dinasti Mac. Nah semua yang berkaitan dengan Dinasti Mac akan dieksekusi secara paksa.

Hal ini tentu membuat warga Vietnam ketakutan dan mulai mengubah namanya menjadi nguyen. Bahkan nama keluarga juga berubah menjadi nguyen untuk menghindari hukuman eksekusi. 

Baca Juga: Arti Casis Dalam Bahasa Gaul yang Viral di Tiktok

Tak hanya masyarakat biasa, namun para penjahat juga mengganti nama mereka menjadi nguyen. Tujuannya agar mereka terhindar dari eksekusi yang mengerikan. 

Informasi yang kami dapatkan, saat itu orang dengan nama Nguyen bisa mendapatkan kebebasan hidup. Ia akan terbebas dari gangguan serta penganiayaan oleh rezim. 

Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan Vietnam mencatat, terdapat 38 juta orang mempunyai nama Nguyen. Semua orang dari berbagai latar belakang berbeda memakai nama tersebut. 

Entah itu seorang politisi, olahragawan, militer, dan lainnya memakai nama nguyen. Jadi tak heran jika kita lihat nama pemain bola Timnas Vietnam semuanya pakai nama nguyen.

Penutup

Sekarang sudah tahu apa arti kata Nguyen di Vietnam? Kamu juga tahu sejarah singkat dari perjalanan nama tersebut. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan dan manfaat untuk kita semua ya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...