Arti Kata Otoritas Diri dan Contohnya di Kehidupan Sehari-hari

arti kata otoritas diri
arti kata otoritas diri

PAMERANLAWAN.COM - Arti kata otoritas diri ternyata belum banyak yang tahu. Bahkan arti tersebut banyak yang mencari di media sosial seperti Tiktok dan Twitter.

Karena itulah, pengertian otoritas dan contohnya akan kami bahas secara mendalam di artikel ini. Agar nantinya kamu bisa tahu arti yang sebenarnya dan tahu juga gambarannya.

Kata otoritas sangat mirip dengan kata otoriter. Keduanya memang berasal dari kata yang sama, yakni otoritas. Hanya saja kedua makna tersebut sangat berbeda. 

Otoriter biasanya mengacu pada kebijakan seseorang terhadap sesuatu. Lantas bagaimana dengan otoritas? Simak terus artikel berikut hingga selesai ya.

Arti Kata Otoritas Diri

Sebelum kamu mengetahui otoritas diri, kamu wajib tahu arti otoritas terlebih dahulu. Sehingga nantinya pemahaman bisa lebih tepat dan sesuai.

Lantas apa yang dimaksud dengan kata otoritas? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, otoritas berarti hak atau wewenang. 

Maksudnya yakni orang tersebut memiliki kekuasaan atau wewenang terhadap sesuatu. Misalnya dalam sebuah jabatan, ia bisa punya wewenang untuk mengatur dan menyesuaikan proyek. 

Baca Juga: Arti Nama Clayton dalam Kristen dan Islam

Lalu bagaimana dengan otoritas diri? Arti otorisasi adalah hak ataupun kendali diri atas diri sendiri. Jadi kita memiliki hak untuk mendapatkan yang terbaik untuk diri kita sendiri. 

Misalnya diri kita membutuhkan makan, maka kita punya hak untuk mendapatkan makanan yang bergizi. Kemudian tubuh kita perlu kebersihan diri, maka kita berhak mandi. 

Pada intinya, diri kita memiliki wewenang untuk melakukan apapun sesuai yang dibutuhkan. Kemudian diri kita berhak mendapatkan apa yang terbaik menurut kita masing-masing.

Contoh Otoritas Diri dalam Kehidupan Sehari-hari 

Setelah kamu mengetahui pengertian dari otoritas diri, sekarang kamu perlu tahu contohnya. Kami telah merangkum beberapa contoh perilaku otoritas dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Baca Juga: Arti Casis Dalam Bahasa Gaul yang Viral di Tiktok

1. Mengatur Waktu

Setiap orang memiliki waktu 24 jam dalam sehari. Sebagai manusia, kita perlu mengatur waktu tersebut semaksimal mungkin. Misalnya saja dengan menjalankan pekerjaan, mengatur waktu untuk hiburan, dan lainnya. 

2. Menjaga Kesehatan

Otoritas diri seseorang yang harus dijalankan adalah menjaga kesehatan. Setiap orang memiliki cara sendiri agar tubuhnya tetap sehat. Misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya.

3. Mengelola Keuangan

Contoh otoritas diri yang selanjutnya adalah mengelola keuangan. Artinya kita berhak mengontrol semua uang yang kita miliki. Misalnya uang tersebut untuk menabung, beli makanan, dan lain sebagainya. Sehingga pengeluaran tiap bulannya bisa terkontrol.

Baca Juga: Apa Arti Pragos dalam Bahasa Gaul yang Viral di Tiktok?

4. Belajar Mandiri

Otoritas diri dapat tercermin pada kemampuan seseorang untuk belajar mandiri. Orang tersebut akan memiliki rasa ingin tahu, selalu belajar, meningkatkan keterampilan diri, dan lainnya. Hal ini akan membuat dirinya semakin maju dan tidak akan tergerus oleh perkembangan zaman.

5. Bertanggung Jawab 

Otoritas diri berarti hak kendali atas diri sendiri. Jadi orang yang senantiasa berpikir untuk otoritas pada diri sendiri pasti akan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Ia akan memegang teguh tanggung jawab yang ia emban semaksimal mungkin.

Penutup 

Sekarang sudah tahu arti kata otoritas diri dan contohnya? Ternyata kita punya hak dan kendali atas diri sendiri yah. Kamu bisa mencoba menerapkan otoritas pada diri kamu sendiri, agar dirimu jauh lebih maju dari yang sekarang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...