Zen Mode Aplikasi Apa? Begini Kegunaan dan Cara Menonaktifkannya

Zen Mode aplikasi apa
Ilustrasi Zen Mode aplikasi apa?

PAMERANLAWAN.COM - Belakangan ini banyak pengguna Hp Android yang bingung Zen Mode aplikasi apa? Aplikasi tersebut kabarnya dapat kita gunakan untuk mengontrol kecanduan main Hp.

Bermain Hp terlalu lama memang tidak dianjurkan oleh medis. Karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan tubuh, hingga kelelahan mata. 

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berusaha membuat sistem untuk melindungi pengguna. Salah satunya yakni sistem di aplikasi zen mode. Sudah tahu belum seperti apa aplikasi ini?

Zen Mode Aplikasi Apa?

Mungkin banyak yang masih bingung dengan aplikasi Zen Mode. Aplikasi tersebut sebenarnya sebuah fitur keamanan yang sangat bermanfaat untuk pengguna.

Awalnya Zen Mode adalah sebuah fitur di Hp OnePlus yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol bermain Hp. Hal ini memungkinkan kamu untuk "menjaga jarak" dari smartphone yang kamu punya. 

Baca Juga: Alasan Kenapa Saat VC Tidak Bisa Membuka Aplikasi Lain

Pasti bingung kan, aplikasi Zen mode untuk apa? Zen Mode ini akan mengunci aplikasi di Hp selama beberapa menit. Jadi saat kita main Hp terlalu lama, maka aplikasi secara otomatis akan akan dikunci selama 20 menit hingga 60 menit. 

Zen Mode aplikasi apa
Ilustrasi aplikasi Zen mode

Tujuannya agar pengguna bisa berhenti bermain Hp dan lebih fokus dengan pekerjaannya. Bahkan pengguna juga bisa lebih terkontrol saat bermain smartphone Android. 

Pada 21 Agustus 2019, OnePlus resmi meluncurkan aplikasi Zen mode di Google Play Store. Kamu bisa menginstal aplikasi ini di perangkat Android masing-masing. 

Walaupun Hp kamu bukan OnePlus, tetapi kamu bisa menginstal aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna dengan rating 3.5 bintang.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Alight Motion Pro Apk Gratis!

Baru-baru ini, Oppo juga merilis fitur Zen Mode di ColorOS 13 pada tahun 2022. Sama dengan fitur aplikasi miliki OnePlus, Zen Mode Oppo adalah sebuah fitur yang bisa kita gunakan untuk mengontrol bermain Hp Android.

Kalau kamu pengguna Hp Oppo, kamu perlu mengupdate sistem operasi terlebih dahulu ke ColorOS 13. Setelah itu baru bisa menikah fitur tersebut di ponsel milikmu. 

Cara Menonaktifkan Zen Mode

Zen Mode aplikasi apa
Ilustrasi aplikasi Zen mode

Sebenarnya ada dua cara yang bisa kamu terapkan untuk mematikan fitur aplikasi ini. Cara pertama yakni paksa berhenti aplikasi dan cara kedua yakni menghapus aplikasi.

Kedua cara ini sangat mudah sekali kok. Kalau kamu pengguna hp OnePlus, kamu bisa menonaktifkan fitur aplikasi Zen Mode dengan cara dari pameranlawan.com sebagai berikut. 

Baca Juga: Cara Melihat Aplikasi yang Sudah Dihapus di Play Store

  • Buka pengaturan di smartphone Android milikmu. 
  • Kemudian masuk ke menu pengaturan aplikasi. 
  • Pilih tampilkan semua aplikasi, lalu cari aplikasi Zen Mode dan klik aplikasi tersebut. 
  • Selanjutnya kamu bisa klik nonaktifkan aplikasi Zen mode di Hp OnePlus. 
  • Setelah itu, maka dengan sendirinya fitur Zen mode akan langsung berhenti. 

Catatan, kalau di Hp OnePlus memang tidak bisa dihapus. Karena fitur tersebut melekat dengan aplikasi sistem bawaan dari Hp. 

Berbeda lagi jika kamu pengguna Hp lain yang punya aplikasi ini. Untuk menonaktifkan aplikasi Zen mode, kamu hanya perlu menghapus atau uninstall aplikasi tersebut. Sehingga fitur dari aplikasi ini tidak akan aktif di Hp kamu. 

Penutup 

Sekarang sudah tahu Zen Mode aplikasi apa? Kamu juga tahu penjelasan tentang aplikasi ini. Pada akhirnya, aplikasi Zen mode memang cukup bermanfaat. Jika kamu tertarik, silahkan install saja melalui Hp Android milikmu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...