Surat Penagihan Akulaku: Aturan, Ciri-ciri, dan Contohnya

surat penagihan Akulaku
surat penagihan Akulaku

PAMERANLAWAN.COM - Pernah dapat surat penagihan Akulaku atau tidak nih? Surat ini biasanya berisi mengenai penagihan karena ada keterlambatan pembayaran cicilan di aplikasi Akulaku. 

Apa yang terjadi jika nunggak Akulaku? Kalau kamu tidak bayar tagihan dan nunggak selama beberapa hari, maka kamu bakal didatangi Debt Collector atau orang lapangan. 

Tugas seorang DC yakni untuk menagih tunggakan debitur baik secara online maupun secara offline. Masih bingung soal penagihan dari Akulaku? Simak penjelasan berikut agar kamu makin paham ya.

Penagihan Akulaku Lewat Apa Saja?

Namanya perusahaan pinjaman online tentunya ada yang bertugas untuk menagih. Karena bagaimanapun juga, ada saja yang sengaja tidak mau membayar tagihan. Sehingga perlu adanya penagih secara online maupun penagih di lapangan.

Bagaimana jika pinjol Akulaku tidak bayar? Kalau kita tidak bayar tentu harus siap menerima resiko terkena denda, hutang menggunung, hingga didatangi Debt Collector. 

Debt Collector Akulaku bakalan datang ke rumah kamu jika kamu enggan membayar tagihan. Karena itulah, sebaiknya bayar tagihan terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah yang besar. 

Sebelum itu, biasanya pihak DC Akulaku akan menagih lewat SMS, Telepon, WhatsApp, hingga Email debitur. Kamu akan mendapatkan spam telepon dan chat setiap hari dengan rentan beberapa jam sekali. 

Jika kamu tetap tidak bayar tagihan, maka DC akan datang ke rumah. Biasanya Debt Collector akan datang ke rumah apabila kamu telah telat bayar selama 30 hari. 

Saat datang ke rumah, Debt Collector Akulaku akan membawa surat penagihan. Surat ini dibuat secara resmi oleh pihak Akulaku yang memberitahukan bahwa kamu perlu membayar tagihan dengan segera.

Sekilas Tentang Surat Penagihan Akulaku

surat penagihan Akulaku
surat penagihan Akulaku

Seperti yang telah pameranlawan.com sampaikan sebelumnya, saat menagih debitur biasanya ada surat khusus. Surat ini sebenarnya wajib ada saat DC menagih debitur. 

SOP penagihan Akulaku yang admin pameranlawan.com tahu yakni mengabari debitur bahwa DC akan datang ke rumah. Kemudian DC akan membawa surat penagihan lengkap beserta data diri debitur. 

Bagi kamu yang belum tahu, surat penagihan Akulaku adalah surat yang diberikan oleh Akulaku kepada debitur yang mempunyai keterlambatan pembayaran di platform Akulaku. 

Sesuai namanya, surat ini berisi pemberitahuan mengenai tagihan yang belum kamu bayar. Dalam surat tersebut juga tertera metode pembayaran serta konsekuensi hukum apabila kamu tidak segera melunasi tagihan tersebut.

Ketika kamu mendapati surat tersebut, sebaiknya cek secara seksama. Kemudian jika kamu berniat melunasi tagihan tersebut, jangan batar ke debt collector. 

Kamu wajib bayar menggunakan metode pembayaran yang tertera di aplikasi Akulaku. Meskipun DC memaksa, abaikan saja dan ajak untuk bayar melalui aplikasi Akulaku agar data kamu tercatat dengan jelas. 

Cara ini juga cukup efektif untuk menghindari kamu dari penipuan. Karena banyak sekali modus penipuan yang mengatasnamakan Debt Collector yang ujungnya hanya pemerasan saja.

Ciri-ciri Surat Penagihan Akulaku 

Setelah kamu tahu tentang surat penagihan tersebut, kamu wajib tahu seperti apa ciri-ciri dari surat penagihan Akulaku. Berikut admin pameranlawan.com telah merangkum beberapa ciri-cirinya di bawah ini.

1. Memiliki Identitas Resmi Akulaku 

surat penagihan Akulaku
surat penagihan Akulaku

Surat resmi dari Akulaku biasanya memiliki identitas Akulaku. Identitas ini bisa berupa kop surat atau nama pimpinan perusahaan Akulaku yang bertanda tangan resmi. Selain itu, ada juga stempel resmi yang menunjukkan bahwa surat tersebut memang asli. 

2. Terdapat Informasi Tentang Tagihan

Selanjutnya, surat penagihan Akulaku yang asli akan memberikan informasi tentang tagihan yang kamu miliki. Misalnya saja tanggal kamu telat bayar, tanggal jatuh tempo, jumlah tagihan, hingga jumlah denda yang perlu kamu bayar.

3. Memiliki Nomor Kontrak atau Kode Transaksi

Apabila kamu galbay Akulaku 2023 dan didatangi DC, maka pastikan surat yang Debt Collector bawa itu memiliki nomor kontak kamu serta kode transaksi. 

Hal ini sangat penting untuk memastikan keaslian dari surat tersebut. Ketika kamu mendapati surat yang tidak resmi, maka kamu bisa menolak surat tersebut dan mengabaikan DC.

4. Terdapat Metode Pembayaran Tagihan 

Surat penagihan Akulaku yang resmi dan asli akan memberikan informasi tentang cara pembayaran yang dapat kamu pakai untuk melunasi tagihan. Misalnya saja kamu bisa bayar melalui metode transfer bank atau melalui aplikasi Akulaku. Jangan pernah bayar secara tunai ke DC, karena tugas DC hanya menagih bukan menerima pembayaran. 

5. Terdapat Kontak Customer Service Akulaku

Biasanya di bagian paling bawah akan terdapat kontak customer service Akulaku. Tujuannya agar kamu dapat menghubungi layanan Akulaku untuk pelunasan tagihan. Kamu juga bisa bertanya apabila mengalami kesulitan dalam melunasi tagihan.

6. DC Memiliki Identitas Resmi 

Terakhir, pembawa surat penagih biasanya memiliki identitas resmi. Kamu bisa tanyakan debt collector terkait identitas mereka. DC yang resmi akan menunjukkan identitas resmi saat melakukan penagihan. 

Contoh Surat Tugas Penagihan Lapangan Akulaku

Sekarang sudah tidak bingung lagi toh soal apakah Akulaku ada penagihan lapangan. Karena Akulaku memang memiliki Debt Collector yang akan menagih ke lapangan atau ke rumah nasabah yang telat bayar. 

Nantinya debt collector akan membawa surat yang berisikan informasi penagihan. Adapun untuk contoh surat penagihan Akulaku bisa kamu lihat di bawah ini. 

surat penagihan Akulaku
Contoh surat penagihan Akulaku

Cara Menghadapi DC Akulaku

Ketika kamu didatangi Debt Collector, sebaiknya jangan langsung panik. Kamu harus tetap tenang dan kuatkan hati untuk bisa menghadapi DC dengan lancar. 

Admin pameranlawan.com punya beberapa solusi untuk kamu yang didatangi DC nih. Kamu bisa terapkan tips ini untuk menghadapi debt collector. 

1. Tetap Tenang dan Tidak Panik

Saat DC Akulaku menagih cicilan, kamu tidak perlu panik. Kamu wajib tenang, jangan takut, dan tidak boleh marah. Karena dengan tetap tenang maka bisa menemukan solusi untuk kedepannya. Biasakan diri untuk tetap tenang apapun kondisinya agar kamu bisa lebih terbiasa. 

2. Bersikap Baik pada Debt Collector 

Namanya Debt Collector biasanya akan menagih dengan cara yang arogan atau bar-bar. Sebaiknya jangan terpancing ya, kamu harus tetap bersikap baik kepada debt collector. Karena sikap yang baik bakal membawa perubahan yang besar. 

3. Siapkan Uang Pembayaran 

Langkah selanjutnya, kamu bisa menyiapkan uang pembayaran. Silahkan cari sumber dana alternatif seperti pinjam teman, saudara, atau bahkan jual barang berharga. Cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan jika terjadi penagihan di rumah. 

4. Lakukan Pembayaran Tunggakan

Jika kamu sudah memiliki uang alternatif, segera lakukan pembayaran tunggakkan. Kamu bisa melunasi semua tagihan atau bayar tagihan bulan ini dan bulan depan. Tapi ingat ya, jangan bayar ke DC, bayar saja lewat sistem yang Akulaku sediakan. Misalnya bayar lewat transfer bank, dompet digital, dan lainnya. 

5. Hubungi Tim Customer service Akulaku

Apabila kamu mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran atau bahkan memiliki pertanyaan seputar DC, kamu bisa menghubungi tim CS Akulaku. Tanyakan saja melalui email, telepon, WhatsApp atau lewat chat di aplikasi Akulaku. Kemudian sampaikan saja permasalahan yang kamu alami.

6. Bicarakan dengan Akulaku

Terakhir, kamu bisa berkomunikasi dengan pihak Akulaku untuk mencari solusi yang terbaik. Tujuannya untuk memberikan opsi perpanjangan waktu pembayaran. Selain itu kamu juga bisa berkomunikasi untuk keringanan pembayaran yang lebih mudah.

Penutup

Itulah penjelasan tentang surat penagihan Akulaku yang telah admin pameranlawan.com sampaikan. Sekarang kamu jadi tahu seperti apa surat penagihan tersebut, bagaimana ciri-cirinya, dan cara menghadapi debt collector. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...