SLIK OJK Akulaku: Contoh dan Cara Mengeceknya Melalui Hp Android

SLIK OJK Akulaku
Ilustrasi SLIK OJK Akulaku

PAMERANLAWAN.COM - Pernah dengar yang namanya SLIK OJK Akulaku? Sudah tahu belum seperti apa SLIK OJK itu dan bagaimana contohnya? Simak artikel ini hingga habis ya, agar kamu tahu informasinya.

Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) merupakan sebuah layanan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengatur mengenai sistem keuangan dan pembiayaan.

Awalnya sistem ini bernama BI Checking, namun sejak 2018 lalu layanan tersebut sudah beralih nama menjadi SLIK OJK. Hampir seluruh pinjaman online maupun aktivitas keuangan online menaati aturan OJK tersebut.

Salah satu layanan pinjaman yang masuk ke sistem SLIK OJK adalah Akulaku (dengan mama PT Akulaku Finance Indonesia). Layanan ini menjadi layanan pembiayaan terbesar di Asia Tenggara, seperti di Indonesia.

Apa Itu SLIK OJK Akulaku?

SLIK OJK Akulaku
SLIK OJK

Bagi kamu yang belum tahu, SLIK OJK adalah singkatan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia. 

Sistem ini merupakan database yang berisi mengenai informasi kreditur dan debitur yang berada di Indonesia. Jadi semua informasi tentang riwayat kredit dan debitur, serta informasi keuangan lainnya akan tercatat pada sistem ini.

Secara umum, SLIK OJK digunakan oleh lembaga keuangan seperti bank, asuransi, dan lembaga pembiayaan. Tujuannya untuk memeriksa kelayakan kredit atau pinjaman kepada calon debitur. 

Dengan adanya SLIK OJK, maka lembaga keuangan bisa mengetahui informasi kredit pengguna. Sehingga nantinya bisa mengevaluasi risiko kredit dan membantu mencegah terjadinya penyalahgunaan kredit maupun tindakan penipuan. 

Apakah Akulaku masuk SLIK OJK? Pada dasarnya semua pinjaman online akan masuk BI Checking atau SLIK OJK. Jadi kalau kamu pinjam uang di aplikasi Akulaku, tentunya akan tercatat di SLIK OJK.

Karena itulah, jangan pernah telat bayar cicilan atau nunggak cicilan. Karena nantinya akan tercatat di sistem SLIK OJK. Jika riwayat kredit kamu buruk, maka bisa berakibat fatal. 

Cara Cek SLIK OJK Akulaku Melalui Hp Android 

Untuk mengecek riwayat kredit ataupun SLIK OJK sebenarnya sangat mudah sekali. Kamu bisa pakai Hp Android dan mengeceknya dengan sekali klik. 

Sebelum itu, kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen. Misalnya seperti KTP dan NPWP (bagi yang punya usaha). Dokumen tersebut dibuat dalam bentuk scanning agar terbaca oleh sistem.

Setelah dokumen tersebut siap, maka kamu bisa langsung mengeceknya. Lantas bagaimana cara mengecek SLIK OJK? Mari ikuti tutorial dari pameranlawan.com berikut ini.

SLIK OJK Akulaku
Ilustrasi tutorial mengecek slik OJK

  • Langkah pertama, kamu bisa buka halaman https://idebku.ojk.go.id
  • Pada bagian tersebut, silahkan pilih "Pendaftaran"
  • Silahkan isi semua data yang diperlukan. Mulai dari jenis debitur, jenis identitas, kewarganegaraan, nomor Identitas, hingga kode captcha.
  • Apabila semua telah terisi, kamu bisa klik "Selanjutnya" untuk melanjutkan mengisi formulir SLIK OJK online.
  • Silahkan unggah beberapa dokumen pendukung yang telah kamu siapkan sebelumnya.
  • Kemudian klik tombol "Ajukan Permohonan"
  • Jika pendaftaran telah berhasil, maka kamu akan memperoleh nomor pendaftaran. 
  • Kamu bisa mengecek SLIK OJK di bagian "Status Layanan". Isi saja dengan nomor pendaftaran yang kamu dapatkan tadi. 
  • Dengan begitu OJK akan memproses cek SLIK iDeb dan akan dikirimkan hasilnya melalui email milikmu. 

Sekedar informasi, biasanya email dari OJK akan dikirimkan paling lambat 1 hari kerja setelah pendaftaran. Jika kamu kebingungan, kamu bisa hubungi kontak OJK di nomor telepon 157, email konsumen@ojk.go.id atau melalui WhatsApp ke nomor 081-157-157-157.

Contoh SLIK OJK Aplikasi Akulaku 

Setelah kamu mengetahui proses mengecek SLIK OJK, sekarang kamu perlu tahu contoh ataupun bentuk dari SLIK tersebut. Karena masih banyak yang bingung seperti apa bentuk dari SLIK dari OJK. 

Ketika kamu telah telah mendaftar di pengecekan SLIK, maka akan muncul antrian pengecekan. Bentuk dari surat ataupun lembar SLIK OJK sendiri kurang lebih sebagai berikut. 

SLIK OJK Akulaku
ilustrasi SLIK OJK

Beberapa Dampak Jika SLIK OJK Kamu Jelek

Ketika skor kredit kita jelek di sistem OJK, maka akan ada akibat buruk yang bakal terjadi. Dampak buruk ini telah admin pameranlawan.com rangkum berikut.

1. Tidak Bisa Mengajukan Kredit

Pernahkah kamu mendapatkan notifikasi "maaf kualitas kredit belum cukup untuk meminjam Akulaku" saat melakukan pengajuan kredit? Masalah ini terjadi karena skor kredit kamu buruk. 

Artinya kredit kamu telah tercatat jelek di sistem SLIK OJK. Sehingga ketika melakukan pinjaman di aplikasi maupun di Bank, kamu selalu ditolak. Solusi terbaik dari masalah ini yaitu memperbaiki skor kredit dan meminta peninjauan ulang. 

2. Di-Blacklist 

Dampak yang paling mengerikan saat skor kredit kamu jelek yakni akan diblacklist. Yap, kamu bakalan diblacklist oleh aplikasi ataupun pihak bank.  Karena mereka enggan mengambil resiko berurusan dengan orang yang punya riwayat kredit buruk. 

Jika sudah seperti ini, maka kamu akan kesulitan mengajukan pinjaman, kredit kendaraan, dan lain sebagainya. Karena itulah, jaga skor kredit kamu tetap baik agar tidak terjadi masalah seperti ini. 

Penutup 

SLIK OJK Akulaku menjadi hal yang wajib kamu jaga agar tidak terjadi hal buruk di masa mendatang. Karena jika skor kredit kita jelek, maka bisa berdampak serius bagi kamu. Jadi mulai sekarang lebih rajin lagi bayar tagihan tepat waktu ya. Jangan sampai telat apalagi sampai galbay.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...