12 Contoh Aplikasi Social Learning Network yang Populer

contoh aplikasi social learning network yang populer adalah
Aplikasi Social Learning Network

PAMERANLAWAN.COM - Banyak sekali contoh aplikasi social learning network yang populer di dunia. Terlebih lagi setiap platform memiliki keunggulan dan kemudahan untuk pengguna. Tak heran jika aplikasi jenis ini cukup bagus untuk belajar dan meningkatkan ilmu pengetahuan. 

Aplikasi Social Learning Network (SLN) merupakan sebuah platform online yang dirancang khusus untuk memfasilitasi pembelajaran. Platform tersebut memungkinkan pengguna untuk belajar secara kolaboratif dan interaksi sosial antara penggunanya. 

Tujuan utama dari aplikasi SLN sendiri yakni untuk menggabungkan media sosial dengan pendidikan. Sehingga terciptalah sebuah komunitas yang memungkinkan peserta didik dapat terlibat dalam diskusi.

Peserta didik juga bisa mengakses pengetahuan dengan mudah, serta dapat berkolaborasi dalam proyek pembelajaran. Sehingga penggabungan antara edukasi dengan media sosial dapat terlaksana dengan baik.

Fitur dan Keunggulan Aplikasi Social Learning Network

Aplikasi SLN ternyata memiliki banyak fitur dan keunggulan yang luar biasa. Beberapa fitur ini memungkinkan kita untuk mendapatkan fasilitas yang memadai. Berikut kami telah merangkum beberapa fitur tersebut antara lain. 

1. Membuat Profil dan Menambah Jaringan

Sebagai platform media sosial dan edukasi, tentunya aplikasi SLN memungkinkan pengguna membuat profil pribadi. Hal ini juga membuat pengguna dapat terhubung dengan orang lain. Sehingga nantinya pengguna dapat membangun jaringan dengan sesama pembelajar yang lain. 

2. Membagikan Konten

Karena ini merupakan platform pendidikan, maka pengguna dapat berbagi berbagai jenis konten. Misalnya saja pengguna dapat berbagi konten artikel, gambar, video, dan lainnya. Hal ini tentu akan membuat Anda bisa lebih dikenal karena aktif membagikan konten edukasi untuk orang lain.

3. Dapat Berdiskusi

Aplikasi SLN juga bisa untuk forum diskusi, pengguna dapat bertanya dan berkolaborasi dalam proyek pembelajaran. Kamu bisa bertanya secara langsung kepada pengguna lain terkait proyek ataupun problem yang mungkin tengah dihadapi. 

4. Berguna Sebagai Alat Kolaboratif

Beberapa SLN menyediakan alat kolaboratif untuk proyek bersama. Proyek ini bisa kamu kerjakan dan selesaikan bersama dengan pengguna lain. Hal ini tentu memungkinkan pengguna untuk bekerja sama pada tugas atau aktivitas pembelajaran.

5. Pembelajaran yang Tak Terbatas 

Karena aplikasi SLN memungkinkan untuk berdiskusi dan berkolaborasi, maka pengguna dapat belajar satu sama lain. Melalui interaksi yang intens, diskusi di forum, dan lainnya akan membuat kamu bisa belajar ilmu-ilmu baru dari orang baru.

6. Keterlibatan Instruktur

Secara umum, ketika menyelesaikan proyek tertentu maka terdapat instruktur yang membimbing. Peran instruktur ini tentu dapat memberikan bimbingan dan memfasilitasi diskusi. Sehingga proses diskusi dan pembelajaran bisa berjalan dengan lancar. 

7. Terdapat Penghargaan 

Elemen gamifikasi, seperti penghargaan atau poin, sering diimplementasikan untuk memotivasi dan memberikan imbalan kepada peserta didik. Setiap platform SLN tentu memiliki penghargaan yang berbeda-beda. 

Contoh aplikasi Social Learning Network 

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi SLN yang menawarkan manfaat dan kemudahan. Beberapa aplikasi ini berguna untuk memanfaatkan aspek sosial dari pembelajaran. Sehingga pengguna dapat meningkatkan pengalaman pendidikan dan menciptakan rasa komunitas di antara peserta didik. Terdapat 12 aplikasi SLN yang sangat populer saat ini, antara lain sebagai berikut.

1. LinkedIn Learning

contoh aplikasi social learning network yang populer adalah
Ilustrasi LinkedIn

Contoh aplikasi social learning network yang populer adalah aplikasi LinkedIn. Aplikasi yang satu ini menawarkan kursus-kursus yang berfokus pada pengembangan keterampilan profesional. 

Kursus-kursus di LinkedIn Learning dapat diakses secara gratis maupun yang berbayar. Setelah mengikuti kursus dari LinkedIn learning, pengguna bisa memperoleh sertifikat. Adanya sertifikat ini bisa kamu post di LinkedIn untuk mempercantik profil akun kamu.

2. Coursera

Aplikasi Coursera merupakan platform pembelajaran daring yang menawarkan kursus-kursus dari berbagai universitas dan lembaga terkemuka di dunia. Kursus-kursus tersebut ada yang versi gratis dan ada pula yang versi berbayar. Dengan aplikasi sosial learning network ini, kamu dapat berkolaborasi dengan pengguna lain untuk mengerjakan tugas dan proyek.

3. edX

Selanjutnya ada aplikasi edX yang merupakan platform pembelajaran daring dan memiliki berbagai kursus dari lembaga maupun universitas di dunia. Aplikasi edX juga menawarkan program-program sertifikasi yang dapat membantu pengguna untuk meningkatkan keterampilan dan kualifikasi mereka.

4. Udemy

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan platform Udemy. Platform ini menawarkan berbagai kursus online dari kursus paling dasar hingga kursus yang lebih advanced. Kursus-kursus di Udemy dapat dibeli secara individual atau berlangganan.

5. Khan Academy

Platform pembelajaran daring yang satu ini menawarkan kursus-kursus gratis untuk berbagai bidang. Misalnya saja seperti kursus matematika, sains, hingga bahasa. Khan Academy juga menawarkan berbagai sumber daya pembelajaran lainnya, seperti video, kuis, dan latihan.

6. Duolingo

Aplikasi Duolingo menjadi aplikasi Social Learning Network dengan layanan utama belajar bahasa gratis. Duolingo menawarkan kursus bahasa, termasuk bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Rusia, Mandarin, Jepang, Korea, dan Inggris.

Platform ini  tersedia di perangkat mobile dan komputer. Dalam melakukan pembelajaran bahasa, Duolingo menggunakan pendekatan gamifikasi. Hal ini tentunya akan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi pengguna. 

7. Memrise

Aplikasi Memrise hampir mirip dengan aplikasi Duolingo yang menawarkan kursus bahasa. Hanya saja aplikasi Memrise menggunakan metode pembelajaran berbasis memori. Aplikasi ini menggunakan berbagai metode, seperti flashcards, permainan, dan video. Berbagai metode ini tentu dapat membantu pengguna belajar bahasa baru.

Melalui aplikasi Memrise, kamu bisa belajar bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Rusia, Mandarin, Jepang, Korea, dan Inggris. Kerennya lagi, kursus tersebut dirancang oleh penutur asli dan ahli bahasa, sehingga pengguna dapat belajar bahasa dengan cara yang benar.

8. Quizlet

Aplikasi Quizlet mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu. Apalagi platform ini menawarkan metode pembelajaran menggunakan metode flashcard. Tentunya akan membuatmu lebih mudah belajar berbagai materi, mulai dari bahasa, matematika, sains, hingga sejarah. Aplikasi ini bisa kamu install di smartphone maupun di perangkat desktop. Sesuaikan saja kebutuhan masing-masing ingin belajar melalui perangkat mana. 

9. Skoolio

Berikutnya ada aplikasi Skoolio yang merupakan sebuah aplikasi manajemen sekolah yang berbasis cloud. Aplikasi ini dirancang untuk membantu sekolah untuk mengelola berbagai kegiatan, mulai dari administrasi, pembelajaran, hingga keuangan. Banyak sekali fitur dan keunggulan dari aplikasi ini, kamu bisa mencobanya sendiri agar memperoleh kemudahan dalam menjalankan berbagai tugas.

10. Schoology

Aplikasi Schoology adalah aplikasi manajemen pembelajaran (LMS) yang berbasis cloud. Platform yang satu ini dirancang untuk membantu sekolah maupun perguruan tinggi. Karena dengan platform tersebut bisa untuk mengelola kegiatan pembelajaran, mulai dari administrasi, pembelajaran, hingga penilaian.

11. Blackboard Learn

Aplikasi Blackboard Learn adalah sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang berbasis cloud. Umumnya platform ini banyak digunakan oleh berbagai lembaga pendidikan di seluruh dunia. Banyak sekali fitur yang terdapat di platform ini yang bisa membantu siswa, guru, dan staf administrasi dalam mengelola kegiatan pembelajaran. 

12. Edmodo

Terakhir ada aplikasi Edmodo yang merupakan platform pembelajaran sosial untuk lembaga pendidikan. Platform ini dapat menghubungkan siswa, guru, dan orang tua. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk membantu pengguna belajar dan berkolaborasi secara online. 

Penutup 

Demikianlah beberapa contoh aplikasi Social Learning Network yang populer di dunia. Kamu bisa mencoba salah satu aplikasi tersebut agar memperoleh pengetahuan dan relasi yang luas. Dengan begitu kamu akan memperoleh banyak ilmu dan hal baru di media sosial tersebut. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...