Ini Aplikasi Internet yang Memungkinkan Pengambilan File dengan Cepat

aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah
Aplikasi internet FTP

PAMERANLAWAN.COM - Sudah tahu belum, aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah apa? Jika kamu belum tahu, kamu bisa menyimak artikel ini hingga selesai agar nanti bisa tahu detailnya. 

Saat ini memang banyak sekali aplikasi internet yang menghadirkan berbagai kemudian. Mulai dari aplikasi untuk belajar, aplikasi untuk hiburan, aplikasi games, hingga aplikasi untuk mengambil file. 

Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah FTP (File Transfer Protocol). Mungkin masih banyak yang belum paham terkait dengan aplikasi yang satu ini. 

FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol komunikasi standar yang berguna untuk mentransfer file komputer dari satu server ke satu klien pada jaringan komputer. 

Umumnya FTP dibangun pada arsitektur model klien-server dengan menggunakan koneksi kontrol dan data yang terpisah antara klien dan server. 

Hal inilah yang memungkinkan file dapat terkirim dan diambil secepat kilat. Bahkan FTP memungkinkan file pengguna bisa sampai tanpa ada kendala sama sekali. Sehingga kamu bisa lebih hemat waktu dan dapat berfokus dengan hal lain. 

Beberapa Perintah FTP yang Umum Digunakan

Dalam proses pengambilan maupun pengiriman file, perlu adanya perintah khusus. Perintah inilah yang nantinya berguna untuk menjalankan proses kirim-ambil file.  

Sehingga komputer kamu bisa menerima file tersebut tanpa ada masalah sedikitpun. Terdapat beberapa perintah yang bisa kamu gunakan, antara lain sebagai berikut. 

1. RETR (Retrieve)

Perintah ini digunakan untuk mengunduh file dari server. Ketika kamu memakai perintah RETR, maka kamu memberi tahu server untuk mengirimkan salinan file yang diminta ke komputer lokal yang kamu miliki. 

Contoh dari perintah Retrieve yakni: RETR nama_file.txt

2. STOR (Store)

Selanjutnya ada perintah STOR yang berguna untuk mengunggah file dari komputer lokal ke server. Dengan menggunakan STOR, kamu akan memberi tahu server untuk menyimpan salinan file yang telah kamu kirimkan. 

Contoh dari perintah Store yakni: STOR nama_file_baru.txt

3. LIST

Umumnya perintah LIST digunakan untuk menampilkan daftar file yang ada di server. Ketika kamu menggunakan perintah tersebut, server akan merespons dengan daftar file dan informasi terkait lainnya. 

Contoh dari perintah List yakni: LIST

4. MKDIR (Make Directory)

Perintah MKDIR sangat berguna sekali untuk membuat direktori baru di server. Dengan memberikan nama direktori setelah perintah MKDIR, kamu dapat menciptakan struktur direktori yang baru. 

Contoh dari perintah Make Directory yakni: MKDIR nama_direktori_baru

5. RMD (Remove Directory)

Terakhir ada perintah RMD yang digunakan untuk menghapus direktori di server. Pastikan untuk berhati-hati saat menggunakan perintah ini, karena penghapusan direktori tersebut bersifat permanen. 

Contoh dari perintah Remove Directory yakni: RMD nama_direktori_hapus

Keuntungan Menggunakan FTP (File Transfer Protocol)

Menggunakan program FTP tentu memiliki keuntungan tersendiri. Keuntungan ini bisa berupa keamanan yang memadai hingga kemudahan dalam penggunaan. Berikut kami telah merangkum beberapa keuntungan tersebut antara lain. 

1. Keamanan Tanpa Kompromi

FTP menggunakan enkripsi end-to-end yang akan membuat setiap file kamu lebih aman. File yang kamu kirimkan nantinya akan terenkripsi terlebih dahulu, sehingga orang lain tidak akan bisa membukanya. Hal ini tentu hanya orang yang berwenang saja yang bisa membuka file milikmu sendiri.

2. Dapat Berkolaborasi dengan Tim

Akses bersama bisa kamu temukan pada aplikasi File Transfer Protocol. Aplikasi FTP memberikan akses yang sama kepada seluruh tim, memastikan bahwa setiap anggota dapat melihat dan mengedit file yang diperlukan. Hal ini akan membuat tim kamu bisa lebih solid dan dapat berkolaborasi tanpa ada kendala. 

3. Lebih Efisiensi Hemat Waktu

Pernah dengar istilah waktu adalah uang, bukan? Dengan menggunakan FTP, maka waktu kamu akan menghemat waktu. Mengingat proses transfer dan pengambilan file bisa lebih cepat. Apalagi terdapat fitur pembaruan file yang dapat dilakukan secara otomatis. Sehingga Anda tidak perlu duduk dan menunggu hingga pembaruan selesai. 

4. Server Tersedia 7x24 jam

Keuntungan terakhir yakni FTP bukan sekadar alat biasa. Karena aplikasi ini memiliki server yang bisa bekerja selama 24/7 tanpa istirahat. Hal ini berarti file kamu akan selalu tersedia dan siap digunakan tanpa batasan waktu. Kamu bisa memakai file dengan mudah, cepat, dan bisa diakses kapanpun yang kamu mau. 

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah FTP. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak sekali perintah yang bisa kamu gunakan sendiri. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari sebuah aplikasi internet tersebut. Semoga pembahasan kali ini bisa memberikan manfaat dan wawasan untuk kita semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...