Print Preview Digunakan untuk Apa? Begini Penjelasannya

print preview digunakan untuk apa
Ilustrasi fungsi print preview di Microsoft Office

PAMERANLAWAN.COM - Kalau kamu memakai Microsoft Office, kamu pasti kenal dengan fitur print preview. Tahu tidak sih print preview digunakan untuk apa? 

Atau justru kamu belum tahu sama sekali tentang print preview? Duh padahal fitur ini ada di Microsoft Word, Excel, hingga Powerpoint. 

Kalau kamu masih belum familiar dengan fitur print preview, kamu perlu menyimak informasi yang telah admin pameranlawan.com rangkum di artikel ini.

Apa Itu Print Preview di Microsoft Office? 

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, fitur yang satu ini bisa kamu temui melalui Microsoft Office. Kamu bisa menemukannya di Ms. Word, Excel, dan lainnya. 

Fitur Print Preview bisa mempermudah kamu dalam mencetak dokumen. Jadi ketika sebuah dokumen akan dicetak, kamu bisa melihat dan mengoreksi dokumen tersebut. 

Fitur ini dapat memberikan gambaran dokumen kamu, mulai dari tata letak, format, dan elemen-elemen lain. Sehingga saat melakukan pencetakan dokumen tidak ada kesalahan.

Dokumen ini akan tampil di layar dan kamu bisa melihat gambaran dari dokumen yang dicetak. Sehingga saat melakukan pencetakan, kamu tahu hasilnya akan jadi seperti apa.

Baca Juga: Apa Fungsi dari Tool Shapes pada Lembar Kerja Microsoft Word?

Kalau misalkan ada kesalahan di dokumen tersebut, seperti salah tata letak, salah penggunaan font, salah peletakan gari, maka kamu bisa memperbaikinya dengan segera. 

Tak hanya itu, Print Preview Excel juga memungkinkan kamu untuk melihat beberapa halaman dokumen sekaligus. Seperti tampilan pratinjau beberapa slide presentasi atau beberapa halaman dari laporan yang lebih panjang. 

Hal ini memudahkan kamu untuk lebih teliti dan memeriksa kesinambungan dokumen. Entah itu dari segi kalimat, paragraf, atau bahkan tampilan seluruh dokumen.

Print Preview Digunakan untuk Apa?

print preview digunakan untuk apa
Kegunaan print preview di Excel

Dari penjelasan di atas, seharusnya kamu sudah bisa menyimpulkan fungsi dari print preview. Tenang saja, kalau masih bingung, kamu bisa menyimak penjelasan berikut. 

Jadi pada intinya, Print Preview di Microsoft Office digunakan untuk menampilkan pratinjau dokumen yang hendak di-print out. 

Jadi sebelum mencetak dokumen, kamu bisa menampilkan pratinjau dokumen tersebut. Hal ini sangat berguna sekali untuk memeriksa dan mengedit dokumen apabila ada kesalahan. 

Sehingga dokumen yang kamu cetak dalam bentuk fisik bisa lebih rapi, bagus, dan terhindar dari berbagai kesalahan. 

Antara print dan print preview tentunya berbeda. kamu sudah tahu belum apa perbedaan dari keduanya? Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini hingga selesai. 

Apa Perbedaan dari Fungsi Print dan Print Preview?

Print dengan print preview ternyata punya perbedaan yang cukup signifikan loh. Walaupun tujuan akhirnya sama, yakni perintah untuk mencetak dokumen. 

Saat kamu menggunakan fungsi "print", maka kamu memberikan perintah kepada komputer untuk langsung mencetak dokumen. 

Dokumen yang telah siap akan langsung tercetak melalui mesin printer saat kamu menggunakan perintah ini. Berbeda lagi kalau kamu menggunakan perintah print preview. 

Sesuai namanya, fungsi "print preview" adalah untuk melihat tampilan pratinjau sebuah dokumen sebelum dicetak. Kamu bisa melihat dokumen tersebut dan mengoreksinya kembali. 

Misalnya memperbaiki tata letak, format, elemen, bagan, gambar, dan lain sebagainya. Tampilan pratinjau ini akan muncul di layar komputer dan bisa kamu ubah sesuka hati. 

Jadi pada intinya perbedaan utama antara print dan print preview adalah terletak pada pencetakan dokumen. Kalau print berarti langsung mencetak dokumen, sedangkan kalau print preview menampilkan pratinjau dokumen sebelum dicetak. 

Bagaimana Cara Menggunakan Print Preview?

print preview digunakan untuk apa
Cara menggunakan fungsi print preview

Bagi sebagian pengguna yang masih baru memakai Microsoft Office, mungkin akan sedikit bingung saat memakai fitur Print Preview. Padahal untuk menggunakannya sangat mudah kok. 

Ada dua cara yang bisa kamu terapkan, yakni melalui ikon dan shortcut. Lantas bagaimana Cara print Preview lewat ikon di Microsoft Office?

  • Pertama, silahkan klik file. 
  • Kemudian klik menu print. 
  • Nantinya Ikon Print Preview akan langsung muncul di layar. 
  • Kamu bisa memperbaiki dokumen tersebut apabila ada kesalahan. 
  • Kalau semuanya sudah benar, maka kamu bisa langsung klik Print atau cetak dokumen. 

Selanjutnya kamu bisa gunakan cara yang kedua yakni memakai shortcut. Cara ini juga mudah kok, untuk lebih jelasnya, mari ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, arahkan kursor ke dokumen.
  • Selanjutnya tekan tombol Ctrl+F2 secara bersamaan. 
  • Nantinya akan muncul tampilan preview dokumen sebelum di-print. 

Setelah muncul preview dari dokumen, kamu bisa mencoba meneliti kembali, apakah ada kesalahan atau tidak. Lihat baik-baik agar dokumen yang dicetak bisa lebih rapi dan bagus.

Penutup 

Sekarang kamu sudah tahu kan, print preview digunakan untuk apa? Kamu juga tahu perbedaan fungsi ini dengan fungsi print. Semoga apa yang admin pameranlawan.com bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...