Cara Memakai Kain Batik yang Lagi Trend

cara memakai kain batik yang lagi trend
Memakai kain batik yang lagi trend

PAMERANLAWAN.COM - Cara memakai kain batik yang lagi trend sebenarnya bukan hal yang sulit. Karena ada beberapa teknik yang bisa kita coba, seperti memakai sarung batik, selendang batik, dan lainnya. 

Cara memakai kain batik untuk nari umumnya akan menyesuaikan dengan kebutuhan. Artinya jika tarian yang akan kamu tampilkan memerlukan pergerakan ekstra, maka perlu teknik pakai kain batik tersendiri. 

Sementara jika kamu tidak memerlukan pergerakan ekstra, maka kamu bisa memakai kain batik yang simpel saja. Sebelum itu, kamu wajib tahu teknik mengikat kain batik berikut ini.

Cara Mengikat Kain Batik

Untuk memakai kain batik viral yang lagi trend, kamu perlu tahu teknik mengikatnya. Karena teknik ini merupakan dasar dari pemakaian kain batik. Berikut beberapa teknik yang bisa kamu gunakan sendiri. 

1. Ikat Simpul 

Pertama kamu bisa gunakan metode ikat simpul. Kamu bisa mengambil ujung kain batik, kemudian ikat simpul pada bagian depan atau belakang tubuh. 

Sesuaikan saja dengan gaya yang kamu inginkan. Oh iya, pastikan tali simpul cukup kuat ya. Agar kain bisa tetap terjaga di tempatnya dan tidak mudah lepas. 

2. Sabuk 

Cara pakai kain batik tanpa dijahit bisa menggunakan sabuk atau ikat pinggang. Alat yang satu ini bisa kita pakai untuk menjaga kain batik agar tetap di tempatnya. 

Saat memilih sabuk, pastikan untuk menyesuaikan ukurannya ya. Pilihlah ukuran yang tidak terlalu besar agar saat digunakan bisa lebih nyaman.

3. Cincin atau gelang 

Selanjutnya kamu bisa gunakan gelang atau sebuah cincin. Silahkan ambil cincin yang lebar sebagai penjepit. Cincin ini bisa kita pakai untuk mengikat kain batik di bagian pinggang atau dada. 

Cara seperti ini tentunya akan membuat tampilan jadi lebih keren. Selain itu kain batik juga tidak akan lepas dari tempatnya. Kamu bisa aman bergerak bebas sesuka hati.

4. Pasangkan dengan pakaian lain

Terakhir, cara memakai kain batik untuk bawahan kebaya yakni dengan memanfaatkan kain lain. Misalnya saja kamu bisa pakai rok, selendang, dan lainnya. 

Kemudian kamu bisa menggunakan ikatan karet agar lebih kuat. Kamu juga bisa gunakan tali kecil untuk mengikat kain batik. Sehingga nantinya kain bisa tetap kuat tanpa lepas.

Cara Memakai Kain Batik yang Lagi Trend

Untuk memakai kain batik sebenarnya ada beberapa metode yang bisa kita gunakan. Namun kali ini saya akan memaparkan satu contoh saja. 

Karena untuk tutorial lengkapnya, kamu bisa menyaksikan melalui video yang telah saya sematkan di bawah. Adapun untuk cara memakai kain batik tradisional bisa kamu ikuti berikut ini.

  • Pilihlah kain batik yang sudah jadi dalam bentuk sarung.
  • Posisikan tubuh kamu di ujung sarung, sambil memegang ujung kain dengan satu tangan.
  • Dari belakang, ambillah sisi depan kain sarung batik dan tariklah perlahan ke bagian belakang tubuh.
  • Rapikan sisa ujung kain dengan menyesuaikan posisi belahan kain.
  • Terakhir, ambillah kain dari dalam untuk diikatkan dengan ujung kain terakhir.

Kalau kamu masih bingung dengan tutorial di atas, kamu bisa mencoba menyimak video berikut ini. Silahkan ikuti saja tutorialnya sesuai arahan di video.

Penutup 

Demikianlah tutorial cara memakai kain batik yang lagi trend yang bisa kamu coba. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa menambah wawasan dan manfaat. Jangan lupa untuk praktek langsung ya, agar kamu bisa menerapkan ilmu yang telah didapat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...