Ciri-ciri Penipuan Akulaku dan Cara Menghindarinya

Ciri-ciri penipuan Akulaku
Ciri-ciri penipuan Akulaku

PAMERANLAWAN.COM - Belakangan ini banyak pengguna yang ingin tahu seperti apa ciri-ciri penipuan Akulaku. Karena banyak sekali penipuan dengan berbagai modus yang menjerat masyarakat. 

Seperti yang kita tahu, Akulaku adalah salah satu aplikasi finansial yang cukup populer di Indonesia. Aplikasi ini sangat populer di kalangan masyarakat yang membutuhkan layanan kredit dan cicilan tanpa kartu kredit.

Meskipun Akulaku menjadi platform keuangan yang aman dan terpercaya, tetapi ada saja masalah yang sering muncul. Salah satunya yakni adanya penipuan oleh pihak tak bertanggung jawab. 

Pihak tersebut mengatasnamakan Akulaku, sehingga terjadilah penipuan di masyarakat. Untuk informasi lebih lengkapnya tentang penipuan Akulaku bisa kamu simak berikut ini. 

Sekilas Tentang Penipuan Akulaku

Penipuan memang dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Apalagi di platform online seperti sekarang, makin marak penipuan online dengan berbagai bentuk dan cara. 

Hal ini juga terjadi pada platform Akulaku yang penggunanya kerap mengalami penipuan. Penipuan Akulaku merupakan tindakan penipuan yang menargetkan pengguna Akulaku. 

Tujuannya sudah pasti untuk mendapatkan keuntungan secara ilegal. Penipuan Akulaku biasanya melibatkan pengiriman pesan atau telepon palsu yang meminta kamu untuk membuka link atau menginstal aplikasi tertentu. 

Bahkan ada juga penipuan Akulaku yang meminta pengguna untuk memberikan informasi pribadi atau mengirimkan uang. Hal semacam ini memang sangat sering terjadi dan sangat meresahkan. 

Padahal era teknologi seperti sekarang keamanan seharusnya sudah sangat bagus. Tetapi justru malah ada saja kejadian tak terduga yang wajib kita waspadai. 

Oleh sebab itulah, kita perlu waspada serta pelajari ciri-ciri dari penipuan tersebut. Tujuannya agar kita bisa mengidentifikasi penipuan online dan terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Ciri-ciri Penipuan Akulaku yang Perlu Kita Waspadai

Ciri-ciri penipuan Akulaku
Ilustrasi Ciri-ciri penipuan Akulaku

Penipuan online menggunakan platform kredit online semacam Akulaku semakin marak. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memahami ciri-ciri penipuan tersebut. Sehingga nantinya kamu tidak menjadi korban penipuan online yang merugikan.

1. Penawaran yang Tidak Masuk Akal 

Pernahkah kamu tiba-tiba dapat SMS dari Akulaku tentang penawaran promo yang tak masuk akal? Biasanya promo yang ditawarkan seperti suku bunga rendah, limit kredit yang sangat tinggi atau syarat pengajuan yang terlalu mudah. 

Nah penawaran seperti ini harus kamu waspadai, karena berpotensi penipuan. Jangan pernah percaya dengan hal-hal yang tidak masuk akal. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu tentang kebenaran promo tersebut melalui sosial media resmi Akulaku. Sehingga kamu bisa lebih aman dari penipuan. 

2. Pembayaran di Luar Sistem Akulaku  

Sistem pembayaran di aplikasi Akulaku sudah sangat aman. Karenanya jika kamu diminta untuk bertransaksi di luar aplikasi Akulaku, maka sebaiknya tolak dengan segera. Karena hal tersebut sudah sangat pasti penipuan. 

Pihak Akulaku tidak pernah meminta pelanggan untuk melakukan pembayaran di luar sistem Akulaku. Jadi saat kamu mendapati kasus seperti ini, sebaiknya hindari ya. 

3. Permintaan Untuk Memberikan Informasi Pribadi

Ciri-ciri penipuan Akulaku selanjutnya yakni penipu Akulaku akan meminta kamu untuk memberikan informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit, nomor identitas, atau informasi bank lainnya. 

Apabila kamu diminta hal semacam ini, sebaiknya jangan pernah memberikan informasi pribadi kamu pada siapa pun, kecuali kamu yakin bahwa informasi tersebut diperlukan dan aman.

4. Permintaan untuk Mengirimkan Uang

Penipuan Akulaku lewat WA biasanya mengharuskan pelanggan untuk mengirimkan uang untuk membayar biaya pengiriman, biaya administrasi, atau bahkan biaya lainnya. Kamu harus cek kembali apakah sistem Akulaku meminta hal semacam ini atau tidak. 

Karena biasanya Akulaku tidak meminta tambahan biaya apapun. Oleh karena itu jangan pernah mengirimkan uang kepada orang yang tidak kamu kenal. Karena kamu bakal kehilangan uang tersebut dalam sekejap.

5. Menggunakan Nomor Telepon Tidak Dikenal 

Ciri-ciri penipuan Akulaku
Ilustrasi Ciri-ciri penipuan Akulaku

Selanjutnya ciri-ciri penipuan Akulaku yang bisa kamu identifikasi yakni menggunakan nomor palsu. Yap, penipu akan memakai nomor yang bukan +62. Biasanya mereka akan menggunakan nomor +1. 

Ketika kamu mendapatkan telepon, SMA, atau WhatsApp dari nomor yang tidak kamu kenal, sebaiknya jangan digubris. Biarkan saja agar kamu tidak menjadi korban penipuan. Karena banyak kasus orang tertipu karena menanggapi pesan dari nomor tak dikenal.

6. Iming-iming Mendapatkan Hadiah

Penipuan Akulaku lewat telepon biasanya akan mengabarkan bahwa kamu mendapatkan hadiah. Kalo seperti ini pasti penipuan, karena di jaman sekarang mana ada hadiah gratis secara cuma-cuma ya kan? 

Biasanya penipu akan mengirimkan SMS dan WhatsApp kemudian menelpon kamu. Setelah itu kamu bakal diminta untuk memasukkan kode OTP yang tidak jelas. Jangan mau kalau kamu diperintahkan seperti ini ya, karena pasti penipuan. 

7. Perintah Untuk Klik Link

Pernah menjumpai orang tidak dikenal mengirimkan link kepada kita? Hati-hati, bisa jadi itu adalah penipuan. Penipuan jenis ini sangat umum terjadi karena pengguna kurang memahami isi link tersebut. 

Saat kamu ngeklik link tersebut, maka diminta untuk memasukkan data pribadi. Misalnya alamat email maupun telepon, akhirnya bagaimana? Ya pasti kamu bakalan terkena penipuan. Data-data kamu akan diambil alih oleh penipu. 

8. Telepon di Waktu yang Tidak Tepat

Ciri-ciri penipuan Akulaku yang terakhir yakni biasanya dilakukan pada waktu yang tidak tepat. Artinya si penipu akan menghubungi kamu di malam hari atau di hari libur. 

Hal ini dilakukan agar kamu tidak dapat menghubungi Akulaku atau bank kamu untuk memverifikasi informasi tersebut. Sehingga mereka bisa leluasa melancarkan aksi penipuan. 

Cara Mengatasi Penipuan Akulaku

Apabila kamu mengalami beberapa kejadian seperti di atas, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara mengantisipasinya. Berikut admin pameranlawan.com telah merangkum beberapa tips untuk menghindari penipuan Akulaku.

1. Cek Kebenaran Pesan dan Nomor Telepon

Ciri-ciri penipuan Akulaku
Cara agar terhindar dari penipuan Akulaku

Langkah pertama, kamu wajib mengecek kebenaran pesan dan nomor telepon. Misalnya kamu mendapatkan SMS atau telepon yang tidak kamu kenal, maka sebaiknya periksa nomor tersebut lewat get contacts atau melalui Google. 

Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui pemilik nomor tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi layanan pelanggan Akulaku atau bank untuk memverifikasi informasi tersebut.

2. Jangan Memberikan Informasi Pribadi

Selanjutnya jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada orang yang tak kamu kenal. Apalagi lagi jika kamu diminta mengirimkan sejumlah uang, sebaiknya JANGAN lakukan itu! 

Kamu wajib mengecek ulang apakah ada tagihan yang belum kamu bayar. Kemudian jangan sungkan untuk menghubungi customer service Akulaku. Tujuannya untuk konfirmasi kebenaran informasi yang kamu dapatkan.

3. Waspada dengan Promo dan Hadiah Gratis 

Bagaimana cara mengatasi penipuan di Akulaku? Kamu harus mewaspadai promo atau hadiah yang ditawarkan oleh orang tak dikenal. Apalagi jika hadiah tersebut tidak masuk akal, pasti berujung pada penipuan. 

Karena itulah jangan mudah tergiur dengan penawaran gratis. Kamu wajib memverifikasi kebenarannya terlebih dahulu kemudian kamu bisa mengabaikan pesan tersebut. 

4. Hindari Membuka Link atau Website

Selanjutnya kamu harus menghindari membuka link yang dikirimkan oleh orang tak kamu kenal. Kamu wajib curiga terlebih dahulu karena bisa jadi itu adalah link phising yang berbahaya. 

Abaikan saja jika ada orang yang mengirimkan link tidak jelas kepadamu. Jangan pernah buka link tersebut, dengan demikian maka kamu bisa terhindar dari penipuan Akulaku.

5. Berhati-hati saat Menggunakan Jaringan Publik

Saat membuka Akulaku atau layanan kredit online lainnya, sebaiknya hindari menggunakan jaringan publik (Wi-Fi umum). Karena jaringan publik bisa berpotensi membahayakan data kita.

Jika ada orang yang jahat, bisa saja mereka akan membongkar akun Akulaku kita. Sehingga akun tersebut melakukan transaksi secara diam-diam tanpa kita ketahui. Oleh sebab itu, gunakan jaringan pribadi agar tetap aman.

6. Lapor ke Polisi

Solusi terakhir yang bisa kamu lakukan yakni dengan melaporkannya kepada pihak berwajib. Cara melaporkan penipuan Akulaku juga sangat mudah, kamu hanya perlu merekam percakapan dan membawa barang bukti.

Nantinya pihak berwajib akan melakukan penyelidikan dan mendalami kasus tersebut. Dengan begitu maka kamu bisa lebih aman karena tidak terkena penipuan online aplikasi Akulaku. 

Penutup 

Akulaku merupakan platform kredit online yang terpercaya dan dapat kita gunakan. Namun, sebagai pengguna, penting bagi kita untuk selalu waspada dan berhati-hati dengan informasi yang ada saat ini. 

Hindari memberikan informasi pribadi atau uang pada orang yang tidak kita kenal. Kemudian pastikan untuk tidak mengklik link yang bukan resmi. Karena biasanya link tersebut berujung pada penipuan dan pencurian data.

Dengan mengetahui beberapa ciri-ciri penipuan Akulaku yang telah kami bahas dalam artikel ini, maka kamu bisa terhindar dari penipuan Akulaku. Sehingga kamu bisa lebih aman dan tidak terkena scam.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...