Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku Beserta Persyaratannya

cara membatalkan pesanan di Akulaku
Ilustrasi membatalkan pesanan di Akulaku

PAMERANLAWAN.COM - Bagi kamu yang terlanjur berbelanja di Akulaku dan ingin membatalkannya, kamu perlu tahu cara membatalkan pesanan di Akulaku. Cara ini sebenarnya cukup simpel dan mudah untuk diterapkan. 

Kamu hanya perlu mengakses aplikasi Akulaku dan masuk ke menu belanja. Kemudian pilih belanjaan atau barang yang ingin kamu batalkan. Meski terdengar simpel, tetapi ada sebagian orang yang masih kebingungan.  

Pasalnya pada menu 'pesanan saya', tidak terdapat tombol untuk membatalkan pesanan. Hal ini membuat pengguna bingung sebenarnya bisa tidak sih membatalkan pesanan yang ada di aplikasi Akulaku. 

Apakah Bisa Membatalkan Pesanan Barang di Akulaku? 

Membatalkan pesanan ataupun barang saat berbelanja memang menjadi hal yang wajar. Terlebih lagi jika barang tidak sesuai ataupun seller kurang responsif. 

Maka membatalkan pesanan menjadi hal yang wajib kamu lakukan. Namun ketika kita belanja di Akulaku, apakah bisa membatalkan pesanan tersebut? 

Berdasarkan pengalaman admin pameranlawan.com, kita bisa membatalkan pesanan di Akulaku. Walaupun kamu sudah bayar ataupun belum bayar pesanan tersebut, maka tetap bisa dikembalikan atau refund. 

Lantas berapa lama proses refund Akulaku? Secara umum proses pembatalan Akulaku membutuhkan waktu 1x24 jam. Setelah pembatalan disetujui, maka kamu bisa mendapatkan uang kembali tanpa ada potongan sedikitpun. 

Namun kamu juga perlu ingat, saat membatalkan pesanan tidak boleh sembarangan. Kamu harus memenuhi persyaratan dan ketentuannya terlebih dahulu. 

Syarat dan Ketentuan Mengajukan Refund Akulaku

cara membatalkan pesanan di Akulaku
Refund barang di aplikasi Akulaku

Seperti yang telah admin pameranlawan.com sampaikan, saat mengembalikan barang harus memenuhi persyaratan tertentu. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib kamu taati, diantaranya sebagai berikut. 

1. Barang Habis

Syarat yang pertama yakni kamu bisa membatalkan pesanan apabila barang yang kamu pesan telah habis. Dalam hal ini, kamu perlu menghubungi seller terlebih dahulu. Tujuannya untuk berdiskusi terkait pesanan kamu. Sehingga nantinya tidak ada pihak yang dirugikan. 

2. Seller Tidak Merespon 

Namanya jualan online di marketplace, ada saja masalah yang kerap terjadi. Salah satu masalah yang muncul yakni seller tidak merespon pesanan ataupun chat kita. Nah jika hal ini terjadi, kamu bisa membatalkan pesanan secara sepihak. 

3. Terjadi Kesalahan Saat Check Out Barang

Ketika kamu berbelanja, bisa saja melakukan kesalahan saat check out. Misalnya seperti salah ukuran, salah warna, maupun salah barang. Jika hal ini yang terjadi, maka sah-sah saja kamu membatalkan pesanan di aplikasi Akulaku.

4. Seller Tak Kunjung Mengirim Pesanan

Dalam membeli barang secara online, pembeli wajib bayar terlebih dahulu, lalu seller wajib mengirimkan barang kepada pembeli. Apabila seller tak kunjung mengirimkan barang, kamu bisa membatalkan pesanan di Akulaku. Silahkan beri alasan yang jelas saat melakukan pembatalan pesanan.  

5. Barang yang Datang Tidak Sesuai

Pernahkah kamu mendapatkan barang yang tak sesuai dengan deskripsi saat belanja online? Kalau kamu pernah, sebaiknya jangan diterima ya. Kamu bisa refund atau balikin barang tersebut. Tapi pastikan beri bukti video unboxing agar pengajuan kamu lebih kuat. 

Cara Membatalkan Pesanan di Akulaku

Apabila kamu telah memenuhi beberapa persyaratan dan ketentuan di atas, maka kamu bisa langsung membatalkan pesanan barang di aplikasi Akulaku. 

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk refund atau batalkan pesanan. Kedua cara ini bisa kamu lakukan di dalam aplikasi. Untuk lebih jelasnya, simak terus artikel ini hingga selesai. 

1. Cara Refund Akulaku Barang Tidak Dikirim

cara membatalkan pesanan di Akulaku
Membatalkan pesanan di Akulaku

Pada kasus ini, kamu bisa membatalkan pesanan jika seller tak kunjung mengirimkan barang. Biasanya hal ini terjadi karena stok barang habis, sehingga kamu perlu membatalkan pesanan tersebut. 

Kamu bisa chat dengan seller terlebih dahulu, kemudian mendiskusikannya. Namun jika terlalu ribet, kamu bisa ikuti tutorial cara membatalkan pesanan Akulaku DP 0 berikut. 

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Akulaku. Jangan lupa untuk login pakai akun milikmu. 
  • Selanjutnya klik menu "Akun" lalu pilih "Pesanan Saya" kemudian klik "Siap Dikirim".
  • Pada bagian informasi pesanan, pilih pesanan yang ingin kamu batalkan. 
  • Klik menu Detail, nantinya kamu akan dibawa ke menu Pengembalian Dana. 
  • Karena barang belum dikirim seller, maka kamu bisa pilih Hanya Refund (tidak perlu retur).
  • Beri alasan yang logis terkait pengajuan pembatalan pesanan di Akulaku. 
  • Terakhir kamu bisa chat seller untuk meminta persetujuan pembatalan pesanan.
  • Dengan begitu, maka uang kamu kembali ke Saldo atau limit kredit.

2. Cara Refund Barang di Akulaku yang Sudah Diterima

Berbeda dengan cara yang pertama, pada cara yang kedua ini kasusnya apabila barang telah kamu terima. Jadi barang tersebut telah kamu terima dan tidak sesuai dengan deskripsi atau iklan produk. 

Sebelum mengajukan refund, kamu wajib melakukan video unboxing. Tujuannya agar proses pengajuan pembatalan bisa disetujui oleh pihak Akulaku. Adapun untuk cara refund barang di Akulaku sebagai berikut. 

  • Pastikan kamu telah memiliki bukti berupa foto dan video unboxing.
  • Kemudian buka aplikasi Akulaku, lalu masuk ke menu Personal.
  • Selanjutnya pilih menu Pusat Bantuan, klik menu Refund, lalu kamu pilih "Bagaimana Proses Refund?"
  • Pada halaman tersebut, kamu bisa memilih menu "Feedback". 
  • Silahkan lengkapi informasi yang dibutuhkan seperti:
  • Pilih Kategori Pertanyaan:
  • Nama Lengkap:
  • Alamat Email Aktif:
  • Nomor Pesanan:
  • Alasan Refund:
  • Upload Dokumen/Foto Bukti Pendukung (jpg/png):
  • Jika sudah terisi lengkap, kamu bisa klik Kirim untuk mengajukan refund.
  • Dengan begitu pengajuan refund berhasil. 

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, mengapa pesanan Akulaku tidak bisa dibatalkan? Masalah seperti ini terjadi karena kamu tidak memiliki bukti yang kuat seperti foto dan video. 

Inilah pentingnya untuk merekam video unboxing agar lebih aman. Selain itu, proses pengajuan pembatalan pesanan juga memerlukan persetujuan seller. Jadi jika seller tidak menyetujuinya, maka tidak bisa refund uang atau barang. 

Penutup 

Membatalkan pesanan saat berbelanja online memang menjadi hal yang lumrah. Terlebih lagi jika terjadi kendala saat melakukan pembelian barang. Tentu sebagai pembeli kita perlu membatalkan pesanannya. 

Cara membatalkan pesanan di Akulaku juga sangat mudah. Kamu bisa menerapkan dua cara yang telah admin pameranlawan bagikan di atas. Semoga informasi kali ini bisa menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...