Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang
Ilustrasi melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang

PAMERANLAWAN.COM - Pengguna Hp Android wajib tahu cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang. Karena dengan cara ini, Hp kamu jadi lebih awet dan hemat daya. 

Aplikasi Android yang kita install terkadang memang suka berjalan secara otomatis. Walaupun kita telah mengaturnya, tetapi ada saja aplikasi yang berjalan di background layar.

Jika hal ini dibiarkan, tentunya akan menimbulkan berbagai permasalahan. Bahkan parahnya lagi, baterai smartphone Android bisa saja jadi bocor atau cepat habis. 

Oleh sebab itu, kamu wajib mengetahui aplikasi yang berjalan di latar belakang dan cara menghentikannya. Sebelum itu, simak tentang dampak aplikasi yang berjalan di latar belakang berikut ini. 

Dampak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Bagi kamu yang belum tahu, aplikasi berjalan di latar belakang Android merupakan sebuah aplikasi yang secara otomatis berjalan tanpa dibuka pengguna. 

Jadi saat kamu membuka Hp Android, maka aplikasi tersebut akan berjalan sendiri. Hal ini tentu akan menimbulkan beberapa masalah yang serius. 

Beberapa masalah yang muncul akibat aplikasi berjalan sendiri di latar belakang yakni baterai cepat habis. Baterai hp kamu akan mudah habis karena aplikasi yang berjalan selalu mengkonsumsi daya. 

Selain itu, paket data milikmu juga akan cepat terkuras. Saat kamu menyalakan data seluler, maka aplikasi yang berjalan otomatis akan memakan data yang kamu miliki. 

Akibatnya secara tidak sadar, kuota internet milikmu jadi cepat habis. Hal ini bakal membuatmu lebih boros mengeluarkan uang yang semestinya tidak diperlukan.

Smartphone Android kamu juga akan jadi cepat panas. Karena aplikasi yang berjalan di latar belakang bakal terus berjalan walaupun hp dikunci. 

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Melihat aplikasi yang berjalan otomatis di latar belakang sebenarnya bukan perkara sulit. Kamu bisa melihatnya melalui 

Lantas bagaimana cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Xiaomi, dan lainnya? Mari Ikuti langkah-langkah yang telah admin pameranlawan.com rangkum berikut ini. 

cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang
Melihat aplikasi berjalan di latar belakang

1. Langkah pertama dari cara melihat aplikasi yang sedang berjalan di hp Xiaomi, Realme, dan Hp lainnya yakni dengan mengakses pengaturan. 

2. Setelah itu, kamu bisa pilih menu pengaturan baterai. 

3. Karena kita akan melihat aplikasi yang berjalan, maka silahkan pilih "pengelolaan baterai aplikasi"

4. Pada menu tersebut, kamu akan menemukan daftar aplikasi yang mengonsumsi baterai secara sembunyi-sembunyi. 

Sekedar informasi, setelah kamu melihat aplikasi yang berjalan, kamu bisa langsung mematikannya secara manual. Untuk tutorialnya telah admin pameranlawan.com rangkum di bawah. 

Cara Mematikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Setelah mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan otomatis di latar belakang, kamu perlu mematikannya dengan segera. Karena jika dibiarkan, maka baterai dan kuota internet akan terkuras habis. 

Kira-kira bagaimana cara mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang? Mari ikuti tutorial yang telah admin pameranlawan.com rangkum berikut. 

cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang
Mematikan aplikasi berjalan di latar belakang

  • Buka pengaturan yang ada di smartphone Android milikmu. 
  • Selanjutnya buka pengaturan Aplikasi
  • Pilih aplikasi yang menguras baterai dan sering berjalan di latar belakang. 
  • Pada bagian "kontrol konsumsi daya", kamu bisa nonaktifkan "izinkan aktivitas latar belakang". 
  • Dengan begitu, maka aplikasi tidak akan berjalan di latar belakang secara otomatis.

Sekedar informasi, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menonaktifkan aplikasi berjalan. Hanya saja, penyimpanan hp kamu akan terbebani karena harus menginstal aplikasi tambahan. 

Penutup 

Aplikasi yang berjalan secara otomatis di latar belakang memang sangat meresahkan. Bukan hanya baterai yang terkuras, tetapi juga kuota internet. 

Ketika kamu mendapati masalah seperti ini, sebaiknya gunakan cara melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang di atas. Dengan mengikuti tutorial di atas, kamu bisa tahu cara menyelesaikan permasalah tersebut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...