Akibat Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku Ternyata Begini

jika tidak membayar tagihan Akulaku
Akibat jika tidak membayar tagihan Akulaku

PAMERANLAWAN.COM - Apa jadinya jika tidak membayar tagihan Akulaku? Pertanyaan ini sering terlintas di timeline Facebook saya. Bukan tanpa alasan, pasalnya banyak sekali orang yang 'berniat' gagal bayar (galbay) tagihan pinjaman online. 

Padahal berdasarkan pengalaman telat bayar Akulaku, gagal bayar pinjaman bakal memperburuk kondisi. Misalnya saja kita jadi tidak tenang, mudah merasa cemas, overthinking setiap hari, dan lain sebagainya. 

Kondisi ini semakin parah apabila kita berusaha lari dari pinjaman online. Karena yang namanya pinjol pasti ada debt collector yang menagih. Jika berurusan dengan DC, maka bisa membuat kita jadi tambah stres. 

Oleh sebab itulah, sekecil apapun hutang dan cicilan kita sebaiknya bayar tepat waktu. Agar kita tidak mendapati masalah yang lebih rumit akibat telat membayar hutang. 

Akibat Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku

Akulaku memang menyediakan layanan pinjaman online yang sangat mudah. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai secara cepat dan praktis. 

Meski begitu, kamu wajib membayar pinjaman tersebut. Jangan sampai kamu bisa pinjam tapi tidak bisa mengembalikan. Karena ada beberapa resiko di bawah ini ketika kamu tidak membayar tagihan Akulaku. 

1. Terkena Denda dan Bunga 

jika tidak membayar tagihan Akulaku
Ilustrasi terkena denda dan bunga dari Akulaku

Apabila kamu tidak bayar tagihan dan mengalami telat bayar Akulaku 2 bulan, maka kamu bakalan terkena denda dan bunga yang besar. Denda dan bunga ini bisa semakin besar apabila kamu tidak segera melunasinya. Karenanya, jangan sampai telat bayar tagihan agar tidak terkena denda dan bunga. 

2. Teror Penagihan Lewat Telepon 

Berdasarkan pengalaman telat bayar Akulaku 90 hari yang pernah admin pameranlawan.com alami, kita akan mendapatkan teror penagihan lewat telepon. Kamu bakal ditelpon secara terus-menerus oleh DC sejak jatuh tempo cicilan. Misalnya jatuh tempo cicilan di tanggal 25 Mei, maka sejak 26 Mei kamu akan mendapatkan teror penagihan setiap hari. 

3. Penghentian Akses ke Layanan Akulaku

Jika kamu tidak membayar tagihan Akulaku dalam waktu yang telah ditentukan, maka Akulaku berhak menghentikan akses ke layanan mereka. Hal ini memungkinkan kamu untuk kesulitan memanfaatkan berbagai layanan yang tersedia di aplikasi Akulaku. Misalnya saja layanan seperti Dana cicil, PayLater, dan lainnya. 

4. Debt Collector Datang ke Rumah 

jika tidak membayar tagihan Akulaku
ilustrasi debt colector akan datang ke rumah

Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya-tanya apakah Debt Collector Akulaku datang ke rumah? Berdasarkan pengalaman pribadi, Debt Collector akan datang ke rumah ketika kita telah telat bayar selama 30 hari hingga 60 hari. Namun itu semua tergantung dari besaran cicilan dan lokasi kamu. 

5. Penarikan dari Rekening Bank atau Kartu Kredit

Selain pengertian layanan, Akulaku juga berhak untuk menarik dana tagihan langsung dari rekening bank atau kartu kredit kamu. Jadi misalnya saja kamu punya uang di tabungan atau rekening bank tetapi enggan bayar cicilan Akulaku, maka Akulaku bisa menarik tabungan kamu untuk melunasi cicilan tersebut. Hal ini tentu sangat merepotkan dan bisa menimbulkan masalah yang lebih besar. 

6. Masuk Daftar Hitam 

Setiap pinjaman online yang kita ajukan balalan masuk ke BI checking. Apabila kita punya tunggakan cicilan serta enggan bayar cicilan, maka kita akan masuk ke daftar hitam. Hal ini memungkinkan kamu jadi lebih sulit mengajukan kredit di kemudian hari.

7. Terjerat Hukum

Apabila kamu mencoba kabur dari Akulaku, maka bisa saja akan terkena jeratan hukum. Pihak Akulaku bakal melaporkanmu ke jalur hukum dan kamu bisa saja dipenjara. Sehingga kamu akan semakin merugi dari segi finansial dan emosional.

Cara Membayar Tagihan Akulaku yang Lewat Jatuh Tempo

Setiap hutang dan cicilan wajib kita bayar. Sekecil apapun hutang itu tetap wajib kita bayar selagi masih hidup. Karena jika tidak membayar hutang, bisa saja akan mendapatkan kerugian di masa yang akan datang. 

Jika telat bayar Akulaku apakah bisa pinjam lagi? Jawabannya sangat bisa! Kita bisa pinjam dan mengajukan pinjaman lagi setelah semua cicilan telah lunas. Karenanya kamu perlu mengikuti langkah-langkah bayar cicilan Akulaku berikut.

1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Akulaku. Jangan lupa untuk login dengan akun milikmu. 

2. Selanjutnya klik menu ‘Bills’ yang ada di bagian kanan bawah.

3. Kemudian kamu bisa klik menu ‘Lunasi sekarang’. Nantinya akan ada jumlah tagihan yang perlu kamu bayat. 

4. Jika tidak ada, kamu bisa masuk ke menu ‘Tagihanku’. Pada menu ini akan muncul jumlah tagihan yang harus kamu bayar.

5. Untuk melakukan pembayaran, silahkan pilih metode pembayaran sesuai keinginan.

6. Nantinya akan muncul kode pembayaran virtual account.

7. Salin saha kode virtual account tersebut, lalu bayar sesuai dengan tagihan.

8. Dengan begitu Akulaku akan menyimpan data pembayaran kamu.

9. Proses pembayaran tagihan Akulaku telah selesai. 

Mungkin banyak yang masih bingung, kenapa setelah bayar Akulaku tidak bisa pinjam lagi? Hal ini bisa saja terjadi karena sistem Akulaku masih memproses data cicilan. 

Kamu perlu menunggu beberapa hari pasca melunasi semua tagihan. Oleh karenanya pastikan untuk bersabar sejenak agar kamu bisa mengajukan pinjaman kembali. 

Penutup

Apabila kamu mengalami kesulitan dalam membayar tagihan Akulaku, sebaiknya segera hubungi pihak Akulaku. Tujuannya untuk berdiskusi dan mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Karena jika tidak membayar tagihan Akulaku maka resikonya sangat besar. Bahkan hidup kamu juga tidak tenang dan selalu dihantui oleh kemunculan Debt Collector setiap saat. Oleh sebab itu, segera lunasi semua tagihan agar hidup kamu jadi lebih tenang. 

Sumber:

Akulaku (https://www.akulaku.com/id/)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...