8 Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjaman Online yang Bisa Diterapkan

solusi tidak bisa bayar pinjaman online
Ilustrasi solusi tidak bisa bayar pinjaman online

PAMERANLAWAN.COM - Apabila kamu terjerat pinjol, kamu bisa menerapkan delapan solusi tidak bisa bayar pinjaman online. Solusi ini bisa menjadi penyelamat kamu saat bingung dengan jeratan pinjaman online.  

Kasus terjerat pinjaman online memang kerap terjadi. Masyarakat mengeluhkan tenor pinjaman yang terlalu singkat dengan bunga yang begitu menjerat. Sehingga hal ini membuat masyarakat merasa seperti sekarat. 

Oleh karenanya, membaca beberapa solusi dari pinjol mungkin bisa sedikit membantumu. Akan tetapi sebelum masuk ke pembahasan, kamu perlu mengetahui seperti apa itu pinjaman online. 

Apa Itu Pinjaman Online? 

Sudah tahu belum apa itu pinjaman online atau yang biasa disebut dengan pinjol? Pinjaman online adalah jenis pinjaman yang dapat diakses dengan mudah melalui internet. Dengan pinjaman ini kamu tidak perlu mengunjungi kantor bank atau lembaga keuangan tradisional lainnya. 

Pinjaman online dapat kita akses secara gampang dan prosesnya juga sangat cepat. Proses pengajuan pinjaman online biasanya dilakukan dengan mengisi formulir aplikasi secara online. Kemudian mengunggah dokumen yang diperlukan untuk melakukan pinjaman. 

Apabila pengajuan telah disetujui, maka uang akan langsung ditransfer ke rekening bank milikmu hanya dalam hitungan menit. Meski sangat mudah, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengajukan pinjaman online.

1. Bunga dan Biaya

solusi tidak bisa bayar pinjaman online
Ilustrasi pinjaman online

Pastikan kamu telah memahami besaran bunga dan biaya yang dikenakan pada pinjaman tersebut. Pastikan agar tidak ada biaya tambahan atau biaya tersembunyi yang mungkin tidak tertera secara terang-terangan.

2. Kredibilitas Pemberi Pinjaman

Sebelum melakukan pinjaman online, pastikan kamu meminjam di tempat yang terpercaya. Cek dulu, apakah pinjol tersebut terdaftar di OJK atau tidak. Jika tidak, maka bisa dipastikan penjamin tersebut tidak resmi dan berbahaya. 

3. Keamanan

Kamu juga harus memastikan bahwa informasi pribadi dan finansial aman dan dilindungi. Biasanya di bagian ketentuan layanan tertera informasi terkait keamanan pinjol. Baca terlebih dahulu sebelum kamu melakukan pinjaman online. Tujuannya agar data kamu lebih aman dan tidak terjadi penyebaran data. 

4. Kemampuan Membayar Kembali

Poin ini menjadi poin yang sangat utama, kamu wajib menyesuaikan dengan keuangan dan kemampuan membayar tagihan. Misalnya saja kamu bisa sesuaikan dengan pendapatan tiap bulan. Jangan sampai kamu pinjol tapi tidak punya pendapat sama sekali, karena bisa berbahaya.

Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjaman Online

Semua orang tentu enggan terjerat dalam hutang pinjol. Karena pinjaman online terlalu sadis dari segi bunga hingga penagihannya. Namun apabila kamu sudah terlanjur terjerat, kamu bisa mencoba mengikuti tips dari admin pameranlawan.com berikut.

1. Bergabung Dengan Komunitas Gagal Bayar Pinjol

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan yakni dengan bergabung dengan komunitas galbay pinjaman online. Tujuannya agar kamu tahu siapa saja yang pernah mengalami gagal bayar. 

Nantinya kamu bisa tanya-tanya tentang penagihan cicilan. Apakah akan didatangi Debt Collector atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa sharing-sharing tentang pengalaman telat bayar pinjaman online. Dengan begitu, kamu punya arah dan tujuan yang lebih jelas. 

2. Hubungi Pemberi Pinjaman 

Kalau kamu memiliki cicilan online, maka tidak ada cara kabur dari pinjaman online legal. Karena pinjol legal telah terdaftar di OJK dan bisa menyeret debitur yang tidak mau bayar ke penjara.  

Nah langkah yang bisa kamu lakukan yakni dengan menghubungi pemberi pinjaman. Biasanya pihak CS akan menelpon debitur dan menagih cicilan. Kamu bisa tuh menyampaikan keadaanmu yang sekarang ini. Kemudian mendiskusikannya dengan CD tersebut. 

3. Bayar Cicilan Seadanya Terlebih Dahulu 

Apabila kamu merasa stress karena ditagih secara terus-menerus oleh pihak DC pinjaman online, kamu bisa mencoba untuk bayar cicilan terlebih dahulu. Silahkan bayar dahulu cicilan di bulan ini agar DC tidak menghubungi kamu lagi. 

Cara ini cukup efektif untuk mengurangi stress akibat dihubungi terus oleh DC. Walaupun di akhir bulan, kamu akan tetap mendapatkan telepon penagihan lagi. Tetapi ya masih mending lah, dari pada stress sepanjang hari ya kan?

4. Ajukan Keringanan Pembayaran 

Solusi pembayaran pinjaman online yang bisa kamu lakukan yaitu mengajukan keringanan pembayaran. Biasanya call center pinjol akan menelpon kita saat telat bayar cicilan. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan keringanan. 

Kamu bisa jelaskan kondisi ekonomi dan keuangan keluarga. Kemudian sampaikan saja bahwa kamu ingin meminta pengajuan keringanan pembayaran. Misalnya saja kamu bisa meminta waktu tambahan bayar cicilan. Sehingga bisa memikirkan dan membuat strategi untuk melunasi hutang. 

5. Lakukan Restrukturisasi Pinjaman

solusi tidak bisa bayar pinjaman online
solusi tidak bisa bayar pinjaman online

Selanjutnya kamu bisa mencoba Restrukturisasi kredit apabila terjerat pinjol. Seperti yang kita tahu, OJK sendiri telah memberikan izin kepada pihak P2P untuk melakukan restrukturisasi kredit bagi para nasabah yang gagal bayar.

Restrukturisasi kredit ini memungkinkan kamu untuk ditinjau kembali dalam kemampuannya membayar tagihan cicilan. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan diskon maupun potongan pinjaman. 

Diskon ini bisa dalam bentuk potongan bunga ataupun perpanjangan tenor cicilan. Kamu hanya perlu mendiskusikannya dengan pihak pinjol secara baik-baik. Dengan begitu kamu memiliki waktu yang cukup agar bisa memikirkan jalan keluar untuk masalah tersebut. 

6. Jual Aset Berharga

Setelah kamu mendapatkan restrukturisasi kredit, kamu bisa mencoba memilah dan memilih aset yang kamu miliki. Carilah aset yang sekiranya dapat kamu jual, seperti emas, barang elektronik, motor, dan lainnya. 

Kamu bisa menjual melalui postingan Facebook, marketplace Shopee, Tokopedia, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memasarkannya di forum-forum diskusi. Dengan begitu kesempatan untuk mendapatkan pembeli jauh lebih besar.

7. Mencari Penghasilan Tambahan

Berdasarkan pengalaman tidak membayar pinjaman-online yang rendah admin pameranlawan.com alami, kita akan tetap ditagih setiap hari. Banyak sekali pesan WhatsApp, SMS, dan telepon yang masuk setiap jamnya. 

Hal ini tentu dapat membuat stress dan bisa menurunkan imun tubuh. Karena itulah, sebaiknya cari penghasilan tambahan. Kamu bisa menjual jasa dari skill yang kamu miliki. Misalnya saja kamu jago nulis, maka kamu bisa jual jasa penulisan artikel.

8. Lapor Polisi Jika Ada Intimidasi Atau Ancaman

Ketika kamu tidak bisa bayar pinjaman online OJK dan mendapatkan ancaman serta intimidasi, kamu bisa lapor ke polisi. Jangan lupa untuk membawa barang bukti terkait ancaman yang kamu alami. 

Misalnya saja kamu mendapatkan ancaman berupa penyebaran data, hingga ancaman secara fisik. Maka kamu bisa merekam bukti tersebut kemudian melaporkannya kepada pihak yang berwajib.  

Apakah Ada Cara Bebas dari Pinjol Tanpa Bayar?

Seperti yang kita tahu, setiap cicilan ataupun hutang wajib dibayar. Karena nantinya hutang tersebut akan ditagih di akhirat kelak. Sehingga perlu kehati-hatian dalam berhutang. 

Apakah gagal bayar pinjol bisa dipenjara? Hem jawabannya tergantung! Kalau kamu pinjol di tempat yang resmi, bisa saja akan dituntut dengan ancaman masuk penjara. 

Lantas bagaimana agar kita bisa bebas dari pinjol? Apakah harus tetap bayar cicilan pinjol tersebut? Atau ada cara agar bisa bebas tanpa harus bayar? Sayangnya hingga saat ini TIDAK ADA CARA AGAR BISA BEBAS DARI PINJAMAN ONLINE TANPA BAYAR. 

Namanya hutang tetaplah hutang, kita berkewajiban membayar hutang tersebut. Jadi sebaiknya lunasi saja hutang yang kamu miliki agar tidak menjadi beban pikiran dan mental di kemudian hari. 

Karena ada banyak sekali akibat yang kita rasakan jika tidak bayar pinjaman online. Untuk informasi selengkapnya bisa kamu simak melalui pemaparan berikut ini. 

Akibat Tidak Membayar Pinjaman Online

solusi tidak bisa bayar pinjaman online
Ilustrasi pinjaman online

Seperti yang telah admin pameranlawan.com sampaikan sebelumnya, kita berkewajiban membayar semua hutang pinjol. Jika tidak, maka akan ada resiko buruk yang kita alami. 

Walaupun kita tahu bahwa pinjaman online begitu praktis dan mudah. Tetapi kita juga tidak boleh terlena untuk bayar cicilannya. Berikut ada beberapa akibat yang akan kita alami apabila tidak membayar pinjaman online:

1. Bunga dan Denda Jadi Meningkat

Setiap penyedia pinjaman online menerapkan skema bunga bagi debitur yang telat bayar. Jika kamu telat atau tidak membayar tagihan pinjol, maka kamu harus menanggung resiko terkena bunga dan denda tambahan oleh pemberi pinjaman.

Bunga tambahan ini bakal membuatmu semakin stres, karena tagihan total jadi lebih besar. Sehingga kamu akan kesulitan untuk mengembalikan pinjaman sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

2. Merusak Catatan Kredit

Dampak yang selanjutnya yakni pemberi pinjaman akan melaporkan hal tersebut ke lembaga kredit. Hal ini bakal membuat riwayat kredit kamu jadi buruk. 

Sehingga saat kamu melakukan kredit di tempat lain akan mengalami kesulitan di kemudian hari. Sebaiknya segera lunasi semua tunggakan cicilan, kemudian kamu bisa cek BI checking atau riwayat kredit. Tujuannya untuk memastikan bahwa riwayat kredit kamu tidak buruk. 

3. Mendapat Teror dari DC

Akibat yang selanjutnya yakni pemberi pinjaman akan melakukan teror dengan cara menghubungimu setiap hari. Bahkan bisa saja kamu mendapatkan telepon dan WhatsApp berkali-kali dalam sehari. 

Hal ini bakal membuatmu stres dan pusing. Karena setiap jam mendapatkan telepon masuk dari DC. Pihak DC akan tetap menelponmu karena kamu belum membayar hutang tersebut. Jadi sebaiknya selesaikan pembayaran terlebih dahulu agar kamu tidak mendapatkan teror dari DC ya.

4. Penyelesaian Lewat Pengadilan

Sebelumnya pameranlawan.com telah menyampaikan bahwa ada kemungkinan kita diseret ke jalur hukum jika tidak bayar pinjaman. Hal ini memungkinkan kamu dibawa ke penjara jika tetap kekeh tidak mau bayar. 

Pengadilan dapat memutuskan untuk mengambil harta benda yang kamu miliki. Kemudian menyerahkannya ke pihak pemberi pinjaman guna melunasi hutangmu. Sangat mengerikan sekali bukan?

5. Pengalaman yang Stres

Masalah keuangan, terutama soal hutang bisa menjadi sumber stres yang besar. Jika kamu jadi stress, maka akan sulit untuk bangkit. Apalagi stress ini bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. 

Hal ini tentu dapat mengganggu keseimbangan kehidupanmu. Admin pameranlawan.com hanya ingin menyampaikan bahwa sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu sebelum melakukan pinjol. Karena resiko pinjol sangat besar ketimbang manfaatnya. 

Penutup 

Pinjaman online memang menjadi sumber tercepat mendapatkan uang. Akan tetapi resiko dari pinjol juga sangat besar. Kamu harus memperhitungkan resiko terlebih dahulu sebelum mengambil pinjol. 

Jika kamu sudah terlanjur terjerat pinjol, kamu bisa mengikuti solusi tidak bisa bayar pinjaman online di atas. Ikuti saja tips yang telah admin pameranlawan.com sampaikan agar kamu bisa terbebas dari hutang pinjol.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...