Kode yang Digunakan untuk Membuat Sebuah Halaman Web Disebut?

kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web disebut
Ilustrasi HTML

PAMERANLAWAN.COM - Dalam bahasa pemrograman, kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web disebut dengan HTML atau HyperText Markup Language. 

Secara umum, HTML merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag). Tag tersebut digunakan untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan dengan benar.

Fungsi HTML sendiri untuk mengelola serangkaian data dan informasi. Sehingga dokumen tersebut dapat diakses dan ditampilkan di Internet melalui layanan web.

Tercatat ada beberapa fungsi HTML, berikut kami telah merangkumnya di bawah ini.

  1. Membuat halaman web. Kita dapat memanfaatkan HTML untuk membuat sebuah halaman website seperti landing page dan lainnya. 
  2. Menampilkan informasi di browser. HTML yang telah disusun akan menampilkan halaman website saat kita mengaksesnya lewat browser.
  3. Membuat link menuju halaman web lain. Kita bisa mengarahkan link ke website lain dengan metode tertentu.  

Ada beberapa keunggulan dari HTML, misalnya digunakan secara luas dan memiliki komunitas yang besar. Kemudian HTML dijalankan secara langsung di web browser. 

Keunggulan lainnya yakni mudah untuk dipelajari, integrasi yang mudah dengan bahasa pemrograman lain seperti backend, seperti PHP dan Node.js.

Selain keunggulan, ada juga beberapa kekurangan HTML, seperti digunakan di web statis. Untuk membuat website lebih dinamis, memerlukan JavaScript atau bahasa backend, seperti PHP.

Fitur yang ada di HTML terkadang tidak bisa dijalankan secara cepat di beberapa browser. Kemudian beberapa browser juga sering tidak merespon tag HTML sehingga terjadi error. 

Sekarang sudah tahu kan, kode yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web disebut apa? Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...