Alasan Kenapa Kamera HP Buram dan Cara Mengatasinya

kenapa kamera hp buram
Ilustrasi kamera hp buram

PAMERANLAWAN.COM - Belakangan ini memang banyak pengguna yang bingung kenapa kamera hp buram. Masalah seperti ini memang sangat mengganggu, karena kita tidak bisa mengambil gambar. 

Saat kita mengambil gambar foto atau video, maka akan tampak buram. Nah jika kamu mengalami masalah seperti ini, tentunya harus segera mengatasi masalah tersebut. 

Cara Mengatasi kamera buram juga sangat mudah. Kamu bisa menerapkan metode seperti mengeringkan hp hingga memperbaiki bug pada smartphone. 

Namun sebelum kamu tahu proses mengatasinya, tentunya harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Mengingat masalah ini disebabkan oleh berbagai hal yang telah kami rangkum di bawah.

Alasan Kenapa Kamera HP Buram

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab kamera smartphone Android jadi buram. Misalnya saja karena ada bug, lensa mengembun, kaca kamera kotor, dan lainnya. 

Penyebab tersebut tentunya bisa kita atasi dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

kenapa kamera hp buram
Ilustrasi kenapa kamera hp buram

1. Terjadi Bug pada Kamera 

Kenapa kamera HP menjadi buram? Penyebab pertama yakni karena adanya bug pada sistem operasi. Umumnya bug ini terjadi karena pengguna baru melakukan update OS maupun update UI. 

Hal seperti ini sebenarnya sangat wajar, karena sistem yang masih baru memiliki masalah bug. Bahkan hp kelas Samsung, Oppo, Realme, hingga Xiaomi juga memiliki bug saat baru update OS dan UI.  

Solusi terbaiknya yakni bersabar sejenak hingga satu minggu. Umumnya bug tersebut bisa menghilang sendiri setelah satu Minggu atau lebih. 

2. Lensa Kamera Mengembun

Pernahkah kamu mendapati masalah lensa mengembun? Hal ini bisa terjadi ketika kamu menaruh hp di tempat yang lembab. Sehingga lensa kamera menjadi mengembun dan buram.

Cara Mengatasi kamera HP buram yang disebabkan oleh embun yakni dengan membersihkannya. Kamu bisa mengeringkan hp agar tidak lembab dan embun yang ada di lensa kamera bisa hilang. 

Selain itu, cobalah rendam hp dalam beras. Tujuannya agar air yang ada di hp bisa menghilang. Dengan demikian maka kamera kembali normal dan tidak buram lagi.

3. Kaca Kamera Baret & Kotor

kenapa kamera hp buram
Ilustrasi kamera hp

Selanjutnya kaca kamera hp yang kotor dan baret biasanya akan buram saat mengambil gambar. Umumnya kaca kamera yang baret disebabkan oleh peletakan hp yang sembarangan. 

Sehingga membuat kaca kamar tergores dan kotor. Masalah seperti ini sering dialami oleh pengguna. Oleh sebab itu sebaiknya atasi masalah tersebut dengan segera. 

Cara Mengatasi kamera belakang buram karena kaca baret dan kotor yakni dengan mengganti kaca tersebut. Kamu bisa meminta bantuan teknisi untuk ganti kaca kamera. Dengan begitu maka kamera kembali normal. 

4. Bagian Kamera Tergeser Ketika Jatuh

Penyebab berikutnya bisa saja karena kamera HP Buram setelah jatuh. Ketika hp kita jatuh, maka bagian konektor kamara ada yang longgar atau lepas. 

Hal inilah yang membuat kamera HP menjadi buram. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu harus membongkar hp. Kemudian merapikan dan mengencangkan tiap part kamera. 

Sebaiknya percayakan pada ahlinya saja. Karena jika sampai salah, maka bisa berdampak buruk. Hp bisa saja menajadi mati total atau bahkan semakin banyak rusaknya.

5. Pemasangan LCD Tidak Tepat

Terakhir, biasanya kamera HP buram setelah ganti LCD. Hal semacam ini sering kali terjadi karena teknisi kurang ahli. Teknisi yang membongkar hp kurang berpengalaman. 

Sehingga bagian kamera dan konektor ada yang tergeser. Ketika hal tersebut terjadi, maka kamera akan menjadi buram dan kamu tidak bisa menggunakan kamera tersebut. 

Solusi terbaiknya yakni dengan memperbaiki pemasangan LCD dan mengecek konektor. Silahkan cek secara berkala bagian kamera. Dengan begitu maka kamera bisa kembali normal.

Penutup

Setelah membaca artikel di atas, sekarang kamu sudah tahu kenapa kamera hp buram? Kamu juga tahu bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi yang kami sajikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...