9 Contoh IoT dalam Kehidupan Sehari Hari, Sudah Tahu?

Contoh IoT dalam kehidupan sehari hari
Internet of Things

PAMERANLAWAN.COM - Sebenarnya terdapat beberapa contoh IoT dalam kehidupan sehari hari yang sering kita gunakan. Hanya saja mungkin kita belum terlalu aware atau kenal dengan yang namanya IoT tersebut. 

Bagi yang belum tahu, Internet of things (IoT) merupakan sebuah konsep penerapan teknologi pada benda-benda dan terhubung melalui internet. Jadi pada benda tersebut memiliki sensor, koneksi internet, dan jaringan yang memungkinkan saling terhubung. 

Hal ini pula yang memungkinkan kita untuk mengendalikan maupun berkomunikasi dengan berbagai perangkat melalui perangkat lain. Selama semua perangkat terhubung dengan internet, maka kita bisa mengendalikan semuanya. 

Dengan adanya konsep seperti ini, maka nantinya bisa mempermudah aktivitas manusia. Kita bisa melakukan berbagai kegiatan tanpa mengalami kesulitan yang berarti.

Contoh IoT Dalam Kehidupan Sehari Hari

Seperti yang kita ketahui, tujuan utama dari IoT yakni menghubungkan semua perangkat melalui jaringan digital. Hal ini akan menciptakan kemudahan dan efisiensi dalam melakukan berbagai kegiatan. 

Umumnya setiap perangkat IoT akan dilengkapi dengan sensor. Kemudian ada juga perangkat keras yang berfungsi sebagai pengumpulan data. Sehingga setiap perangkat dapat terhubung dengan internet dan saling berkomunikasi satu sama lain. 

Teknologi seperti ini sebenarnya bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut kami telah merangkum beberapa IoT yang sudah sering kita pakai, antara lain:

1. Smartphone

Pertama ada perangkat smartphone yang menjadi salah satu contoh Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat smartphone dapat terhubung ke internet dan memiliki berbagai sensor. Misalnya saja seperti sensor GPS, accelerometer, dan sensor sidik jari. 

Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan online. Bahkan pengguna juga bisa mengontrol perangkat lain, dan memonitor data pribadi masing-masing.

2. Colokan Listrik Pintar

Teknologi saat ini semakin berkembang dan memunculkan perangkat colokan listrik pintar. Perangkat tersebut dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi dan dikendalikan melalui smartphone atau perangkat lian. 

Dengan adanya colokan listrik pintar, kamu dapat mengontrol aliran listrik ke perangkat elektronik yang terhubung. Jadi nantinya kita bisa mengontrol semua perangkat elektronik melalui colokan listrik pintar ini. 

3. Smart Door Lock

Teknologi keamanan rumah kini semakin berkembang hingga memunculkan perangkat smart lock (kunci pintu digital). Perangkat kunci pintar ini dapat terhubung ke internet dan dapat dikendalikan melalui smartphone. 

Kamu akan memperoleh berbagai fitur seperti notifikasi saat pintu terbuka atau tertutup. Kemudian perangkat ini juga bisa memberikan tingkat keamanan tambahan dan kenyamanan bagi penghuni rumah.

4. Kulkas Pintar

Berikutnya ada perangkat kulkas pintar dengan teknologi IoT yang dapat terhubung ke internet. Secara umum, kulkas seperti ini bisa kita manfaatkan untuk memantau inventaris makanan. Kemudian ketika persediaan makanan rendah maka akan ada alat ukurnya yang menunjukkan makanan tinggal sedikit. 

5. Jakarta One Card

Salah satu contoh penerapan IoT bisa kita lihat pada Jakarta One Card. Dimana kita perlu memakai kartu pintar untuk membayar transportasi umum dan layanan publik lainnya di Jakarta. Kartu ini terhubung dengan sistem IoT yang memfasilitasi transaksi pembayaran dan pengelolaan data pengguna secara cepat dan efisien.

6. Penyiram Otomatis

Kalau kita lihat perkembangan teknologi di bidang pertanian dan perkebunan, mungkin tidak akan asing dengan sistem penyiraman otomatis. Teknologi penyiram otomatis adalah perangkat IoT yang digunakan untuk menyiram tanaman secara otomatis berdasarkan jadwal atau kondisi tanah yang telah ditentukan. Perangkat ini dapat terhubung ke sensor kelembaban tanah dan cuaca untuk mengoptimalkan irigasi.

7. Surabaya Bus

Penerapan IoT juga bisa kita lihat secara langsung pada Surabaya Bus. Teknologi seperti ini memungkinkan untuk mengelola dan memantau armada bus secara efisien. Teknologi yang diadaptasi oleh Pemkot Surabaya ini dapat memberikan informasi real-time tentang lokasi bus, jadwal perjalanan, dan kondisi lalu lintas. Hal ini memungkinkan kita merasakan kenyamanan dan pengalaman berbeda ketika menggunakan transportasi umum. 

8. Mobil Tanpa Kemudi

Kalian mungkin sudah sering mendengar berita tentang mobil yang berjalan sendiri tanpa kemudian bukan? Nah mobil seperti ini menerapkan teknologi IoT yang sangat canggih sekali. Dalam penerapannya menggunakan teknologi seperti sensor, kamera, dan sistem navigasi yang terhubung ke internet. 

Sehingga mobil mengemudi secara otomatis tanpa kehilangan arah. Mobil ini juga dapat mengidentifikasi rute, menghindari rintangan (jalan berlubang), dan berkomunikasi dengan mobil lain di jalan untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi transportasi.

9. Sensor suhu Pintar

Terakhir ada sensor suhu pintar yang merupakan perangkat IoT untuk memantau suhu dalam lingkungan tertentu. Sensor ini dapat digunakan di dalam rumah, gudang, atau fasilitas lainnya untuk memastikan suhu tetap stabil dan sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan 

Itulah beberapa contoh IoT dalam kehidupan sehari hari yang mungkin sudah sering kita gunakan. Dari contoh yang telah kami sajikan di atas, kira-kira mana nih yang sudah kamu gunakan di rumah? Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa menambah wawasan dan manfaat untuk kita semua ya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...