Akulaku Dibekukan OJK Sampai Kapan? Begini Penjelasannya

Akulaku dibekukan OJK
Akulaku dibekukan OJK 

PAMERANLAWAN.COM - Berita tentang layanan aplikasi Akulaku dibekukan OJK memang sudah beredar sejak akhir tahun 2023. Hal ini membuat pengguna jadi bingung dengan layanan yang ada di dalam aplikasi tersebut. 

Namun sebelum kita membahas lebih dalam kapan layanan perusahaan ini beroperasi kembali, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Karena dengan tahu penyebabnya kita bisa memiliki informasi yang detail.

Alasan Kenapa Akulaku Dibekukan OJK

Layanan aplikasi Akulaku yang telah dibekukan tentu memiliki alasan tersendiri. Kami telah melakukan penelusuran terkait alasan tersebut, antara lain. 

PT Akulaku Finance Indonesia tidak melaksanakan tindakan pengawasan atas layanan BNPL (Buy Now Pay Later) sesuai arahan OJK. Jadi pihak Akulaku menjalankan sistem Paylater yang kurang sesuai dengan aturan OJK. 

Selain itu, ada juga alasan lain berupa tidak patuhnya Akulaku pada "mandatory actions" yang diberikan OJK terkait tata kelola dan manajemen risiko BNPL. 

Jadi perusahaan Akulaku ini hanya menyalurkan pembiayaan dengan skema channeling dan joint financing tanpa izin OJK. Praktek yang dilakukan Akulaku ini dianggap berisiko tinggi bagi konsumen. 

Karena nantinya bisa terjadi masalah seperti penagihan yang tidak etis dan suku bunga tinggi. Oleh karena itu OJK berusaha melindungi konsumen dari layanan keuangan yang mungkin membahayakan tersebut.

Sampai Kapan Akulaku Dibekukan OJK?

Sebelumnya kita telah mengetahui beberapa penyebab Akulaku diblokir OJK. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, saat ini pihak Akulaku telah menyusun dan menyampaikan rencana aksi kepada OJK untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Bahkan pihak OJK juga terus berupaya memantau dan mengevaluasi progress perbaikan Akulaku. Kami mendapatkan informasi terbaru mengenai Akulaku, kabarnya OJK memberikan waktu kepada Akulaku hingga bulan Juni 2024 untuk melakukan perbaikan. 

Hal ini berarti pembekuan Akulaku oleh OJK bisa berakhir hingga bulan Juni tahun 2024. Sebagai pengguna, kita perlu menanti keputusan OJK dan perjuangan Akulaku. Sehingga layanan di aplikasi Akulaku nantinya bisa kita gunakan lagi. 

Kalau Akulaku dibekukan OJK apakah bisa pinjam lagi? Terkait pinjaman, kami belum bisa memastikan secara langsung. Karena saat ini yang tengah dibekukan OJK adalah layanan Pay Later.  

Untuk memastikannya secara langsung, kamu bisa coba melakukan pengajuan pinjaman di Akulaku. Sehingga nantinya bisa mendapatkan data secara rinci terkait pinjaman tersebut di Akulaku. 

Kesimpulan 

Sekarang kamu sudah tahu Akulaku dibekukan OJK sampai kapan. Kamu juga tahu detail terkait penyebab perusahaan Akulaku diblokir oleh OJK. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...