Penyebab Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM BRI Tapi Saldo Berkurang

uang tidak keluar dari mesin ATM BRI tapi saldo berkurang
Ilustrasi transaksi di ATM BRI

PAMERANLAWAN.COM - Pernahkah kamu bingung saat uang tidak keluar dari mesin ATM BRI tapi saldo berkurang? Nah masalah seperti ini ternyata sering terjadi pada pengguna loh. 

Kebanyakan pengguna langsung panik saat mendapati masalah tersebut. Karena bingung apakah uang yang tidak keluar dari ATM bisa kembali atau tidak. 

Sebenarnya kamu tidak perlu panik sih, karena sistem pada ATM BRI sudah sangat baik. Asalkan kamu menyimpan bukti transaksi serta mencatat baik-baik tanggal dan jam transaksi.

Karena hal tersebut lah yang nantinya akan digunakan untuk membuat laporan kepada pihak bank. Sehingga uang kita bisa kembali tanpa ada pengurangan satu rupiah pun.

Penyebab Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM BRI Tapi Saldo Berkurang

Mesin ATM biasanya digunakan untuk melakukan transaksi. Baik itu transfer uang ataupun pengambilan uang. Kamu bisa melakukan transaksi di ATM dengan menggunakan kartu yang kamu miliki.

Kalau kamu pernah bertransaksi di ATM dan ternyata uang tidak keluar, jangan langsung panik! Kamu wajib simpan bukti transaksi tersebut dan coba kenali beberapa penyebabnya di bawah ini.

1. Mesin ATM Bermasalah

Penyebab saldo berkurang uang tidak keluar ATM BRI adalah karena mesin ATM sedang bermasalah. Namanya mesin terkadang ada saja permasalahan yang muncul. Entah itu error atau ada trouble dan tidak bisa digunakan. 

Kalau seperti ini, maka saat kamu melakukan transaksi tidak akan bisa. Bahkan uang tidak akan keluar dari mesin ATM walaupun di Hp ada notifikasi saldo terpotong. 

2. Gangguan Server 

Saldo berkurang uang tidak keluar ATM bersama bisa saja terjadi karena sedang gangguan server. Jadi sistem bank memiliki server sendiri untuk melakukan transaksi. 

Ketika sistem tersebut error, maka transaksi pengguna tidak bisa dilakukan. Sistem pada bank ini bisa bersifat terbatas. Artinya hanya bisa dilakukan di daerah tertentu saja.

3. Kartu ATM Rusak

Ternyata kalau kartu ATM kita rusak, bisa membuat transaksi bermasalah loh. Bahkan parahnya lagi, saat transaksi bisa saja uang tidak bisa keluar dari mesin ATM. 

Karena kartu ATM kita tidak bisa dibaca oleh mesin dan membuat mesin kesulitan mendeteksinya. Kalau seperti ini, kamu wajib segera mengganti kartu ATM ke kantor cabang Bank BRI. Agar nantinya bisa digunakan untuk transaksi kembali. 

4. Transaksi Tertunda

Berdasarkan pengalaman pribadi, uang yang tidak keluar bisa saja karena masalah tersebut terjadi karena transaksi tertunda. Umumnya transaksi yang tertunda ini terjadi sistem yang delay. 

Kalau seperti ini, kamu harus bersabar sejenak. Karena biasanya uang akan langsung masuk kembali ke rekening kamu setelah beberapa jam. Jadi, jangan panik ya, tetap tenang karena hal seperti ini sering terjadi.

5. Skimming atau Kloning Kartu

Dalam beberapa kasus, uang bisa saja tidak keluar dari mesin ATM karena kartu kamu telah menjadi korban skimming atau kloning. Kasus seperti ini memang jarang, tapi tetap ada kejadiannya.

Kalau bahasa gampangnya sih, kartu ATM kamu telah dibajak oleh orang lain. Sehingga data dan informasi di ATM kamu telah dikloning oleh pelaku. Sebaiknya berhati-hati saat bertransaksi di ATM ya, jangan sampai kamu menjadi korban dari kejahatan ATM.

6. Salah Memasukkan PIN dan Nominal 

Pernahkan kamu lalai memasukkan PIN dan nominal saat transaksi di ATM? Bisa jadi hal inilah yang membuat mesin ATM tidak mengeluarkan uang. Kamu wajib mengecek kembali nomor rekening dan PIN ATM saat bertransaksi. Jangan terburu-buru, agar tidak salah saat memasukkannya. 

Cara Mengatasi Uang di ATM Tidak Keluar Tapi Saldo Tetap Berkurang

uang tidak keluar dari mesin ATM BRI tapi saldo berkurang
Ilustrasi transaksi di ATM BRI

Saat kamu mengalami masalah dalam transaksi di ATM BRI, kamu tidak boleh panik. Karena kalau panik malah membuat urusan menjadi tidak baik. Berikut ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, antara lain.

1. Periksa Saldo Rekening Anda

Bagaimana jika saldo berkurang tapi uang tidak keluar? Nah cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa saldo rekening. Kamu bisa coba cek lagi lewat ATM atau aplikasi BRImo. 

Silahkan pastikan kembali apakah saldo benar-benar telah terpotong apa balik lagi. Karena biasanya hal seperti ini, saldo akan langsung balik lagi. Sebaiknya jangan panik ya, fokus dan tetap tenang agar bisa mendapatkan jalan yang terbaik. 

2. Simpan Bukti Transaksi

Masih bingung bagaimana cara mengatasi uang di ATM tidak keluar tapi saldo berkurang? Kamu harus menyimpan bukti transaksi terlebih dahulu. Biasanya saat selesai transaksi, akan ada bukti transaksi yang keluar dari mesin ATM.

Nah kamu perlu menyimpan bukti transaksi tersebut, tujuannya agar nanti bisa kamu gunakan sebagai bukti ketika melapor ke bank. Karena tanpa adanya bukti transaksi yang jelas, maka susah untuk melakukan laporan.

3. Lapor pada Pihak Bank BRI

Apa yang harus dilakukan jika uang tidak keluar dari ATM? Nah kamu bisa mencoba melaporkannya kepada pihak Bank BRI. Silahkan informasikan saja kepada petugas bank mengenai apa yang telah terjadi. 

Nah kamu bisa berikan informasi detail terkait tanggal, waktu, dan lokasi mesin ATM yang digunakan untuk bertransaksi. Kemudian berikan juga bukti transaksi yang kamu miliki. Nantinya pihak CS BRI akan membantu mengatasi permasalahan kamu. 

Penutup 

Sekarang kamu sudah tahu kan, apa saja penyebab uang tidak keluar dari mesin ATM BRI tapi saldo berkurang. Kamu juga tahu solusi yang paling tepat seperti apa. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...