Tujuan Dalam Pengembangan Komunikasi Dalam Jaringan

tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan adalah
Komunikasi dalam jaringan

PAMERANLAWAN.COM - Secara umum, tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan adalah untuk meningkatkan efektivitas manusia dalam berinteraksi dengan orang lain. 

Sebelumnya kamu tahu tidak, apa yang dimaksud dengan komunikasi dalam jaringan? Sesuai namanya, Komunikasi Daring merupakan sebuah komunikasi yang dilakukannya melalui jaringan internet. 

Artinya komunikasi ini dapat terjadi antara orang di berbagai negara dengan bantuan internet. Jenis komunikasi ini disebut juga dengan komunikasi di dunia maya atau cyberspace.

Namanya komunitas dalam jaringan, tentu memiliki tujuan tertentu dong. Sudah tahu belum apa saja tujuannya? Mari ikuti artikel ini hingga selesai ya.

Tujuan Dalam Pengembangan Komunikasi Dalam Jaringan

Tercatat ada beberapa tujuan dari komunikasi dalam jaringan. Berikut admin pameranlawan.com telah merangkum beberapa tujuan tersebut di bawah ini.

1. Mempermudah Interaksi Jarak Jauh

Salah satu tujuan utama dari komunitas dalam jaringan yakni untuk mempermudah interaksi jarak jauh. Orang di kota Jakarta bisa berkomunikasi secara langsung dengan orang di Papua. 

Hal ini tentu bisa mempermudah berbagai urusan, misalnya urusan bisnis maupun urusan keluarga. Karena kita bisa lebih dekat dengan adanya bantuan internet. 

2. Meningkatkan Efektivitas 

Apa saja manfaat komunikasi dalam jaringan? Salah satu manfaat yang dapat kita rasakan yakni meningkatkan efektivitas dalam mengelola arus komunikasi jaringan. 

Kita bisa lebih menghemat waktu, karena untuk berkomunikasi dengan orang di luar kota tidak perlu bertemu langsung maupun harus kirim surat. Kita bisa berkomunikasi secara real time dengan lebih mudah.  

3. Menghemat Biaya

Tujuan selanjutnya yakni untuk menghemat biaya. Saat melakukan komunikasi dalam jaringan, kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal. 

Karena saat ini kita bisa menggunakan jaringan internet untuk berkomunikasi. Paket internet pun sudah sangat murah meriah dan bisa kita gunakan selama sebulan penuh. 

4. Berbagai Informasi

Komunikasi dalam jaringan memungkinkan kita bisa berbagi informasi dengan berbagai bentuk file. Misalnya kita bisa berbagi informasi foto, video, teks, dokumen, hingga audio visual.

Selain itu, proses berbagai informasi juga jauh lebih cepat. Dalam hitungan detik, pesan yang kita kirimkan akan langsung diterima. Hal ini tentunya memungkinkan kita berbagi informasi apapun dalam jumlah banyak kepada orang lain. 

5. Sebagai Sarana Hiburan

Terakhir, adanya komunikasi dalam jaringan juga memiliki tujuan sebagai sarana hiburan. Sarana hiburan yang dimaksud yakni hiburan seperti live streaming, video pendek, dan lainnya. 

Komunikasi dalam jaringan memang dapat mendatangkan suatu keuntungan namun kita juga perlu berhati-hati. Karena tidak sedikit pula tindak kejahatan terjadi di dunia maya.

Penutup 

Sekarang sudah tahu kan tujuan dalam pengembangan komunikasi dalam jaringan adalah apa? Kamu bisa membaca ulang informasi di atas biar makin paham.*

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...