Pada Dasarnya Prinsip Kerja Dalam Aplikasi Softswitch Diawali Dari?

pada dasarnya prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari
Ilustrasi aplikasi softswitch

PAMERANLAWAN.COM - Sudah tahu belum nih, pada dasarnya prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari apa? Anak TKJ harusnya tahu jawabannya nih. 

Bagi kamu yang belum tahu, Softswitch merupakan sebuah alat yang dapat kita gunakan untuk menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket. 

Jadi Softswitch ini menjadi penengah antara jaringan sirkuit tadi dengan jaringan paket. 

Beberapa jaringan yang ada di dalamnya seperti internet yang berbasis Internet Protocol, jaringan seluler, smart TV atau kabel, jaringan Public Switch Telephone Network (PSTN) dan lainnya.

Softswitch digadang-gadang akan menjadi sistem telekomunikasi masa depan. Hal ini karena layanan tersebut mampu memenuhi kebutuhan para pelanggan. 

Softswitch lebih dikenal sebagai IP-PBX dan pada dasarnya prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari call agent. 

Jadi cara kerja dari aplikasi softswitch diawali dengan menerima panggilan suara atau data dari pengguna di jaringan. 

Setelah itu, softswitch bakalan melakukan pemrosesan panggilan tersebut. Tujuannya agar dapat mencari rute terbaik mengirimkan panggilan ke tujuan yang dimaksud.

Dalam menentukan rute panggilan yang tepat, softswitch menggunakan berbagai informasi. Misalnya seperti nomor telepon tujuan, lokasi pengguna, dan layanan lainnya.

Selanjutnya informasi tersebut akan dibandingkan dengan database internal softswitch untuk menentukan sumber dan tujuan panggilan. Kemudian mencari jalur terbaik untuk mengirimkan panggilan tersebut.

Apabila rute tersebut sudah ditemukan, maka softswitch akan membuat sambungan antara pengguna dan jaringan tujuan. Kemudian mengirim panggilan suara atau data ke tujuan. 

Selama panggilan berlangsung, softswitch ini akan tetap memantau kualitas jaringan. Tujuannya agar koneksi bisa stabil dan tidak ada gangguan.

Jika panggilan sudah selesai, maka softswitch akan memutuskan sambungan dan melakukan tugas administratif. Misalnya seperti menagih biaya panggilan hingga merekam data panggilan untuk keperluan pencatatan.

Sekarang sudah tahu pada dasarnya prinsip kerja dalam aplikasi softswitch diawali dari apa? Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...