Cara Jualan di Akulaku: Keuntungan, Syarat, dan Prosesnya

cara jualan di Akulaku
cara jualan di Akulaku

PAMERANLAWAN.COM - Kalau kamu berusaha mengembangkan bisnis, kamu bisa coba cara jualan di Akulaku. Dengan menjual barang melalui platform Akulaku, maka bisnis kamu bisa lebih berkembang. 

Akulaku sendiri merupakan sebuah platform digital yang menawarkan berbagai kemudahan dalam berbelanja. Pengguna dapat membeli barang hingga membeli berbagai kebutuhan sehari-hari. 

Selain itu, aplikasi Akulaku juga menawari pinjaman online. Pinjaman tersebut juga beragam, ada yang dari limit kredit, Dana Cicil, dan lain sebagainya.

Umumnya masyarakat Indonesia lebih mengenal Akulaku sebagai platform pinjaman online. Aplikasi Akulaku terdaftar OJK, jadi sudah pasti aman dan resmi. Kamu tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi ini.

Apakah Akulaku Menjadi Sebuah Marketplace?

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, aplikasi Akulaku adalah aplikasi pinjaman online. Meski begitu, di dalam aplikasi ini juga tersedia barang yang bisa kita beli. 

Hal ini menjadikan Akulaku sebagai platform e-commerce yang berfungsi sebagai marketplace. Akulaku memiliki fitur marketplace yang memungkinkan pengguna dapat menjual dan membeli berbagai produk secara online.

Penjual dan pembeli dapat bertemu lewat platform ini. Kamu bisa chat dengan penjual dan melakukan negosiasi. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi produk yang tersedia di toko milik penjual. 

Sebelum berjualan di Akulaku, tentunya kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Kamu wajib mendaftar jadi merchant di Akulaku dan melalui set up toko. 

Setelah itu, kamu bisa berjualan, melakukan promosi, dan menawarkan produk kepada pengguna. Ada banyak sekali keuntungan berjualan di aplikasi Akulaku loh. Penasaran apa saja keuntungannya?

Keuntungan Berjualan di Merchant Akulaku 

cara jualan di Akulaku
Jualan di Akulaku

Memilih platform untuk berjualan memang tidak boleh asal. Karena kita perlu menyesuaikan dengan produk dan target market. Kalau asal jualan di marketplace yang ada malahan bocos. 

Berikut ada beberapa keuntungan ketika kamu menjual barang di Akulaku. Adapun beberapa keuntungan tersebut telah admin pameranlawan.com rangkum di bawah ini.

1. Jangkauan Pengguna yang Luas

Aplikasi Akulaku telah digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan kamu untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih besar. Saat kamu berjualan di aplikasi Akulaku, maka potensi untuk mendapatkan penjualan juga jadi lebih besar. 

2. Akses yang Mudah

Salah satu alasan mengapa aplikasi Akulaku banyak digunakan yakni karena aksesnya yang lebih mudah. Pengguna dapat memakai aplikasi Akulaku dengan mendownload di Play Store atau App Store. Dengan kemudahan ini, masyarakat bisa berbelanja dengan gampang tanpa ribet. 

3. Biaya Admin Jualan di Akulaku Lebih Rendah 

Setiap marketplace biasanya punya biaya atau dana layanan tersendiri. Akulaku juga menerapkan kebijakan yang sama. Namun untungnya biaya admin di Akulaku sangat rendah ketimbang marketplace lain. Kamu bisa menghemat biaya dan bisa mengontrol pengeluaran bulanan. 

4. Brand Awareness Lebih Meningkat

Sistem jualan di Akulaku yang simpel akan membuat Brand Awareness kamu lebih meningkat. Orang-orang akan mengenal produk dan brand milikmu. Sehingga reputasi bisnis yang kamu jalani jauh lebih baik. 

5. Memiliki Fitur Promosi dan Iklan

Fitur promosi dan iklan memudahkan kita untuk menjangkau pasar lebih cepat. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini di aplikasi Akulaku. Beberapa fitur promosi yang bisa kamu coba seperti penawaran khusus, diskon, atau program loyalitas. Sehingga nantinya toko akan lebih menarik minat pembeli potensial.

6. Terdapat Layanan Pelanggan

Akulaku juga memiliki tim layanan pelanggan yang akan membantu permasalahan penjual dan pembeli. Ketika kamu hendak berjualan di Akulaku, kamu bisa mengakses layanan pelanggan ini. Silahkan chat dengan CS dan sampaikan masalah yang kamu alami. Pihak CS akan membantu permasalahan yang kamu hadapi.

7. Pembayaran yang Mudah

Bagi kamu yang hendak membuka toko di Akulaku, kamu akan diberikan kemudahan dalam proses pembayaran. Di platform ini terdapat berbagai jenis pembayaran, seperti transfer bank, pakai dompet digital, pakai cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini bisa memudahkan pengguna yang ingin belanja di toko kamu. 

8. Pengelolaan Pesanan yang Mudah

Kelebihan berjualan di Akulaku yang berikutnya adalah adanya fitur pengelolaan pesanan yang mudah. Fitur ini memungkinkan kita untuk mencatat pesanan, melacak pesanan, hingga mengelola inventaris, dan memantau performa penjualan. Bagi penjual di Akulaku tersedia dashboard khusus untuk mengelola penjualan kamu. 

9. Berpotensi Ikut Kolaborasi

Terakhir, saat kamu gabung menjadi merchant Akulaku, kamu memiliki potensi untuk berkolaborasi dengan brand. Akulaku punya program untuk penjual agar dapat kolaborasi dengan brand atau toko lainnya di platform tersebut. Hal ini akan membuka peluang kamu mengembangkan bisnis dan memperluas jangkauan bisnis.

Persyaratan Jualan di Akulaku 

cara jualan di Akulaku
Syarat jadi merchant Akulaku

Sebelum kamu mendaftar menjadi merchant Akulaku, tentunya harus menyesuaikan dengan persyaratan yang ada. Karena persyaratan ini digunakan untuk menilai apakah toko kamu layak atau tidak. 

Jika toko kamu tidak layak, maka tidak akan bisa mendaftar jualan di Akulaku. Berikut admin pameranlawan.com telah merangkum beberapa persyaratan yang wajib kamu penuhi. 

  • Wajib melengkapi nama toko bisnis kamu yang ada di akun Akulaku Seller.
  • Wajib mencantumkan nama kamu sebagai pemilik toko.
  • Memiliki Kartu Identitas Penduduk (KTP) yang valid dan masih berlaku.
  • Mengunggah foto KTP beserta Nomor KTP (saat pendaftaran).
  • Memiliki NPWP yang aktif untuk pelaporan pajak.
  • Memiliki alamat email dan nomor yang masih aktif dan dapat dihubungi.
  • Memiliki rekening bank yang aktif.
  • Melengkapi informasi seperti kategori produk yang akan kamu jual.

Sebenarnya untuk syarat membuka toko di Akulaku biasa bagi perorangan adalah KTP dan NPWP saja. Kalau untuk official store wajib punya sertifikat merek yang resmi dan berbadan hukum yang sah. 

Jadi bagi yang tidak punya NPWP, kamu tidak bisa jualan di Akulaku tanpa NPWP. Tapi tenang, kamu bisa langsung buat NPWP secara online kok. Prosesnya juga sangat mudah dan lebih cepat. 

Sebaiknya urus terlebih dahulu dokumen NPWP sebelum kamu daftar di Akulaku. Karena dokumen ini sangat penting untuk pembayaran pajak dan pencatatan pajak yang kamu miliki. 

Cara Buka Toko di Akulaku dengan Mudah

Jika kamu telah memenuhi persyaratan di atas, selanjutnya kamu harus tahu cara membuka toko. Setelah membuka toko maka kamu bisa langsung jualan di aplikasi Akulaku. 

Untuk mendaftar merchant sangat mudah dan gratis. Kamu bisa memanfaatkan Hp Android. Kira-kira bagaimana sih cara mendaftarkan toko di aplikasi Akulaku? Mari simak tutorial dari admin pameranlawan.com berikut ini. 

cara jualan di Akulaku
Mendaftar di Akulaku merchant

  • Langkah pertama silahkan buka Merchant Akulaku Login melalui link berikut https://ec-vendor.akulaku.com/ec-vendor menggunakan browser di Hp atau laptop kamu. 
  • Setelah itu kamu bisa pilih menu "daftar sekarang" yang ada di bagian bawah. 

cara jualan di Akulaku
Mengisi data-data secara lengkap

  • Kemudian isi semua data yang diperlukan seperti identitas pribadi seperti nomor Hp, email, alamat, data diri, dan lainnya.  

cara jualan di Akulaku
Proses verifikasi pendaftaran merchant Akulaku

  • Apabila semua data telah terisi dengan benar, silahkan klik kirim.
  • Tunggu proses verifikasi data, biasanya akan memakan waktu sekitar 1x24 jam. 

Sekedar informasi, jika pendaftaran merchant telah disetujui, maka akan ada notifikasi lewat email. Kamu hanya perlu melakukan set up toko dan bisa langsung jualan. Untuk proses jualan bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut.   

Cara Jualan di Akulaku

Berjualan di platform Akulaku ternyata sangat mudah sekali loh. Kamu hanya perlu mendaftarkan toko menjadi merchant Akulaku dan langsung melakukan penjualan.  

Lantas bagaimana cara berjualan di Akulaku? Kamu bisa menyimak langkah-langkah menjual produk di Akulaku yang telah pameranlawan.com rangkum berikut. 

1. Mendaftar Sebagai Merchant Akulaku

Langkah pertama kamu wajib daftar Merchant Akulaku offline maupun online. Untuk proses pendaftarannya silahkan ikuti tutorial yang telah admin pameranlawan.com rangkum di atas. Ikuti saja tutorial tersebut kemudian bisa lanjut ke tahap berikutnya. 

2. Menyiapkan Produk

Setelah mendaftar di Akulaku, kamu wajib memiliki stok produk yang ingin dijual. Jangan lupa untuk riset harga dan kompetitor agar lebih sesuai dengan konsumen. Pastikan untuk tidak memberikan harga yang rendah ataupun kemahalan. 

3. Mengunggah Produk

Apabila produk telah siap, kamu bisa memotret dan membuat video produk. Kemudian mengunggahnya di Akulaku, buatlah foto yang jernih dan menarik serta bisa menjawab kebutuhan dari pengguna. Customer tentunya akan lebih tertarik dengan tampilan foto yang bagus. 

4. Mengatur Harga dan Promosi

Cara jualan di Akulaku tanpa NPWP yang selanjutnya yakni mencantumkan harga dan promo. Kamu bisa gunakan teknik coret agar orang bisa tertarik. Kemudian deskripsi produk beri tulisan promosi dan diskon. Cara ini akan meningkatkan visibilitas produk milikmu.

5. Mengelola Pesanan

Apabila produk kamu telah diunggah, selanjutnya kamu bisa mengelola pesanan. Kamu harus mempersiapkan proses pembayaran, mengatur pengiriman, hingga packing dari barang tersebut. Hal ini sangat penting agar proses pesanan pelanggan bisa lebih lancar. 

6. Menjaga dan Meningkatkan Performa Layanan 

Terakhir cara berjualan di Akulaku yang harus kamu lakukan yakni menjaga kualitas layanan dan meningkatkan performa layanan. Pelayanan yang bagus akan membuat pelanggan lebih senang dan mau order kembali. Hal tersebut juga akan membantu membangun reputasi baik sebagai merchant di Akulaku.

Penutup 

Akulaku merupakan salah satu aplikasi penyedia layanan pinjaman online sekaligus platform marketplace. Kamu bisa menjual atau membeli berbagai macam produk melalui platform yang satu ini. 

Proses daftar dan cara jualan di Akulaku juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa persyaratan di atas lalu mencoba jualan pakai smartphone yang kamu miliki.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...