Berapa Lama DC Akulaku Datang ke Rumah? Begini Prosesnya!

berapa lama DC Akulaku datang ke rumah
Ilustrasi telat berapa lama DC Akulaku datang ke rumah

PAMERANLAWAN.COM - Mungkin banyak di antara kamu yang bingung berapa lama DC Akulaku datang ke rumah? Ketika kita telat bayar cicilan, Debt Collector biasanya langsung menagih ke rumah.

Umumnya daerah yang bakal didatangi sebenarnya tergantung. Secara umum di tiap daerah sudah ada kantor DC Akulaku. Hal ini memungkinkan DC untuk datang ke rumah nasabah secara langsung. 

Secara umum, ada dua proses tahapan penagihan. Pertama Desk Collection, yakni sebuah proses penagihan yang dilakukan melalui SMS, WhatsApp, Email, telepon, dan lainnya.

Kedua adalah Field Collection, yakni merupakan proses penagihan yang dilakukan dengan mendatangi rumah, wilayah, atau kantor si peminjam. Pada tahap ini, DC bakalan mendatangi alamat rumah kamu. 

Berapa Lama DC Akulaku Datang ke Rumah?

Setelah menyimak penjelasan di atas, proses penagihan cicilan terbagi menjadi beberapa tahapan. Mulai dari proses penagihan lewat telepon, SMS, WhatsApp, Email, hingga datang langsung ke rumah. 

Berdasarkan pengamalan yang admin pameranlawan.com alami, DC akan datang ke rumah setelah kita telat bayar cicilan selama 30 hari. 

Jadi saat kamu telat bayar selama 30 hari, maka DC bakalan langsung mendatangi rumahmu. Namun sebelum itu, ada beberapa tahapan pihak Akulaku menagih cicilan nasabah. Berikut ini beberapa tahapan sebelum DC mendatangi rumah kita.

1. Mengingatkan Pembayaran Tagihan

berapa lama DC Akulaku datang ke rumah
Ilustrasi pengingat untuk bayar tagihan Akulaku

Berdasarkan pengalaman telat bayar Akulaku yang pernah admin pameranlawan.com alami, biasanya pihak Akulaku akan menghubungi kita lewat sms, WhatsApp, atau email untuk segera membayar tagihannya. Kamu juga akan mendapatkan pesan berisi cara melunasi tagihan tersebut.

2. Warning Letter

Jika kita belum membayar tagihan, maka tahap selanjutnya akan ada Warning Letter. Peringatan ini akan dikirim lewat SMS atau WhatsApp bahwa tagihan kamu telah jatuh tempo. Tahapan ini adalah tindak lanjut dari tahapan sebelumnya.  

3. Penagihan Via Telepon

Apabila kita masih belum membayar tagihan di Akulaku, maka akan ada penagihan melalui telepon. Tim Akulaku akan menelepon kamu untuk mengingatkan bahwa kamu memiliki tagihan yang harus dibayar. 

4. Penagihan ke Keluarga

Selanjutnya berdasarkan pengalaman didatangi DC Akulaku, pihak Akulaku akan menagih ke keluarga kamu. Biasanya yang akan dihubungi adalah nomor keluarga, kerabat, dan lainnya yang tercantum di nomor Darurat. Mereka akan bilang kalau kamu memiliki tagihan yang harus dilunasi.

5. Debt Collector Datangi Rumah

Kapan debt collector Akulaku datang ke rumah? Nah pihak debt collector akan datang ke rumah jika kamu tidak merespon dan membayar tagihan. Setelah semua proses penagihan kamu abaikan, maka debt collector bakal langsung datang ke rumah. 

Cara Menghadapi DC Akulaku

Seperti yang telah admin sampaikan sebelumnya, debt collector Akulaku akan datang ke rumah kamu jika tak kunjung bayar cicilan. Oleh karenanya kamu wajib membayar tagihan sesuai dengan jadwal. 

Namun bagaimana jika DC datang ke rumah kita? Apa yang perlu kita lakukan? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika DC datang ke rumah. 

1. Jangan Panik

berapa lama DC Akulaku datang ke rumah
Ilustrasi Dc Akulaku menagih cicilan nasabah

Apabila DC Akulaku datang ke rumah kamu, pastikan agar kamu tidak panik. Kamu harus bersikap biasa saja agar tidak mendapatkan intimidasi. Sambut DC dengan baik (jika mereka sopan), lalu ngobrol-ngobrol terlebih dahulu. 

2. Minta Surat Tugas DC 

Setelah kamu ngobrol sedikit, silahkan tanyakan surat tugas. Pastikan bahwa yang datang merupakan DC dari Akulaku. Karena ada juga oknum yang terkadang mengaku-ngaku Debt Collector, padahal aslinya bukan. 

3. Sampaikan Bahwa Kamu Akan Bayar

Ketika kamu sanggup bayar cicilan secara langsung, maka silahkan bayar secara langsung melalui Aplikasi Akulaku. Tetapi jika belum sanggup bayar, maka silahkan sampaikan bahwa kamu akan melunasinya dengan cara dicicil. 

4. Tandatangani Surat Perjanjian Untuk Melunasi Cicilan 

Terakhir, biasanya dari DC akan memberikan surat bahwa kamu akan membayar dengan cara cicil. Kemudian kamu diperintahkan untuk tanda tangan bermaterai dengan konsekuensi tertentu apabila tidak mau bayar.

Penutup

Masyarakat yang meminjam uang di Akulaku terkadang memiliki hambatan saat melunasinya. Sehingga saat ditagih justru tidak bisa bayar. Hal ini yang membuat DC akan langsung datang ke rumah. 

Menyoal berapa lama DC Akulaku datang ke rumah sudah admin pameranlawan.com sampaikan di atas. Kamu bisa tahu tahapan penagihan beserta cara menghadapinya. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...