Ini Loh Cara Mengecek DNS Server yang Sudah Dibuat

bagaimana cara mengecek dns server yang sudah dibuat
Ilustrasi DNS server

PAMERANLAWAN.COM - Ketika kita telah membuat sebuah DNS baru, maka kita perlu mengeceknya. Karena dengan mengecek DNS tersebut, kita bisa yakin bahwa apa yang kita lakukan telah berhasil dan sesuai dengan aturan. 

Pertanyaannya, bagaimana cara mengecek DNS server yang sudah dibuat? Nah untuk mengeceknya nanti kita bisa menggunakan bantuan tools. Kamu bisa pakai tools nslookup maupun pakai Whois lookup. 

Namun sebelum itu, kamu perlu tahu dulu nih apa itu DNS Server. Nah bagi yang belum tahu, Server DNS kependekan dari Domain Name Server yang merupakan sebuah sistem untuk menyimpan semua informasi data domain dalam jaringan. 

Jadi nantinya domain atau hostname yang kita cari akan ditranslate dan diterjemahkan dalam alamat IP sehingga dapat diakses di internet. Gampangnya sih DNS Server ini berguna untuk menerjemahkan nama domain yang kita ketik menjadi alamat IP. 

Contohnya, kamu mencari domain “pameranlawan.com” di penelusuran Google. Maka nanti komputer atau Hp kita akan menghubungi server DNS untuk mencari tahu alamat IP Google. 

Kemudian setelah server DNS memberikan alamat IP, barulah komputer kita bisa terhubung ke website pameranlawan.com. kurang lebih cara kerjanya seperti itu, simpel tapi rumit. Sekarang mari ikuti cara mengecek DNS server dengan beberapa tools. 

1. Cara Mengecek DNS Server Menggunakan Layanan WHOIS Lookup

bagaimana cara mengecek dns server yang sudah dibuat
Whois

Bagi yang belum tahu, Whois adalah sebuah layanan protokol internet yang dapat kita manfaatkan untuk mencari informasi tentang suatu domain. Dengan layanan ini, kita bisa tahu detail dari domain tersebut. Untuk mengeceknya pun sangat mudah sekali, silahkan ikuti langkah-langkah berikut. 

  • Pertama, buka situs WHOIS lookup, catat baik-baik alamatnya ini: https://www.whois.com/whois/.
  • Setelah itu masukkan nama domain yang kamu cari di kotak pencarian.
  • Nantinya akan muncul detail informasi dari domain tersebut. Scroll ke bawah dan fokus pada bagian "Nameservers". 
  • Di bagian tersebut, kamu akan mendapati Alamat IP yang tertera di sana yang merupakan alamat DNS server untuk domain tersebut.

2. Mengecek DNS Server Pakai NSlookup

bagaimana cara mengecek dns server yang sudah dibuat
NSlookup

Selanjutnya yakni kita bisa gunakan NSlookup (name server lookup) untuk mengecek DNS server. Tools ini merupakan sebuah baris perintah (command line) sederhana yang bisa kita manfaatkan secara gratis.

Oh iya, NSlookup ini ada beberapa versi yah, ada yang versi langsung di desktop ada juga versi website. Kalau versi website, kamu bisa menggunakannya dengan cara sebagai berikut.

  • Silahkan buka halaman https://www.nslookup.io
  • Selanjutnya langsung isi saja domain yang ingin kamu cek DNS server nya, lalu klik cari. 
  • Nantinya akan muncul informasi DNS, alamat IP, dan lainnya tentang domain tersebut. 
  • Selesai.

Kesimpulan 

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara mengecek DNS server yang sudah dibuat? Kamu bisa gunakan tools gratisan yang tentunya sangat mudah untuk dipraktekkan. Semoga informasi yang kami sajikan ini bisa memberikan manfaat dan Wawa untuk kita semua.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...