Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan di Hp Android

cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan
Ilustrasi cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan

PAMERANLAWAN.COM - Ada beberapa cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan di Hp Android yang sangat mudah loh. Kamu bisa menerapkan tutorial ini hanya menggunakan smartphone saja. 

Aplikasi yang kita nonaktifkan tidak akan bisa digunakan. Jadi kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya di smartphone Android. 

Mungkin banyak yang masih bingung, kenapa aplikasi dinonaktifkan di smartphone Android? Ada beberapa alasan mengapa aplikasi tidak aktif di Hp. 

Misalnya saja tanpa sadar aplikasi tidak sengaja kita hapus. Kemudian bisa saja aplikasi tersebut diblokir oleh Play Protect Google. Sehingga aplikasi secara paksa tidak bisa aktif di Hp.

Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan

Sebenarnya mengaktifkan aplikasi yang sebelumnya telah kita nonaktifkan bisa melalui pengaturan. Yap, kamu cuma perlu masuk ke pengaturan smartphone saja. 

Lantas bagaimana cara mengaktifkan aplikasi yang telah kita nonaktifkan di smartphone? Mari ikuti tutorial yang telah admin pameranlawan.com berikut ini. 

1. Buka Pengaturan

cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan
Langkah pertama

Langkah pertama, kamu bisa masuk ke pengaturan smartphone. Pilih saja menu pengaturan atau setelan yang ada di Hp kamu. Nantinya bakal muncul berbagai menu yang bisa kamu pilih. 

2. Pilih Pengaturan Aplikasi

cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan
Langkah kedua

Cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan di Xiaomi dan Hp lainnya yakni dengan memilih pengaturan aplikasi. Jadi setelah kamu memasuki pengaturan, kamu bisa memilih menu pengaturan aplikasi ataupun manajemen Aplikasi. 

3. Klik Daftar Aplikasi

cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan
Langkah ketiga

Tahap berikutnya, kamu bisa memilih menu daftar aplikasi. Tujuannya agar semua aplikasi (baik aplikasi sistem ataupun aplikasi umum). Hal ini memungkinkan kamu untuk memilih aplikasi yang akan diaktifkan. 

4. Pilih Aplikasi yang Ingin Diaktifkan 

cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan
Langkah keempat

Cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan di Samsung dan Hp lainnya yakni dengan memilih aplikasi yang hendak kamu aktifkan. Silahkan pilih saja aplikasi yang akan kamu aktifkan ulang. Misalnya aplikasi browser ataupun aplikasi internet. 

5. Klik Buka atau Aktifkan 

cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan
Langkah kelima

Nantinya kamu bakal mendapatkan informasi dari aplikasi tersebut. Untuk mengaktifkannya, silahkan klik buka atau aktifkan. Dengan begitu aplikasi yang telah nonaktif bisa kamu buka dan aktifkan kembali. 

Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan di Play Store

Pada cara di atas telah kita simak cara mengaktifkan aplikasi di pengaturan Hp Android. Selanjutnya kamu perlu tahu cara mengaktifkan aplikasi di Play Store.  

Cara ini sangat mudah sekali, karena kamu hanya perlu mengakses aplikasi Play Store. Kemudian masuk ke menu pengaturan aplikasi dan perangkat. Nantinya di menu tersebut ada menu pengelolaan aplikasi. 

Kamu bakalan menemukan aplikasi yang telah kamu hapus sebelumnya dan dinonaktifkan. Nah kamu bisa memilih aplikasi yang hendak diaktifkan lagi. 

Setelah itu, klik instal ulang. Dengan begitu maka aplikasi yang sebelum telah terhapus bisa kamu aktifkan ulang di Play Store. 

Tutorial lengkap tentang cara mengaktifkan kembali aplikasi yang telah kita nonaktifkan bisa kamu baca melalui artikel berikut: Cara Melihat Aplikasi yang Sudah Dihapus di Play Store

Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan Oleh Play Protect

Pada aplikasi Google Play Store terdapat fitur yang bernama Play Protect. Sebenarnya apa sih Play Protect itu dan bagaimana fungsinya? 

Google Play Protect merupakan sebuah fitur keamanan yang ada di smartphone Android. Dengan fitur ini, maka semua aplikasi yang akan kamu instal bakal dicek terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. 

cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan
Ilustrasi Play Protect

Fitur ini juga dapat memindai perangkat secara berkala. Apabila Play Protect menemukan aplikasi yang mencurigakan, maka kamu akan mendapatkan notifikasi khusus.

Nah jika aplikasi di Hp kamu terblokir oleh Play Protect, maka kamu bisa menonaktifkan fitur ini. Dengan menonaktifkan Play Protect, maka semua aplikasi bisa kamu install dengan mudah. 

Hanya saja resikonya yakni perangkat jadi tidak aman. Bagi kamu yang ingin menonaktifkan fitur Google Play Protect, kamu bisa langsung masuk ke Play Store.

Setelah itu pilih akun Google lalu pilih menu Play Protect. Pada bagian tersebut, kamu bisa klik ikon pengaturan yang ada di pojok kanan atas. 

Terakhir, kamu hanya perlu menonaktifkan fitur tersebut dengan menggeser toggle ke kiri. Dengan begitu aplikasi yang dinonaktifkan oleh Play Protect bisa kamu instal kembali. 

Penutup

Itulah tahapan-tahapan cara mengaktifkan aplikasi yang dinonaktifkan yang telah admin pameranlawan.com sampaikan. Semoga informasi kali ini bisa memberikan wawasan dan ilmu yang bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...