Apakah Saldo DANA Bisa Hangus? Begini Jawabannya

apakah saldo DANA bisa hangus
Saldo DANA

PAMERANLAWAN.COM - Kalian mungkin penasaran, apakah saldo DANA bisa hangus atau tidak. Pertanyaan ini memang sering terlintas di benak pengguna. Karena banyak yang khawatir jika saldo tersebut hilang tanpa jejak. 

Walaupun saldo yang hilang mungkin nilainya hanya beberapa ribu rupiah, tapi jumlah tersebut terasa sangat berharga sekali. Oleh karena itulah, penting sekali bagi kamu untuk menjaga saldo DANA agar tetap utuh. 

Dengan jumlah saldo yang utuh, kita bisa membeli berbagai produk dan kebutuhan. Misalnya kita bisa membeli barang belanjaan di minimarket dan melakukan top up dan pembelian token secara elektronik. 

Apakah Saldo DANA Bisa Hangus?

Saldo DANA merupakan sebuah saldo yang digunakan untuk bertransaksi. Untuk memperoleh saldo, kita perlu mengisi dengan cara melakukan top up terlebih dahulu. 

Setelah melakukan top up, maka kamu akan memiliki saldo DANA yang tersimpan dengan aman. Lantas apakah saldo DANA yang kita miliki ini bisa hangus?

Jika kita baca syarat dan ketentuan aplikasi DANA, saldo yang kita miliki tidak akan hangus. Saldo DANA akan tetap tersimpan di akun pengguna selama akun tersebut masih aktif.

Akun DANA dianggap aktif apabila kamu melakukan transaksi minimal sekali dalam 12 bulan terakhir. Transaksi tersebut seperti melakukan top up, transfer saldo, melakukan pembayaran, dan lain sebagainya.

Bagaimana jika selama 12 bulan terakhir kita tidak melakukan transaksi? Jika kamu tidak melakukan transaksi, maka akun akan dinonaktifkan. 

Tenang saja, saldo tersebut bisa kamu gunakan kembali ketika kamu membuka atau mengakses akun DANA lagi. Jadi tidak ada masa berlaku Saldo DANA, karena saldo tersebut bisa kita gunakan sampai kapanpun. 

Untuk mengaktifkan akun DANA juga mudah, kamu hanya perlu download aplikasi DANA versi terbaru. Kemudian login dengan akun yang kamu miliki, maka akun tersebut bisa kamu akses lagi dan bisa kamu gunakan saldonya. 

Lalu apakah saldo DANA bisa dicairkan? Jawabannya sangat bisa!! Kamu bisa mencairkan saldo dana ke rekening pribadi atau menjadi cash melalui Alfamart. 

Jadi bagi kamu yang bingung hendak mencairkan saldo DANA, kamu bisa menggunakan berbagai metode yang tersedia. Silahkan gunakan saja metode yang paling kamu butuhkan dan inginkan.

Mengapa Saldo DANA Hilang Secara Tiba-tiba?

Pernahkan kamu mengalami kehilangan saldo DANA secara tiba-tiba? Masalah seperti ini kerap terjadi pada pengguna, penyebabnya pun sangat beragam sekali. 

Penyebab pertama adalah karena kamu mengaktifkan pembayaran tagihan atau berlangganan otomatis. Jadi ketika kamu memiliki tagihan yang dibayar otomatis pakai DANA, maka saldo tersebut dapat berkurang setiap saat. 

Penyebab yang selanjutnya adalah karena masalah teknis di aplikasi DANA. Masalah seperti ini memang pernah terjadi, namun biasanya saldo juga akan kembali lagi. Kalau masalah ini yang terjadi, sebaiknya kamu konsultasi dengan CS DANA agar masalah tersebut dapat teratasi.

Untuk meminimalisir adanya saldo DANA yang hilang, kamu perlu melakukan beberapa hal. Misalnya saja dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun DANA.

Kemudian kamu juga perlu mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor (2FA) untuk akun DANA. Kamu wajib ingat untuk tidak menghubungkan akun DANA dengan aplikasi atau layanan lain yang tidak dikenali.

Selalu cek juga bagian riwayat transaksi secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada transaksi yang tidak dikenal. Dengan demikian maka saldo DANA kamu bisa tetap aman terkendali.

Kesimpulan 

Sekarang kamu sudah tahu jawaban dari apakah saldo DANA bisa hangus? Kamu juga tahu tentang masa aktif dari saldo tersebut beserta penyebab saldo yang hilang. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Nggak Usah Dibaca Gengs...